x

Ilustrasi mencuci rambut. Boldsky.com

Iklan

Arif Gunawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

9 Aturan Benar Mencuci Rambut Agar Tidak Rontok

Ada beberapa orang yang masih salah dalam mencuci rambut bisa juga menyebabkan kerontokan pada rambut.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu cara untuk menjaga agar rambut tetap bersih dan indah adalah dengan mencuci rambut secara teratur. Namun cara yang salah dalam mencuci rambut bisa juga menyebabkan kerontokan pada rambut. Nah, berikut ini merupakan beberapa aturan tentang cara mencuci rambut yang benar untuk menghindari kerontokan.

1. Sebelum menerapkan sampo pada rambut, basahi dulu seluruh rambut. Pastikan seluruh rambut benar-benar telah basah. Ini bertujuan agar rambut tidak langsung menyerap bahan kimia yang ada pada sampo.

2. Untuk membersihkan rambut, gunakan sampo secukupnya saja. Karena penggunaan sampo terlalu banyak hanya akan membuat rambut menjadi kering setelah keramas.

3. Oleskan sampo pada rambut sambil memijat rambut dengan jari. Hal ini tidak hanya berfungsi menghilangkan kotoran dan minyak di kulit kepala tapi juga dapat melancarkan peredaran darah di kulit kepala yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.

4. Bilaslah rambut sampai bersih hingga benar-benar tidak ada lagi sampo yang menempel. Pastikan tidak ada lagi kandungan bahan kimia yang menempel pada rambut.

5. Jika Anda merasa rambut Anda masih kotor, maka keramaslah lagi dengan porsi sampo yang lebih sedikit.

6. Setelah selesai keramas, terapkan kondisioner pada ujung rambut lalu diamkan selama 3 sampai 5 menit. Lalu bilas kembali rambut hingga bersih.

7. Jangan memelintir rambut untuk mengeringkannya karena itu akan membuat rambut cepat rusak.

8. Untuk mengeringkan rambut, sebisa mungkin hindarilah penggunaan hairdryer. Keringkan rambut dengan cara alami. Gunakanlah handuk dengan cara menekan-nekannya pada rambut. Jangan menggosoknya karena itu akan membuat rambut cepat rusak.

9. Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah karena rambut yang basah sangatlah rapuh.

Itulah beberapa aturan benar dalam mencuci rambut untuk menghindari kerontokan. Tanpa rambut rontok, Anda bisa bebas memilih gaya rambut apapun. Selamat mencoba.

 

Ikuti tulisan menarik Arif Gunawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu