x

Iklan

Rian Darmawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Habitat Ideal Kupu-kupu dalam Siklus Kehidupan

Kupu kupu selain icon keindahan yang hakiki, juga banyak pengaruhnya bagi kehidupan manusia lho,.. yuk simak

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kupu kupu merupakan bagian terpenting dari siklus kehidupan flora dan fauna. Fauna yang masih serumpun dengan ngenngat ini memiliki spesies sebanyak 17500 di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri jenis kupu kupu memiliki 2000 spesies dari jumlah spesies yang ada di dunia.

Meskipun satu rumpun dengan ngengat, kupu kupu lebih menarik perhatian mata karena sifatnya yang aktif di sianghari dan tentu sja warna nya yang cantik.

Kupu kupu memiliki peran sebagai agen pollinator dalam proses perbungaan yang secara ekologi member peran dalam keseimbangan ekosistem dan keaneka ragaman hayati.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Keadaan kupu kupu saat ini hampir terancam musnah, itu di  akibat karena habitat asli mereka sudah banyak di berondongoleh manusia.

Habitat asli kupu kupu seperti huta, perbukitan, pohon pohon rimbun, air terjun dan taman bunga alami sudah banyak berkurang saat ini.

Alih fungsi hutan dan penebangan hutan besar besaran membuat kupu kupu harus mengalah dan bermigrasi secara terus menerus. Habitat ideal bagi kupu kupu adalah taman bunga dan hutan premier dengan ketinggian 0-2000 mdpl.

Kupu kupu akan keluar dari persembunyiannya di balik pepohonan dan mengunjungi bunga bunga sekitar pukul 08.00-10.00 ketika cuaca sedang cerah.

Seperti manusia juga, menjelang siang kupu kupu beraktifitas di bawah pohon rindang dan mencari makanan nya kembali pada pukul 15.00-17.00.

Saatini penangkaran kupu kupu sudahbanyak di gerakkan oleh pemerintah pemerintah daerah ang bertujuan untuk edukasi masyarakat dan juga membantu kelestarian habitat spesies yang memiliki sayap cantik ini.

Setiap ada pepohonan yang bercorak indah dan warna warni bunga maka kita akan melihat kupu kupu hinggap di atasnya. Warna yang indah pada sayap kupu kupu ternyata berguna untuk menarik pasangan agar saling mengenal sebelum melakukan perkawinan.

Kupu kupu betina hanya memerlukan waktu 2-3 jam setelah menetas dari kepompong untuk bisa melakukan kawin, sedangkan pejantannya harus menunggu waktu 2-3 hari setelah menetas untuk dapat melakuakn perkawinan.

Selain keindahan warna nya, ternyata kupukupujuga memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Kupu kupu Indonesia bisa mencapai  U$0,5 – U$ 400 per ekornya.

Dengan adanya informasi di atas semoga kita bisa terus bekerja sama dalam pelestarian setiap flora dan fauna yang ada di sekitarkita. Sejatinya manusia dan flora fauna adalah saling membutuhkan. 

bunga papan lampung

Ikuti tulisan menarik Rian Darmawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan