x

Iklan

santri masda nababan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Orang yang Berbudaya Sudah Pasti Berpendidikan

Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pendidikan adalah hal yang sangat perlu dan penting untuk lebih diperhatikan oleh pemerintah. Begitu banyak masalah yang sangat sering terjadi di dunia pendidikan saat ini. Mengenai permasalahan pendidikan di Indonesia sangatlah menarik untuk dibahas.

Masalah yang sering terjadi di dunia pendidikan dan termasuk masalah yang kurang mendapat perhatian pemerintah terutama di Indonesia adalah minimnya pengetahuan siswa siswi tentang pentingnya pengetahuan kebudayaan Indonesia untuk diperkenalkan dan dipelajari dibangku sekolah. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang semestinya kita perkenalkan sejak awal kepada anak bangsa kita untuk di pelajari. Memang disekolah, kita akan belajar mengenai seni rupa dan budaya. Hanya saja pelajaran mengenai budaya Indonesia sangatlah sedikit.

Namun saat ini, banyak anak muda yang kurang tertarik mempelajari kebudayaan Indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa sistem pendidikan di Indonesia saat ini menuntut para siswa untuk lebih berani, mandiri, terampil dan kreatif di sekolah. Untuk itu, di harapkan para siswa lebih mampu untuk mengekspresikan diri mereka ke hal yang lebih positif. Namun saat ini, banyak sekali kasus-kasus yang sangat mencoreng dunia pendidikan Indonesia.

Selain itu, eksta kurikuler di sekolah yang di harapkan mampu untuk memperkenalkan budaya indonesia seperti ektra kurikuler menari pada faktanya kurang diminati oleh para siswa zaman sekarang. Anak muda sekarang lebih tertarik mempelajari dan bahkan lebih mengetahui budaya asing di bandingkan budaya negara mereka sendiri.

Dari masalah tersebut, apa yang menyebabkan anak muda sekarang kurang berminat mempelajari budaya indonesia yang bahkan orang asing pun sangat tertarik untuk mempelajari budaya kita? Dan apa yang menyebabkan minimnya pengetahuan anak muda sekarang tentang pengetahuan mereka mengenai kebudayaan Indonesia?

Yang menyebabkan anak muda zaman sekarang kurang tertarik mempelajari budaya Indonesia dikarenakan minimnya pembelajaran mengenai budaya indonesia di sekolah. Kurangnya dorongan dan dukungan untuk mempelajari budaya indonesia dari pihak sekolah maupun pemerintah. Sehingga pola pikir anak muda sekarang, ketika mempelajari budaya indonesia bukanlah hal yang keren untuk dilakukan. Bahkan terkesan kolot. Dan juga mirisnya, kurangnya apresiasi dari masyarakat kita tentang anak muda yang berusaha untuk melestarikan budaya Indonesia. Bahkan anak muda yang berusaha memperkenalkan betapa kaya nya budaya indonesia lebih di apresiasi di negara asing dibanding di negara sendiri. Itulah hal yang mendorong anak muda sekarang malas untuk mempelajari budaya indonesia yang sangat beragam.

Maka dari itu, pengetahuan anak muda zaman sekarang tentang kebudayaan indonesia sangatlah minim. Dan itu sangat perlu untuk mendapatkan perhatian dalam dunia pendidikan.

Akibat minimnya pengetahuan tentang kebudayaan indonesia di zaman sekarang, mengakibatkan banyaknya pengakuan dari negara asing dengan mengklaim budaya indonesia adalah budaya mereka. Apakah dengan hal pengklaiman yang dilakukan oleh negara asing tersebut terhadap kebudayaan kita tak kunjung membuka kesadaran kita betapa pentingnya melestarikan dan mempelajari budaya kita sendiri? Jika kita pikirkan dengan baik, ini adalah hal yang sangat miris dimana negara lain lebih paham dan lebih bangga memperkenalkan budaya kebudayaan kita dibandingkan kita sendiri? Masihkah kita harus menutup mata kita tentang masalah ini? Ini adalah hal yang perlu diperhatikan dalam dunia pendidikan demi memajukan kebudayaan kita.

Solusi yang perlu di lakukan untuk mengatasi krisis budaya dikalangan anak muda adalah dengan memperkenalkan tentang kebudayaan Indonesia yang begitu beragam di dunia pendidikan sejak dini. Sehingga para siswa paham betapa pentingnya mempelajari dan melestarikan budaya Indonesia. Membuat ekstra kurikuler yang menarik dan tidak monoton untuk memperkenalkan budaya Indonesia sehingga para siswa tertarik untuk mengikuti. Menanamkan dalam diri anak bangsa bahwa pentingnya pengetahuan mengenai keberagaman budaya indonesia.

Sehingga diharapakan, anak bangsa memiliki pengetahuan tentang kebudayaan Indonesia dan diharapkan lebih berani lagi untuk memperkenalkan budaya kita dikancah internasional demi kemajuan pendidikan dan kemajuan kebudayaan Indonesia.

Dan diharapkan pemerintah dan masyarakat indonesia mendukung serta lebih mengapresiasi anak muda yang berusaha untuk mempelajari dan memperkenalkan budaya indonesia di kancah nasional maupun internasional.

Sebab, orang yang berbudaya sudah pasti adalah orang yang berpendidikan.

Ikuti tulisan menarik santri masda nababan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

21 jam lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

21 jam lalu