x

Kondisi jenazah Maulana Suryadi, 23 tahun, yang terus mengeluarkan darah di bagian hidung dan telinganya, saat dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Menteng Pulo, Jakarta Selatan, pada Jumat, 27 September 2019. Dok: Keluarga

Iklan

Anas Muhaimin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 September 2019

Kamis, 3 Oktober 2019 16:16 WIB

Tragedi Maulana, Pendemo DPR yang Meninggal, Kenapa Tak Diusut

Kisah Maulana Suryadi, 23 tahun, yang meninggal dalam demonstrasi di DPR RI, Rabu 25 September 2019 lalu sungguh menyedihkan. Di tengah riuh rendah demonstrasi dan polemik soal Rancangan KUHP dan Revisi UU KPK, kematiannya luput dari perhatian publik.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kisah Maulana Suryadi, 23 tahun, yang meninggal dalam  demonstrasi di DPR RI, Rabu 25 September 2019 lalu sungguh menyedihkan.  Di tengah riuh rendah demonstrasi dan polemik soal Rancangan KUHP dan Revisi UU KPK, kematiannya luput dari perhatian publik.

Lelaki yang sehari-hari menjadi juru parkir ini sempat pamit ke ibunya untuk ikut demo. Kebetulan pada hari itu meletup demo yang dilakukan oleh anak-anak STM. Sehari kemudian,  ia dikabarkan telah tewas. Jenazah Maulana mengeluarkan darah di bagian hidung dan telinga.

Ibu Maulana,  Maspupah, tak percaya  kalau anaknya meninggal karena asma akibat menghirup gas air mata. Kakak tiri Maulan, Bayu, juga mengatakan hal serupa. Saat memandikan jenazah adiknya, ia melihat bekas luka yang sudah membiru di sekujur tubuh bagian atas Maulana

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Ada lebam cukup parah di bagian leher kanan dan kiri, serta di punggungnya. Kepala bagian belakang Maulana  juga terasa lembek. Lukanya seperti dihantam benda tumpul,” kata Bayu .

Penjelasan Kapolri
Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan satu orang tewas dalam demonstrasi pelajar yang berujung kerusuhan di sekitar Gedung DPR pada pada Rabu lalu, 25 September 2019.Tito Karnavian memastikan yang tewas adalah salah satu perusuh.

"Informasinya sementara ini yang bersangkutan meninggal dunia. Bukan pelajar dan mahasiswa, tapi kelompok perusuh itu," kata Tito dalam konferensi pers di Kantor Kemenkopolhukam, hari ini, Kamis, 26 September 2019.

Kapolri Tito Karnavian menjelaskan bahwa bentrokan terjadi antara TNI-Polri dan kelompok perusuh di daerah Slipi. Saat itu perusuh membakar pos polisi dan kendaraan serta melempari aparat dengan batu. Saat itulah satu orang pingsan di lokasi kejadian. Dia dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati namun nyawanya tak terselamatkan.

Tito  membantah bahwa korban tewas akibat tindakan represif petugas Kepolisian. "Tak ada satupun luka tembak atau penganiayaan.   Saya juga sudah sampaikan untuk tidak gunakan senjata tajam sehingga (korban tewas) itu diduga kekurangan oksigen atau gangguan fisiknya."

Komnas HAM
Komisi Nasional Hak Asasi Manusiaa perlu turun tangan untuk mengungkap tragedi Maulana. Apalagi, lembaga ini sudah mendapatkan laporan mengenai  penanganan demo yang dilakukan kepolisian.

Tim Advokasi untuk Demokrasi sudah  mengadukan pendekatan represif  kepada Komnas HAM pada 2 Oktober lalu.  Anggota Tim Advokasi yang juga Direktur LBH Jakarta, Arif Maulana  menegaskan, tindakan aparat saat aksi itu tidak hanya represif, tapi juga juga brutal. Hal itu, kata Arif, dilihat dari banyaknya korban luka-luka, pingsan, dan sesak nafas. Tembakan gas air mata  tidak hanya demonstran, tapi juga jurnalis dan tenaga medis.  ***

Baca juga:
Salah Ketik Revisi UU KPK, Sikap Bungkam, Jokowi Bisa Hancurkan Diri Sendiri?

 

Ikuti tulisan menarik Anas Muhaimin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler