Ini 6 Cara Ampuh Menghemat Penggunaan Listrik - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Pln

Ahmad Mujtahidin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 November 2019

Selasa, 19 November 2019 14:38 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Ini 6 Cara Ampuh Menghemat Penggunaan Listrik

    Dibaca : 245 kali

    Bagaimana Cara Menghemat Listrik yang Baik dan Benar? Ini Jawabannya

    Listrik di zaman sekarang ini sudah menjadi bagian dari kebutuhan pokok manusia. Kebutuhan manusia akan listrik menjadi perbincangan besar di dunia, terutama di Indonesia.

    Nah, untuk mengatasi caruk marutnya perbincangan tentang listrik, ada baiknya jika anda selalu cek tagihan listrik, supaya bisa tahu tentang seberapa banyak kita menggunakan energi listrik. Sehingga nantinya bisa kita kalkulasikan penggunaan apa yang membuat tagihan listrik semakin membengkak.

    Selain itu, Anda juga harus baca artikel tentang cara menghemat listrik, supaya anda lebih bisa membiasakan hidup hemat berawal dari menghemat listrik. Berikut uraiannya:

    Ini 6 Cara Ampuh untuk menghemat listrik

    1. Matikan lampu di siang hari

    Bagi Anda yang biasanya menyalakan lampu di siang hari, sekarang Anda harus belajar membiasakan diri mematikannya. Anda bisa menyalakan lampu di ruangan tertentu di rumah yang minim cahaya.

    Namun Anda hanya bisa menyalakan lampu untuk hal-hal penting. Jangan menyalakan lampu jika dianggap tidak perlu menyala.

    1. Cabut peralatan elektronik yang tidak digunakan

    Nah, ini biasanya dilakukan sering ketika mengisi daya ponsel atau menyalakan TV ketika TV telah dimatikan tetapi lupa untuk tidak mencabut kabel TV yang masih terhubung ke sakelar. Ini karena listrik yang mengalir di kabel akan terbuang sia-sia karena tidak digunakan.

    Meski listrik yang masuk tidak besar, tetapi jika kita cabut itu bisa menghemat listrik hingga beberapa persen.

    1. Gunakan listrik sesuai kebutuhan

    Intinya adalah Anda harus mulai terbiasa menggunakan Listrik untuk hal-hal penting.

    Seperti saat memasak Anda harus menghaluskan bumbu dengan blender maka Anda bisa menghaluskannya menggunakan lesung.

    Jadi setidaknya Anda telah menghemat persentase penggunaan listrik di rumah Anda. Hal-hal yang menurut Anda sepele seperti ini sebenarnya bisa mengurangi tagihan listrik setiap bulan.

    1. Matikan semua peralatan elektronik saat Anda dan keluarga ingin tidur.

    Anda dapat mematikan peralatan elektronik seperti TV, AC, dan lampu saat tidur. Untuk lampu Anda bisa mematikan untuk beberapa kamar di rumah yang tidak perlu penerangan seperti ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan kamar mandi.

    1. Gunakan mesin cuci hanya sesuai kebutuhan

    Saat Anda mencuci pakaian, lebih baik tidak melebihi kapasitas mesin cuci karena akan menghasilkan beban listrik. Seperti mesin cuci yang kapasitasnya 5 kg sehingga tidak mendapatkan pakaian hingga 6 kg.

    Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah ketika Anda menggunakan mesin cuci, ada baiknya mematikan peralatan elektronik lainnya seperti TV dan pendingin udara sehingga tidak menambah beban listrik.

    1. Gunakan lampu Hemat Energi

    Saat ini ada banyak toko listrik yang menjual lampu LED yang diklaim dapat menghemat persentase penggunaan listrik. Jadi Anda tidak perlu repot lagi jika ingin membeli lampu jenis LED.

    Harga jual lampu LED sedikit lebih mahal dibandingkan dengan bola lampu biasa tetapi manfaat yang bisa Anda dapatkan jauh lebih mahal daripada jika Anda harus menggunakan lampu selain LED.

    Nah Itu dia 6 Tips cara menghemat listrik yang bisa Anda terapkan di rumah anda.

    Semoga bermanfaat.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.