x

Iklan

Haq Rifki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Januari 2020

Rabu, 5 Februari 2020 14:03 WIB

Ketahui 2 Jenis Kayu untuk Plafon Kayu

Artikel mengenai plafon kayu dan 2 jenis kayu yang biasa digunakan untuk bahan dasarnya,

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Plafon kayu untuk Rumah - Bahan material untuk mendekorasi rumah yang dibuat dengan menggunakan material kayu tentunya banyak sekali, salah satunya adalah plafon kayu. Sesuai dengan namanya plafon ini dibuat menggunakan material kayu alam seperti bengkirai ataupun keruing.

Kayu yang digunakan tentunya bukan sembarangan, dalam artian harus ada spesifikasinya tersendiri. Kayu untuk plafon kayu ini harus memiliki tingkat kekerasan yang tinggis sekaligus memiliki beban yang tidak terlalu berat. 

plafon kayu solid

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di Indonesia sekarang ini sudah banyak penjual plafon kayu yang bertebaran, anda bisa mencarinya di toko - toko lantai kayu di daerah sekitar anda. Penggunaan plafon kayu bisa dipasangkan untuk area langit - langit rumah ataupun penutup tembok dinding. Untuk perawatannya plafon kayu ini tidaklah terlalu rumit, selain itu apabila warna permukaan mulai terlihat kusam anda juga bisa mewarnai ulang guna menjadikannya kembali terlihat fresh seperti baru kembali.

Kayu Bengkirai dan Keruing untuk Plafon Kayu

Kayu bengkirai adalah salah satu jenis kayu yang banyak tumbuh di daerah hutan tropis. Di Indonesia kayu bengkirai ini banyak tumbuh di pulau Kalimantan. Kayu yang satu ini juga biasa disebut yellow balau karena warnanya yang memang cenderung kuning dengan campuran krem.

Kekuatan dari kayu bengkirai ini hampir setara dengan jenis kayu jati, durabilitasnya cukup tinggi. Karena hal tersebut maka bengkirai ini banyak digunakan untuk bahan dasar plafon kayu.

plafon kayu solid

Kayu keruing, adalah jenis kayu yang juga memiliki tingkat durabilitas yang tinggi oleh karena itu selain dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan plafon. Kayu keruing juga banyak dipakai sebagai bahan dasar untuk konstruksi rumah ataupun jembatan. Kayu keruing ini banyak tumbuh di benua Asia tenggara seperti India, Malaysia, Thailand hinggi Indonesia tentunya.

Nah Kedua jenis kayu tersebut memang lebih banyak digunakan sebagai bahan dasar plafon kayu karena memang durabilitas dan kekuatannya yang bisa diandalkan. 

Fungsi dari plafon kayu ini sebenarnya sama saja dengan plafon lain pada umumnya, yaitu untuk menutupi bagian langit-langit rumah dan melindungi ruangan dari kotoran seperti debu yang berasa dari atap. Anda juga bisa memasangkan plafon kayu di bagian dinding contohnya dipasangkan di ruang tamu, ruang kerja ataupun bisa juga di sauna. Dengan plafon kayu maka ruangan akan lebih terasa menyejukan karena bahan dasarnya adalah kayu dan juga lebih artistik. 

Alternatif selain Plafon Kayu Solid

Di pasaran sekarang ini selain plafon kayu solid juga tersedia jenis plafon lain yang bisa anda dapatkan dengan harga yang lebih murah, yaitu plafon kayu pvc. Dari namanya saja kita sudah bisa menyimpulkan bahwa plafon ini dibuat dengan bahan dasar kimia yang di olah sedemikian rupa. Plafon pvc ini tersedia dengan berbagai motif dan salah satunya adalah motif kayu.

Sekian saja artikel mengenai Plafon kayu yang bisa diberikan, semoga bermanfaat untuk anda sekalian.

Ikuti tulisan menarik Haq Rifki lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler