x

Iklan

Haq Rifki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Januari 2020

Rabu, 11 Maret 2020 16:11 WIB

Mengenal Lantai Kayu Sonokeling, Si Hitam Elegan

Jenis kayu sonokeling ini memiliki keunikan tersendiri, dengan warnanya yang eksotis lantai kayu sonokeling bisa membuat ruangan di rumah anda terlihat lebih cantik dan tidak biasa. warna atau corak dari kayu sonokeling ini sendiri ialah coklat kehitaman sekaligus keunguan.. terdengar menarik bukan ? nah

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Rumah Cantik dengan Lantai Kayu Sonokeling - Di jaman sekarang ini sudah banyak sekali cara untuk menjadikan ruangan yang ada di dalam rumah terlihat lebih elegan dan juga artistik, banyak material yang bisa digunakan untuk dekorasi rumah salah satunya adalah material yang berbahan dasar kayu. memang, kayu ini sendiri memiliki nilai estetis yang tinggi apabila diolah dengan cara yang tepat, salah satu produk olahan dari kayu untuk dekorasi rumah adalah lantai kayu. terdapat banyak jenis kayu yang digunakan untuk bahan dasar lantai kayu, salah satunya adalah kayu sonokeling.

lantai kayu sonokeling

Apakah anda pernah mendengar kayu sonokeling ? apabila belum tentunya bisa dipahami, di Indonesia ini jenis kayu yang paling populer adalah kayu jati namun untuk kayu sonokeling ini tentunya anda tidak bisa memandangnya sebelah mata.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kayu Sonokeling memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis kayu lain, keunikan tersebut terletak pada corak dan motif yang dimilikinya. kayu sonokeling memiliki corak yang sangat berbeda dengan kayu - kayu pada umumnya. nama lain dari sonokeling adalah indian rosewood.

Lantai Kayu yang dubuat dari Kayu Sonokeling

Jenis lantai kayu yang dibuat dari kayu sonokeling tentu saja adalah lantai kayu solid, artinya jenis lantai kayu yang dibuat tanpa campuran bahan lainnya. tipe lantai kayu yang terbuat dari sonokeling biasanya adalah tipe flooring, yaitu tipe lantai kayu yang memiliki ukuran lebih lebar dan besar dibandingkan parket pada umumnya.

lantai kayu sonokeling

Pemasangan flooring kayu sonokeling lebih banyak dilakukan di dalam ruangan (indoor), sama seperti parket. untuk pemasangan area luar sendiri memang flooring kayu sonokeling ini kurang bagus karena perubahan cuaca bisa menjadikan kayu cepat rusak.

Area pemasangan lantai kayu sonokeling antara lain :

  • Kamar Tidur
  • Ruang Keluarga
  • Ruang Tamu
  • Dapur

Pada dasarnya semua ruangan indoor bisa dipasangi lantai kayu sonokeling kecuali untuk area kamar mandi. seperti yang anda ketahui sifat kayu ini kurang bagus apabila terkena air terlalu sering. namun apabila untuk tipe kamar mandi kering, lantai kayu sonokeling bisa diaplikasikan.

kayu sonokeling

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh lantai kayu sonokeling, keunggulan tersebut tidak berbeda jauh dengan jenis lantai kayu yang lain sebenarnya namun dengan corak yang elegan tentu kayu sonokeling memiliki nilai lebih, antara lain :

  • Memiliki Nilai ekonomis yang tinggi sehingga dengan memasang lantai kayu sonokeling untuk rumah, sama saja dengan investasi jangka panjang
  • Menjadikan ruangan terasa lebih hangat dan juga nyaman untuk pijakan kaki
  • Bisa diperbaharui warnanya apabila mulai terlihat kusam dan lapuk
  • Memiliki corak dan warna yang tidak dimiliki oleh jenis kayu lain
  • Kekuatan dan keawetan yang bisa diandalkan

Apabila ada kelebihan tentuny ada juga kekurangan, antara lain :

  • Harga Jual yang cukup tinggi sehingga tidak bisa dibeli oleh semua kalangan
  • Proses pemasangan yang memakan biaya cukup besar

Kayu Sonokeling memiliki Nilai Ekonomis Tinggi

Di dunia perdagangan kayu, jenis Sonokeling ini memiliki nilai ekonomis yang tergolong tinggi. hal tersebut tidak mengherankan karena corak dari kayu sonokeling yang berbeda dari jenis kayu lainnya dan juga memiliki tingkat kekerasan dan kekuatan yang bagus. dengan nilai ekonomis yang tinggi maka budidaya pohon sonokeling pun bisa dikatakan sebagai invesatasi jangka panjang yang menjanjikan, prinsipnya semakin tua maka akan semakin bagus kualitasnya.

lantai kayu sonokeling flooring

Pohon Kayu Sonokeling banyak tumbuh di pulau Jawa, tepatnya di daerah hutan Jawa Tengah dan juga Jawa Timur dengan ketinggian sekitar 600mdpl. untuk di luar negeri sendiri, kayu sonokeling banyak tumbuh di India tepatnya dekat pegunungan Himalaya.

Sekian saja artikel mengenai Lantai Kayu Sonokeling yang bisa diberikan, semoga bermanfaat untuk anda sekalian.

Ikuti tulisan menarik Haq Rifki lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu