Inilah 5 Jenis Burung Kicau Bersuara Merdu di Dunia - Urban - www.indonesiana.id
x

Marioline Jeslyn

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Maret 2020

Senin, 23 Maret 2020 13:00 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Inilah 5 Jenis Burung Kicau Bersuara Merdu di Dunia

    Ini jenis Burung Kicau Bersuara Merdu dari berbagai negara, selain memiliki suara yang merdu, burung tersebut juga memiliki penampilan yang menarik.

    Dibaca : 5.297 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Membahas burung kicau memang tidak ada habis, baik dalam ranah Nasional maupun Internasional. Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang jenis burung langka yang hampir punah di Indonesia, kali ini kita akan membahas 5 jenis burung kicau yang memiliki suara memukau dari berbagai negara.

    Burung kicau merupakan jenis burung yang memiliki suara merdu dan bisa dimaster. Tidak semua burung bisa dikategorikan sebagai burung pengicau, sebab ada banyak jenis burung yang hanya bisa mengeluarkan suara namun tidak bisa dimaster.

    Burung kicau tidak hanya ada di Indonesia saja, di luar negeri pun ada banyak jenis burung pengicau bersuara merdu dan memukau. Berikut ini beberapa jenis burung kicau yang memiliki suara merdu dari berbagai negara.

    Inilah 5 Jenis Burung Kicau Bersuara Merdu di Dunia

    1. Murai Batu (Asia Tenggara)

    Kucica hutan atau yang lebih dikenal murai batu merupakan burung pengicau dari suku Muscicapida. Burung ini memiliki nama latin Copsychus malabaricus.

    Murai batu terkenal dengan suaranya yang lantang, merdu dan bervareasi. Ia termasuk burung yang pandai menirukan suara burung lain sehingga sangat mudah untuk diisi atau dimaster.

    Selain pandai berkicau, murai batu juga terkenal dengan kemolekan tubuhnya, terutama bagian ekor yang menjuntai panjang.

    Karena penampilan dan suaranya yang menarik, mura batu dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. Untuk yang masih trotolan saja harganya sudah diatas 1,2 juta.

    Meski begitu peminat murai batu tetap banyak, bahkan mereka tidak sungkan membeli murai batu dengan harga yang fantastis.

    2. Kacer (Asia)

    Selain murai batu, suku Muscicapida masih memiliki jenis burung pengicau yang bersuara menawan, yaitu burung kacer.

    Kacer atau kucica kampung masih satu keluarga dengan murai batu, jadi tidak heran jika suara burung kacer tak kalah menari dari saudaranya.

    Kacer memiliki nama latin Copsychus saularis, ia terkenal sebagai burung kicau tipe fighter. Untuk menunjukan eksistensinya ia tidak sungkan menyaut suara burung lain disekitarnya.

    Di Indonesia peminat burung kacer sangat banyak, bahkan hampir semua kicaumania memelihara burung bertipe fighter ini.

    3. Nightingale (Eropa)

    Burung kicau bersuara merdu selanjutnya yaitu burung nightingale. Burung ini juga berasal dari keluarga Muscicapidae.

    Nightingale memang tidak memiliki habitat di Indonesia, namun burung ini sangat digemari kicaumania Indonesia. Kenapa? karena suara kicau nightingale sangat merdu dan lantang.

    Selain itu, burung ini memiliki kebiasaan yang unik yaitu sering kali berkicau dalam malam hari hingga ia dijuluki sebagai burung "Biduan Malam".

    4. Lyrebird (Australia)

    Lyrebird merupakan jenis burung pengicau yang hidup di daratan Australia. Ia berasal dari keluarga Menuridae.

    Burung Lyrebird termasuk burung dengan suara kicauan yang merdu, ia terkenal dengan kemampuannya menirukan saura disekelilingnya.

    Selain memiliki suara yang istimewa, Lyrebird juga memiliki penampilan yang cantik. Ia memiliki ekor yang panjang dan terlihat seperti burung merak.

    5. Wambi (Tiongkok dan Taiwan)

    Hwamei atau Wambi merupakan burung pengicau yang pernah merajai arena kicau. Burung ini berasal dari China dan Taiwan.

    Sebagai salah satu burung kicau, Hwamei memiliki kicauan yang kasar dan nyaring. Selain itu, ia juga pandai menirukan suara burung lain dengan baik.

    Nah, itulah beberapa jenis burung kicau dengan suara memukau dari berbagai negara. Meski burung tersebut sering diperjaul belikan, semoga populasinya tetap terjaga dan tidak tergolong hewan yang terancam punah.

    Ikuti tulisan menarik Marioline Jeslyn lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.






    Oleh: web seo

    Minggu, 7 Agustus 2022 06:24 WIB

    Tip Merawat Sliding Door Mobil agar Tetap Awet

    Dibaca : 364 kali