x

Iklan

Alisya Roudhotul Husna

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2020

Selasa, 31 Maret 2020 10:40 WIB

5 Karakter yang Umumnya Dimiliki Freelancer Sukses

Menjadi seorang freelancer memang susah-susah gampang. Ada freelancer yang dapat dengan mudah mendapatkan klien dan ada yang bahkan harus menunggu lama untuk mendapatkan klien pertamanya. Tahukah bahwa ternyata untuk menjadi seorang freelancer sukses, Anda harus memiliki karakter khusus selain berusaha keras. Berikut di antaranya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menjadi seorang freelancer memang susah-susah gampang. Ada freelancer yang dapat dengan mudah mendapatkan klien dan ada yang bahkan harus menunggu lama untuk mendapatkan klien pertamanya. Tahukah bahwa ternyata untuk menjadi seorang freelancer sukses, Anda harus memiliki karakter khusus selain berusaha keras. Berikut di antaranya.

1. Bersikeras

Seorang freelancer harus memiliki karakter pantang menyerah, terutama ketika mencari pekerjaan dan klien. Anda bukan seorang karyawan dengan tanggung jawab pekerjaan yang sudah diberikan oleh atasan, melainkan harus mencari sendiri klien dan pekerjaan tersebut karena Anda bekerja untuk diri sendiri. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh menyerah hingga menemukan klien yang akan membayar pekerjaan Anda. Untuk mewujudkannya, Anda harus terus melakukan promosi agar menjadi freelancer sukses dapat tercapai.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

2. Manajemen Waktu

Sebagai pekerja yang mandiri, Anda harus pintar mengatur waktu. Pandai-pandailah mengestimasi berapa waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan  dari satu klien sehingga Anda tidak akan sembarangan menerima semua tawaran. Semakin banyak tawaran kerja memang baik, tapi kalau Anda memang tidak memiliki cukup waktu untuk mengerjakannya, ketahui batas Anda. Hal ini penting untuk menjaga kualitas hasil pekerjaan Anda. jangans ampai karena terlalu banyak pesanan, Anda menjadi kerja terburu-buru sehingga mengorbankan kualitas.

3. Disiplin Diri 

Disiplin diri sangat diperlukan tak hanya ketika Anda bekerja sebagai karyawan di bawah arahan orang lain, tapi juga ketika Anda menjadi seorang freelancer. Ada kalanya pekerjaan yang diberikan oleh klien terasa sangat sulit untuk dikerjakan sehingga membuat Anda enggan mengerjakannya. Di sinilah disiplin diri diperlukan. Anda harus mampu mengondisikan diri Anda apapun caranya agar pekerjaan tersebut selesai tepat waktu.

Tidak bekerja dengan atasan bukan berarti Anda bisa berlaku sesuka hati. Justru di saat seperti inilah disiplin diri Anda diuji. Bagi beberapa orang, ini merupakan hal yang mudah. Namun, ada sebagian orang yang mudah teralihkan perhatiannya sehingga pekerjaan mereka tak kunjung selesai, jadi tetaplah tingkatin displin diri untuk mejadi seorang freelancer sukses.

4. Rasa Ingin Tahu 

Sebagai seorang freelancer, Anda juga harus memiliki inisiatif untuk melahirkan ide baru dalam desain Anda (jika Anda seorang freelancer dalam bidang desain). Rasa ingin tahu ini yang akan membuka Anda pada inovasi yang mungkin selama ini belum pernah Anda temukan. Cari tahu kira-kira apa alasan klien meminta desain seperti ini dan itu, kenapa harus memakai warna ini dan itu, mengapa mereka memilih desain tersebut, dan sebagainya. Dengan mencoba memahami hal-hal semacam ini, Anda bisa lebih mudah mengerjakannya. Jika Anda tidak menemukan jawabannya, cobalah untuk menanyakannya secara langsung pada klien.

5. Tepat Waktu 

Mengumpulkan pekerjaan sesuai tenggat waktu adalah salah satu cara untuk membuat klien kembali pada Anda. Klien yang percaya dengan kualitas pekerjaan dan ketepatan Anda dalam mengumpulkan deadline tidak menutup kemungkinan akan kembali lagi pada Anda ketika mereka memerlukan bantuan lagi yang sejenis. Tentunya hal ini akan meningkatkan reputasi Anda, bukan?

Lima karakter di atas merupakan karakter yang umumnya dimiliki oleh seorang enterpreneur atau mereka yang bekerja secara mandiri seperti freelancer. Apakah Anda sudah memiliki beberapa sifat di atas? Jika iya, itu artinya Anda berpotensi menjadi seorang yang sukses. Anda hanya perlu membuatnya lebih baik lagi. Namun, jika belum, karakter tersebut bisa Anda tumbuhkan dalam diri mulai dari sekarang

more at Vallet www.vallet.id

Ikuti tulisan menarik Alisya Roudhotul Husna lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB