IKA BINDO UNJ Bangga Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoensia FBS UNJ Raih Akreditasi A - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Sabtu, 4 April 2020 06:41 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • IKA BINDO UNJ Bangga Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoensia FBS UNJ Raih Akreditasi A

    Dibaca : 748 kali

    Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ Raih Akreditasi A

    Akreditasi bagi perguruan tinggi dan program studinya itu penting. Karena akreditasi bukan hanya kontrol, bukan pula sebatas untuk memenuhi kewajiban pemerintah. Tapi akreditasi adalah salah satu bentuk sistem penjaminan mutu eksternal perguruan tinggi. Agar terpacu lebih berkualitas, dan mampu meraih peluang kerja bagi lulusannya.

    Akreditasi sejatinya adalah suatu pengakuan formal yang diberikan oleh badan akreditasi terhadap kompetensi suatu perguruan tinggi. Sederhananya, akreditasi adalah nilai kampus dalam beberapa kriteria. Tentu saja, badan yang melakukan akreditasi di Indonesia adalah BAN-PT. Tiap 5 tahun sekali, melakukan akreditasi perguruan tinggi atau  lembaga pendidikan lainnya.

    Berangkat dari spirit itulah, berdasarakn penilaian yang komprehensif dari BAN PT. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ berhasil meraih Akreditasi A untuk periode 1 April 2020 s.d. 1 April 2025.

    Untuk mencapai akreditasi A tentu tidak mudah. Sangat dibutuhkan sinergi antara pimpinan fakultas dan prodi, para dosen, mahasiswa, staf, dan alumni. Bersinergi untuk taju tujuan, yaitu meraih pengakuan formal sebagai program studi yang dikelola dengan baik.

    Akreditasi A bukanlah sesuatu yang “jatuh dari langit”. Tapi harus dipersiapkan dan diperjuangkan. Tentu dengan kerja keras dan kerja bersama. Karena akreditasi adalah “ruh” bagi perguruan tinggi negeri (PTN) ataupun perguruan tinggi swasta (PTS). Sebagi bukti terpeliharanya kualitas mutu dan tata kelola akademik yang professional. Beberapa kriteria penilaian untuk akreditasi program studi pada sebuah perguruan tinggi, antara lain:

    1. Identitas
    2. Izin penyelenggaraan program studi
    3. Kesesuaian penyelenggaraan program studi dengan peraturan perundang-undangan
    4. Relevansi penyelenggaraan program studi
    5. Sarana dan prasarana
    6. Efisiensi penyelenggaraan program studi
    7. Produktivitas program studi
    8. Mutu lulusan

    Dalam konteks, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ berhasil merai akreditasi A. Salah satu kontribusinya adalah “mutu lulusan” yang identik dengan alumni.

    Maka melalui IKA BINDO (Ikatan Alumni Bahasa dan Sastra Indonesia) FBS UNJ, para alumni PBSI UNJ berkomitmen untuk mendukung almamaternya meraih akreditasi yang terbaik. Alhasil, akreditasi A pun diperoleh.

    Bagi alumni, itulah kontribusi sederhana yang bisa diberikan pada almamater. Saat ini, para alumni yang tergabung dalam IKA BINDO UNJ telah berkiprah sebagai 1) tenaga pengajar/dosen/guru 70%, 2) professional swasta 20%, dan 3) spesialis bidang bahasa 10%.

    Siapapun bila mau masuk ke perguruan tinggi. Salah satunya perhatika akreditasinya. Karena di situ ada mutu ada kualitas.

    Suka tidak suka, akreditasi adalah definisi tentang Anda, tentang program studi itu. #IKABINDOUNJ #AkreditasiKampus

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.