x

Iklan

Annn Mk1

First Year Informatics Student, Writer at Indonesiana.id
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Selasa, 4 Agustus 2020 09:33 WIB

Gaya Nuklir Kuat (Strong Force), Gaya Dasar Alam Semesta Paling Kuat

Strong force atau yang biasa disebut gaya nuklir kuat adalah salah satu dari 4 gaya dasar alam semesta yang muncul setelah peristiwa big bang dan merupakan gaya dasar alam semesta terkuat. Berikut ini penjelasan singkat mengenai gaya tersebut.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Fundamental Force of the Universe atau biasa disebut gaya dasar alam semesta adalah gaya dasar alam semesta yang biasa kita temui di kehidupan sehari hari. Setidaknya ada 4 Gaya Dasar Alam Semesta yang memenuhi alam semesta kita. Gaya-gaya tersebut adalah gaya nuklir kuat, gaya elektromagnetik, gaya nuklir lemah, dan gaya gravitasi.

 

Gaya nuklir kuat atau strong force adalah gaya dasar alam semesta terkuat disusul gaya elektromagnetik, gaya nuklir lemah, dan gaya gravitasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Di banding gaya-gaya lainnya, gaya nuklir kuat sepertinya jarang disebut-sebut dan sedikit orang yang mengetahuinya, lalu apa itu gaya nuklir kuat?

 

Apa itu Gaya Nuklir Kuat (Strong Force)?

Gaya nuklir kuat merupakan gaya yang bertanggung jawab dalam mengikat proton-proton, proton-neutron, dan neutron-neutron menjadi satu. Sehingga, seperti yang kita ketahui, jika inti atom yang terdiri dari banyak proton dan neutron ini tidak pecah. Sebagai pengandaian, gaya nuklir kuat memiliki kekuatan 1.


Apabila ada 2 partikel (proton-proton) yang didekatkan satu sama lain sehingga jaraknya menjadi 1 femtometer, maka secara otomatis, gaya repulsif atau gaya tolak akibat gaya elektromagnetik ini akan hilang dan gaya kuat yang akan mendominasi lebih. Yukawa, mengusulkan adanya partikel yang dipertukarkan antara nukleon. Partikel tersebut ialah Meson. Sebenarnya Meson ada banyak jenis, namun yang lebih disoroti ialah Pion. Gaya nuklir kuat akibat adanya pion ini yang saling dipertukarkan antar nukleon (proton atau neutron). Untuk lebih jelasnya, akan dibahas di lain artikel.

 

Selain itu, dalam pengandaian yang lebih mudah, gaya nuklir kuat ini bisa dibilang juga pertukaran warna yang mengakibatkan "glue" atau lengket. Lebih jelasnya, akan dibahas dalam artikel Quantum Chromodynamics (QCD). Pertukaran warna tersebut juga diiringi dengan partikel Gluon yang mampu mengikat nukleon.

 

Demikian penjelasan gaya nuklir kuat yang bisa saya sampaikan. Apabila Anda tertarik dan suka dengan artikel sains seperti ini, silahkan kunjungi blog sains dan teknologi Sainstron di www.sainstron.com yang membahas tentang sains dan teknologi dengan singkat dan mudah dipahami.

 

Sekian, semoga bermanfaat.

 

Sumber : Sainstron (https://www.sainstron.com)

Ikuti tulisan menarik Annn Mk1 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB