Arti Warna Hijau di Jersey Tandang Timnas Sepakbola Indonesia - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

reni sukmawati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Agustus 2020

Sabtu, 8 Agustus 2020 06:22 WIB

  • Olah Raga
  • Berita Utama
  • Arti Warna Hijau di Jersey Tandang Timnas Sepakbola Indonesia


    Dibaca : 1.262 kali

    Jersey suatu tim sepakbola selalu menarik perhatian para pecintanya, apalagi banyak juga komunitas yang ramai-ramai mengoleksi jersey ini. Adanya makna yang melekat pada setiap desain jersey menambah daya tarik dari setiap jersey yang dibuat.

    Begitu pula dengan tim nasional Indonesia, jersey kandang yang dipakai oleh timnas Indonesia selalu memakai warna merah sebagai warna utamanya, yang seringkali dipadukan dengan warna putih sebagai bentuk pengaplikasian dari bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berwarna merah putih. Selain putih, jersey kandang Timnas Indonesia juga memakai warna hijau.

     

    Jika diperhatikan, sering dipadukannya warna hijau dan apalagi jersey tandang timnas Indonesia dominan berwarna Putih - Hijau menimbulkan banyak pertanyaan bagi orang awam yang melihatnya. Seringkali muncul pertanyaan "Dari manakah warna hijau ini berasal? dan apa arti sebenarnya warna hijau tersebut?".

     

    PSSI melalui unggahan di akun media sosial resminya memaparkan bahwa unsur warna hijau yang melekat pada jersey Timnas Indonesia itu memiliki beberapa arti. Yang pertama dan utamanya adalah warna hijau itu diambil dari warna latar bendera PSSI. Alasan kedua adalah warna hijau sendiri memiliki makna sebagai kesuburan, kesegaran, kedamaian, dan keseimbangan.

    Adanya arti dari unsur-unsur tersebut diharapkan dapat memberikan faktor yang positif bagi Timnas Indonesia. Alasan ketiga adalah unsur hijau di jersey Timnas Indonesia juga memiliki makna historis dari perjalanan Timnas Indonesia. Warna hijau ini mulai digunakan pada tahun 1950-an, dan pada saat itulah Timnas Indonesia pernah hampir lolos ke Piala Dunia 1958 di Swedia.

     

    Jadi karena beberapa alasan itulah warna hijau selalu dipakai di jersey Timnas Indonesia untuk menemani warna merah dan putih. Hal itu terus diterapkan oleh apparel Nike dari Amerika Serikat, lalu percobaan apparel Warrix dari Thailand tetapi tidak jadi dipakai.

    Kini Timnas Indonesia menggandeng produk dalan negeri, Mills sebagai apparel resmi Timnas Indonesia yang jersey tandangnya juga baru dirilis beberapa waktu ini.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.