7 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Dwi Andika

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 20 November 2020 14:46 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 7 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

    Selain digunakan dalam bumbu masakan, nyatanya kunyit memang banyak dipakai sebagai bahan obat-obatan herbal.

    Dibaca : 687 kali

    Tak sedikit orang yang menggunakan ekstrak dari rempah satu ini, karena memang begitu banyak manfaat kunyit. Ada banyak sekali senyawa bermanfaat yang ada di dalam rimpang berwarna orange ini. Senyawa itu, antara lain, kurkumin sampai dengan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya begitu tinggi.

    Berikut ini diantaranya beragam khasiat yang bisa Anda rasakan dengan mengonsumsinya secara rutin, yaitu:

     

    1. Dapat meredakan peradangan, kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit ini berfungsi sebagai antiradang. Sehingga dapat bekerja untuk memblokir senyawa sitokinin dan juga beberapa enzim yang bisa menyebabkan inflamasi. Jadi bagus untuk mengurangi efek peradangan yang terjadi di dalam tubuh, karena dapat menurunkan kadar histamin dan juga meningkatkan produksi hormon kortisol secara alami.
    2. Mengobati penyakit maag, bahkan bagi Anda yang juga bermasalah dengan lambung, seperti diantaranya adalah mengalami gejala maag, perut menjadi tidak nyaman, sering bersendawa bahkan juga mual. Maka bisa diobati dengan menggunakan kunyit ini, yaitu cukup diseduh menggunakan air hangat dan bisa ditambah dengan madu untuk memberikan rasa yang manis. Secara efektif bisa meredakan gejala maag tersebut, apalagi jika seandainya terdapat luka pada lambung yang disebabkan oleh bakteri H. Pylori.
    3. Mengatasi perut kembung, beberapa orang juga sering kali bermasalah dengan perut kembung, sehingga menyebabkan buang gas berkali-kali bahkan tanpa henti. Kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit ini berfungsi untuk mengencangkan organ pencernaan, sehingga dapat mengurangi tekanan gas yang ada di dalam perut.
    4. Dapat mengurangi rasa mual, mual dapat terjadi pada siapa saja, baik itu karena mabuk perjalanan ataupun wanita yang tengah masuk trimester pertama kehamilan. Dengan konsumsi kunyit ternyata juga dapat mengurangi rasa mual tersebut. Untuk mendapatkan khasiat yang lebih optimal maka seduh bersamaan dengan lada hitam.
    5. Redakan nyeri haid, wanita setiap bulannya pasti akan mengalami kondisi yang satu ini, yaitu menstruasi, dimana ketika sudah masuk waktunya perut bagian bawah pasti akan merasakan begitu sakit disebabkan oleh mengelupasnya dinding endometrium rahim. Tak perlu konsumsi obat-obatan kimiawi, karena cukup dengan mengandalkan kunyit ini saja maka Anda sudah bisa mengatasinya.
    6. Membantu menurunkan berat badan, bagi yang sedang berada dalam program diet, maka bisa ikut memanfaatkan tanaman herbal yang satu ini. Karena kurkumin yang ada di dalam kunyit tersebut bekerja secara efektif untuk menekan respon peradangan yang ada pada sel tubuh, diantaranya adalah otot, pankreas dan juga lemak. Sehingga hal tersebut bisa membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah sampai mengatasi gangguan metabolik yang lainnya.
    7. Mengontrol kadar gula darah, ternyata kurkumin juga berguna untuk meningkatkan fungsi hormon insulin, dimana insulin sendiri berguna untuk menurunkan kadar gula darah dan bisa membantu untuk mengatasi gejala diabetes, hingga menurunkan resiko terjadinya komplikasi yang disebabkan oleh penyakit gula tersebut.

     

    Beragam manfaat kunyit tersebut nantinya bisa Anda rasakan dengan mengonsumsinya secara teratur. Bisa dibuat sebagai jamu, campuran bumbu masakan sampai dengan diseduh biasa juga enak dengan tambahan sedikit madu. Selain untuk kesehatan sebenarnya rempah yang satu ini juga menawarkan banyak manfaat untuk kecantikan.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.