x

Iklan

Meri Ana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Rabu, 30 Desember 2020 12:37 WIB

Salip Negara Maju, Ekonomi Indonesia Diprediksi Peringkat 8 di Tahun 2035

Laporan World Economic League Table (WELT) yang dirilis oleh Centre for Economics and Business Research (CEBR) memprediksi bahwa economy Indonesia akan menempati peringkat 8 di tahun 2035 mendatang. Indonesia disebut-sebut dapat menyalip negara maju seperti Korea Selatan, Rusia, Brasil, hingga Italia. CEBR  merupakan lembaga asal Inggris yang mengukur performa ekonomi negara-negara dunia setiap tahunnya. Berikut ulasannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tahun 2035 mendatang, perekonomian Indonesia diprediksi mengalami peningkatan hingga menembus peringkat delapan dunia. Laporan World Economic League Table (WELT) yang dirilis oleh Centre for Economics and Business Research (CEBR) pada Sabtu (26/12) lalu. 

Dalam laporannya, CEBR memaparkan di tahun 2030 ekonomi Indonesia memasuki peringkat 12, sedangkan tahun 2035 mengalami peningkatan menjadi peringkat 8, bahkan Indonesia disebut-sebut dapat menyalip negara maju seperti Korea Selatan, Rusia, Brasil, hingga Italia. CEBR  merupakan lembaga asal Inggris yang mengukur performa ekonomi negara-negara dunia setiap tahunnya. 

Sebelumnya kami memprediksi Indonesia akan naik dari peringkat 16 pada 2019 ke peringkat 11 pada 2034. Namun dengan ekonomi Eropa yang melambat karena dampak dari  pandemi, sekarang kami memprediksi Indonesia berada pada peringkat 8 ekonomi terbesar di dunia pada 2035,” tulis CEBR.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selama pandemi coronavirus, CEBR menilai Indonesia mampu beradaptasi dan menangani situasi ini secara efisien. Walaupun, di tahun 2020 Indonesia harus mengalami penurunan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 1,5% dan kehilangan pendapatan dan pengeluaran sebesar 39% terhadap PDB akibat dampak dari coronavirus. Untuk menyejahterakan rakyatnya, Indonesia mampu menurunkan angka kemiskinan yang ekstrim sejak paruh tahun 2020, CEBR merespon baik atas pencapaian ini walaupun masih ada sekitar 27 juta penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan, dan kedepannya pemerintah berupaya untuk menurunkan angka tersebut.

CEBR juga memprediksi, untuk lima tahun kedepan, tingkat pertumbuhan PDB mengalami peningkatan rata-rata 5,4% dari tahun 2021-2025 dan turun sedikit menjadi 5,3% antara tahun 2026-2035. 

Selain Indonesia yang berhasil menyalip negara maju, CEBR menyebutkan Tiongkok mampu menggeser posisi pertama yang saat ini ditempati oleh Amerika Serikat di tahun 2035 mendatang. Laporan tersebut menjelaskan bahwa Tiongkok memiliki cara jitu yang berlangsung dengan baik, dalam menangani permasalahan ekonomi akibat coronavirus.

“Selama beberapa waktu, tema besar ekonomi global berfokus pada persaingan ekonomi dan pengaruh antara AS dan Tiongkok. Pandemi coronavirus yang diikuti dengan kejatuhan ekonomi dunia membuat kondisinya menguntungkan Tiongkok,” tulis CEBR. Kinerja yang baik ini membuat ekonomi Tiongkok dalam kuartal dua tahun kembali membuahkan hasil yang memuaskan setelah mengalami krisis.

Lalu, jika Indonesia diprediksikan masuk ke peringkat 8 dunia pada 2035 mendatang, apakah kita sebagai masyarakat sudah siap untuk membekali diri lebih baik, sehingga kita dapat bersaing secara sehat dengan negara-negara lainnya?

Ikuti tulisan menarik Meri Ana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler