x

Iklan

Panduan Menulis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2019

Sabtu, 30 Januari 2021 11:42 WIB

Perbedaan Kartu e-Money Mandiri dengan Flazz BCA, yang Belum Dipahami Banyak Orang

Uang elektronik ini mempunyai banyak keunggulan bila dibanding dengan uang kontan, dan diantaranya adalah lebih ringkas dan irit tempat. Karena itu banyak bank yang berlomba coba mengeluarkan service uang elektronik itu.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perkembangan dunia digital kelihatannya makin tidak terelakan saja dan telah sentuh nyaris di semua sisi kehidupan, terhitung dalam pemakaian uang sebagai alat ganti. Bila dahulu uang konservatif yang dikeluarkan dengan cara resmi oleh Bank Indonesia sebagai alat ganti yang syah, sekarang anda bisa juga memakai uang elektronik sebagai alat ganti.

Uang elektronik ini mempunyai banyak keunggulan bila dibanding dengan uang kontan, dan diantaranya adalah lebih ringkas dan irit tempat. Karena itu banyak bank yang berlomba coba mengeluarkan service uang elektronik itu.

Dari demikian uang banyak elektronik yang ada ada dua produk uang elektronik yang cukup mengambil alih perhatian, yakni Mandiri e-Money dan BCA Flazz. Keduanya di-claim sebagai uang elektronik yang terbanyak dipakai oleh warga karena bermacam keunggulan dan keuntungannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lalu apa perbedaan kedua produk itu, bukankah keduanya sama adalah uang elektronik? Berikut pembahasan secara singkat.

 

Mandiri e-Money

Mandiri e-Money sebuah uang elektronik yang dibungkus berbentuk kartu dan pemakaiannya juga benar-benar multifungsi sebagai alternatif uang konservatif. Uang elektronik punya bank Mandiri ini mempunyai beberapa feature favorit yang membuat jadi salah satunya uang elektronik yang terbanyak disukai pemakai. Di bawah ini beberapa feature yang dipunyai oleh Mandiri e-Money:

  • Menggunakan tehnologi Radio Frequency Identification (RFID) yang membuat pemakai kartu Mandiri e-Money bisa berbisnis dengan gampang, cuman cukup tempelkan kartu pada reader saja (tapping).
  • Tidak membutuhkan PIN atau tanda-tangan pemilik untuk memakainya saat berbisnis seperti kartu debet atau kartu credit, cukup di lekatkan pada reader sampai saldo yang ada di chip menyusut seperti nilai transaksi bisnis yang dilaksanakan.
  • Top up bisa dilaksanakan dalam bermacam langkah dan kanal yang banyak menyebar di beberapa kota besar. Opsi hebat up juga dapat disamakan dengan keperluan dimulai dari Rp 50.000,- sampai Rp 1.000.000,- dengan optimal transaksi bisnis sejumlah Rp 20.000.000,- setiap bulannya.
  • Saldo yang ada di satu chip terbatasi cuman Rp 1.000.000,- saja dan tidak berbunga.
  • Uang elektronik berbentuk kartu ini bisa dipunyai oleh siapa saja baik oleh nasabah Bank Berdikari sampai non nasabah.
  • Kartu e-Money dapat dipakai siapa seandainya fisik kartu tetap sama.
  • Desain kartu e-Money Mandiri dapat dirubah seperti keiginan nasabah, seperti e-Money custom design.

 

BCA Flazz

Selain Bank Mandiri yang mempunyai e-Money untuk produk uang elektroniknya yang berupa kartu, BCA juga mempunyai produk sama yang disebutkan BCA Flazz. Dapat disebut bila BCA Flazz ini adalah perintis hadirnya uang elektronik dari perbankan. Hingga pemakai dan merchant-nya juga dapat diketemukan dimana saja terutamanya di beberapa kota besar.

BCA Flazz ini mempunyai beberapa feature yang tidak berbeda jauh dengan Mandiri e-Money, seperti keringanan berbisnis di merchant dengan logo BCA Flazz. Dan beberapa feature yang lain seperti berikut diantaranya ialah.

  • Bisa dipakai oleh siapa saja kecuali pemilik kartu karena tidak membutuhkan ada PIN maupun tanda-tangan saat berbisnis.
  • Uang yang ada di saldo BCA Flazz tidak dipandang seperti sebuah tabungan, hingga keamanannya tidak di bawah agunan LPS ( Lembaga Penjamin Simpanan) dan tdak mendapatkan bunga.
  • Opsi hebat up dimulai dari Rp 20.000,- sampai optimal saldo Rp 1.000.000,- dalam sekali pegisian.
  • Jika kartu BCA Flash raib, baik secara menyengaja maupun tidak karena itu seutuhnya jadi tanggung jawab pemakai kartu. Dan faksi BCA tidak dapat lakukan penutupan pada kartu itu maupun menukarnya dengan kartu yang baru.
  • BCA Flazz mempunyai masa aktif sampai 10 tahun, terhitung dari terakhir kali hebat up saldo dilaksanakan.
  • Saat masa aktif BCA Flazz usai atau secara menyengaja mengakhri pemakaiannya karena itu pemakai bisa mendapatkan dana yang sisa dalam saldo BCA Flazz. Triknya lumayan gampang, cukup dengan memberikan kartu BCA Flazz pada kantor BCA paling dekat.

 

Perbedaan BCA Flazz dan Mandiri e-Money

Secara konsep, BCA Flazz dan Mandiri e-Money memang mempunyai feature dan keringanan yang serupa dalam mendukung bermacam transaksi bisnis digital atau konservatif sebagai alternatif uang kontan. Tetapi kedua kartu uang elektronik itu mempunyai ketidaksamaan dan kelebihannya setiap, lalu di mana ketidaksamaan kedua kartu itu?

Bedanya ada di langkah kedua kartu uang elektronik itu lakukan pengisian ulangi atau hebat up saldo. Untuk masalah hebat up atau isi ulangi saldo BCA Flazz sedikit terbatas, karena cuman dapat dilaksanakan di ATM atau EDC punya BCA dan merchant yang bertanda khusus saja.

Hingga sedikit mempersulit saat pemakai kartu sedang pada kondisi genting dan tidak ada dekat sama ATM atau sarana lain dari BCA.

Berbeda dengan BCA Flazz, hebat up saldo pada Mandiri e-Money lebih fleksibel sebab bisa dilaksanakan dengan beberapa langkah. Minimal ada cara-cara gampang, yakni dengan memakai ATM Mandiri dengan logo e-Money atau kartu ATM bank yang lain mempunyai simbol Link. Lantas juga bisa memakai aplikasi e-Money lewat handphone dan lewat fitur e-banking punya Bank Mandiri dan sms Banking.

Ikuti tulisan menarik Panduan Menulis lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler