Vaksinasi Warga di Kaki Gunung, Mandalawangi Bergerak Harap Dongkrak Pariwisata - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Felisian Christie

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 September 2021

Kamis, 23 September 2021 06:37 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Vaksinasi Warga di Kaki Gunung, Mandalawangi Bergerak Harap Dongkrak Pariwisata

    Program yang didukung TNI dan Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam & Ekosistem KLHK ini diharapkan dapat mendorong pemulihan sektor perekonomian dan pariwisata di wilayah sekitar.

    Dibaca : 275 kali

    Indonesiana.id - Para relawan pencinta alam yang tergabung dalam Mandalawangi Bergerak akan melaksanakan program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat kaki gunung.

    Program yang didukung TNI dan Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam & Ekosistem KLHK ini diharapkan dapat mendorong pemulihan sektor perekonomian dan pariwisata di wilayah sekitar.

    Penasihat Mandalawangi Bergerak, Heru Budiargo menyampaikan, dengan adanya program vaksinasi untuk masyarakat kaki gunung, diharapkan bisa membantu memenuhi kekebalan kelompok atau herd immunity di wilayah tersebut.

    “Bila kondisi disana sudah aman, kegiatan sektor pariwisata alam bisa kembali berjalan. Alhasil akan berdampak positif pada kegiatan perekonomian di wilayah sekitar,” ujar Heru Budiargo yang juga aktivis pencinta alam, Rabu, 25 Agustus 2021.

    Sebagai gambaran, masyarakat kaki gunung merupakan ujung tombak dari pariwisata alam pegunungan. Interaksi langsung para pendaki dengan masyarakat sekitar dapat membawa risiko menyebarnya virus corona dari maupun kepada mereka.

    “Berdasarkan data geografis kewilayahan pariwisata alam pegunungan, termasuk menyangkut jumlah pendaki di masing-masing gunung per tahun, kami berharap program ini dapat membantu pelaksanaan distribusi dan pemerataan vaksinasi ke daerah terpencil termasuk masyarakat kaki gunung ini,” tutur Heru.

    Sementara itu Brigadir Jenderal Achmad Fauzi, Komandan Komando Resort Militer 061/Suryakancana mengatakan, sebagai perpanjangan tangan pemerintah, TNI akan selalu siap menjalankan perintah serbu vaksin, dan mendukung kegiatan program vaksinasi masyarakat kaki gunung. TNI manunggal bersama rakyat.

    Dia menjelaskan, pihak Korem 061/Suryakancana sudah melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam program Serbuan Vaksinasi Indonesia. Tercatat sebanyak 321.214 orang penerima vaksin hingga Minggu, 22 Agustus 2021 yang dijalankan bersama para Kodim di Jajaran Bogor, Sukabumi dan Cianjur serta Para Relawan dan Masyarakat sekitar.

    “Korem 061/Suryakancana bekerjasama dengan Mandalawangi Bergerak akan menyalurkan vaksin untuk 3.000 orang, sejalan dengan program Semangat Serbuan Vaksinasi Indonesia,” kata Brigjen Achmad Fauzi.

    Program Vaksinasi Masyarakat Kaki Gunung atau Vaksin Gunung yang diinisiasi oleh Mandalawangi Bergerak merupakan aksi nyata yang digerakkan oleh Mapala UI, WANADRI dan organisasi pecinta alam lainnya dalam rangka membantu masyarakat yang tinggal di kawasan kaki gunung (desa) guna memperoleh fasilitas vaksinasi COVID-19 dan mempercepat pemulihan kondisi ekonomi dan pariwisata Indonesia.

    Program Vaksinasi Masyarakat Kaki Gunung memiliki tantangan ‘tersendiri’ jika melihat potret sosial dan budaya masyarakat di kawasan kaki gunung (desa) yang jauh berbeda dengan masyarakat perkotaan.

    Perbedaan itu di antaranya pola persebaran informasi terkait tujuan dan manfaat vaksinasi COVID-19 (literasi); Potret budaya dan kepercayaan yang variatif (diversity); tingkat pemerataan pendapatan (gini ratio); Hingga kondisi geografis (remote area).

    Menurutnya, adapun motivasi gerakan yang didukung TNI, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Lingkungan Hidup, Kehutanan (KLHK) ini diusung dengan melihat peran dan fungsi dari keberadaan masyarakat kaki gunung yang merupakan penyangga ekologi dan penopang industri pariwisata Indonesia.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.