Produk Makanan yang Terbuat dari Jagung - Humaniora - www.indonesiana.id
x

naufan wahyu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 November 2021

Selasa, 30 November 2021 22:33 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Produk Makanan yang Terbuat dari Jagung

    Jagung adalah salah satu bahan makanan yg bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan atau cemilan. Seperti kita ketahui bahwa jagung sangat familiar di kalangan masyarkat indonesia,oleh karena itu jagung sangat di minati oleh beberapa kalangan. jagung sendiri dapat di olah menjadi berbagai macam makanan seperti: Mie jagung,Jagung bakar, Jagung rebus, Tapai jagung Dll. Disini saya akan membuat sebuah artikel tentang makanan yg terbuat dari jagung.

    Dibaca : 179 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Jagung merupakan salah satu bahan pangan yang diminati oleh masyarakat Indonesia, meskipun kegunaannya bukan sebagai bahan pangan utama. Jagung memiliki banyak kandungan yang menyehatkan untuk tubuh dengan rasanya yang lezat. Ada banyak produk makanan yang terbuat dari jagung. Produk makanan dari jagung tersebut bisa menjadi camilan yang mengenyangkan juga menyehatkan. 

    Produk makanan dari jagung umumnya memiliki cara pembuatan yang mudah. Berikut ini beberapa produk makanan dari jagung yang bisa menjadi ide untuk Anda berkreasi.

    Dodol jagung

    Dodol jagung memang belum begitu familiar. Bahan baku dodol jagung menggunakan tepung jagung, cara pembuatannya sama seperti memasak dodol pada umumnya.

    Mi jagung

    Selain dodol, mi jagung juga terbuat dari tepung jagung. Cara pembuatannya sama seperti membuat mi biasa.

    Tortila chips

    Camilan ini memang terkenal sebagai camilan dari jagung yang gurih. Sudah banyak produsen besar yang memproduksinya di pabrik. Proses pembuatannya dilakukan dengan proses perebusan, perendaman, pencucian, penggilingan, pencetakan adonan, pengeringan, dan penggorengan. Proses pembuatannya memang agak panjang. Pada dasarnya pembuatan keripik ini sama halnya dengan membuat keripik atau kerupuk.

    Tapai jagung

    Jagung akan melewati proses fermentasi terlebih dahulu. Proses fermentasi tersebut akan melibatkan kapang atau khamir yang terdapat di dalam ragi. Biji jagung dipisahkan dari bonggolnya, lalu direbus selama 30 menit dan angkat untuk didinginkan. Jagung yang sudah dingin dicampur dengan ragi yang sudah dihaluskan menjadi butiran halus di dalam baskom dan aduk hingga merata.

    Jagung yang sudah tercampur dengan ragi dibungkus dengan daun pisang atau plastik dan didiamkan selama tiga hari. Setelah tiga hari, tapai sudah siap disajikan.

    Jagung marning aneka rasa

    Jagung marning atau jagung kering merupakan camilan yang lezat yang bisa diberikan aneka varian rasa sesuai dengan selera. Proses pembuatannya terbilang cukup panjang, jagung harus direbus terlebih dahulu, lalu dikeringkan dan diberikan bumbu. Selanjutnya, pipilan jagung baru digoreng dan diberikan aneka rasa.

    Jagung Bakar
    Jagung bakar merupakan jajanan atau cemilan yang lezat yang bisa diberikan aneka varian rasa sesuai selera. Jagung bakar sendiri memiliki berbagai aneka varian rasa seperti pedas,manis,pedas manis dll.Jagung bakar sendiri sangat di nikmati oleh masyarakat indonesia terkhusus anak anak muda.Jagung bakar sendiri sangat mudah kita jumpai di pinggir jalan.Selain enak jagung bakar sendiri juga sangat murah.Oleh karena itu makanan ini menjadi salah satu makanan yg sangat di nikmati ketika sedang bersantai bareng keluarga atau temen.

    Jagung Rebus
    Sama seperti jagung bakar jagung rebus juga menjadi primadona makanan di indonesia.Jagung rebus sendiri sangat sering kita jumpai dan harga nya yg relatif murah.cara pembuatan jagung rebus pun sangat gampang sehingga kita bisa melalukan nya di rumah.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.