Taman Bacaan di Bogor Bikin Koperasi, Selamatkan Warga dari Jeratan Rentenir - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Minggu, 2 Januari 2022 05:27 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Taman Bacaan di Bogor Bikin Koperasi, Selamatkan Warga dari Jeratan Rentenir

    Taman bacaan di Bogor bikin koperasi simpan pinjam, selamatkan warga dari jeratan rentenir. Gimana caranya?

    Dibaca : 617 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Tiap Sabtu pertama pada setiap bulan, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Lentera yang didirikan TBM Lentera Pustaka sejak April 2021 lalu adalah "hari pinjam" setelah seminggu sebelumnya si anggota mengajukan terlebih dulu. Karena begitu kesepakatannya.

     

    Dan sore ini (1/1/2022), ada 5 anggota peminjam yang sudah menerima uangnya. Masing-masing Rp. 500.000 dengan cicilan maksimal 4 bulan. Sementara anggota yang lain hanya setor iuran mingguan atau menyicil bayar pinjamannya. Menariknya di Koperasi Lentera, selalu ada "akad" sebelum uang pinjaman diberikan. Yaitu  menjawab 1) berapa pinjamnya?, 2) untuk apa pinjam uang?, dan 3) berapa kali bayarnya?. Setelah terjawab, baru uangnya diberikan sambil salaman dan foto. Tujuannya apa? Agar transparan dan melatih bijak menggunakan uang sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Literasi finansial kecil-kecilan tapi bermakna.

     

    Alhamdulillah, kini Koperasi Lentera sudah punya 31 anggota. Sebagai cara sederhana menjauhkan ibu-ibu dari jeratan rentenir atau utang berbunga tinggi. Semuanya berjalan lancar. Kini para anggota sudah terbebas dari rentenir (Bang Emok). Bahkan beberapa buka warung kecil-kecilan. Uang pinjaman koperasi dijadikan modal usaha di rumah. Mungkin ke depan, bila anggotanya sudah banyak. Insya Allah Koperasi Lentera akan jadi "kekuatan ekonomi warga" untuk buka usaha, atau memenuhi biaya mendesak yang diperlukan. Asal tidak terlibat utang yang mencekik. Dan tentu, petugas Koperasi Lentera tetap amanah dan melayani dengan baik anggotanya.

     

    Hari ini, baru hari pertama di tahun 2022. Tapi praktik baik di taman bacaan melalui Koperasi Lentera sudah dilakukan. Bisa kok, berbuat baik walau sederhana. Maka, jangan tunda untuk berbuat baik, di mana pun dan kapan pun. Ubah niat baik jadi aksi nyata. Itu sudah cukup.

     

    Karena sejatinya, satu ons praktik lebih baik daripada satu ton teori. Untuk membantu sesama, siapapun yang butuh dibantu atau dibimbing untuk lebih baik dari waktu ke waktu.. Caranya, jalani saja realitas bukan cari jalan pintas. Salam literasi #KoperasiLentera #TamanBacaan #PraktikBaik #TBMLenteraPustaka



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.