7 Fitur Twitter yang Belum Banyak Diketahui Orang - Hiburan - www.indonesiana.id
x

Nando Rifky

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2020

Rabu, 5 Januari 2022 07:29 WIB

  • Hiburan
  • Topik Utama
  • 7 Fitur Twitter yang Belum Banyak Diketahui Orang

    Deretan fitur Twitter yang jarang diketahui orang

    Dibaca : 414 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Twitter adalah salah satu media sosial yang paling terkenal saat ini. Twitter yang mulai berdiri di tahun 2006 ini berkompetisi melawan Facebook, Instagram, dan banyak media sosial lain. Bahkan sebelum instagram viral seperti saat ini, Twitter lebih dulu digunakan untuk berbagai kebutuhan netizen. Ada yang hanya menulisakan status mengenai keseharian kehidupan mereka atau ada juga yang menuliskan pendapat dan kritikan terhadapan pemerintah.

    Untuk tetap mempertahankan para penggunanya twitter selalu memperbarui dan merilis fitur-fitur barunya. Nah apa saja fitur-fitur twitter tersebut? Melansir Imaji, mari kita simak beberapa penjelasan dibawah mengenai apa saja fitur twitter yang bisa anda gunakan.

    1. Pesan Suara Via DM

    Twitter saat ini dikabarkan tengah menjajal fitur pesan suara via DM di berbagai negara. Fitur ini mempunyai tampilan yang simple serta memungkinkan pengguna buat mengirim pesan suara seperti halnya Voice Notes pada Whatsapp.

    Akan terdapat tombol play/pause tentunya, disamping tampilan yang akan menyatu dengan UI. Sementara itu, saat ini secara umum yang dikuasai pengguna twitter hanya mampu mengirim pesan teks, gambar dan GIF saja via DM.

    2. Aktivitas Anda di Twitter

    Penjelasan tentang fitur-fitur twitter yang selanjutnya merupakan tentang aktivitas yang ada di Twitter. Aktivits anda bisa diketahui dkmana nanti anda mampu tahu seberapa banyak orang yang tertarik pada postingan anda tersebut.

    Dengan adanya fitur ini, anda bisa mengetahui berapa jumlah dari impresi serta juga interaksi dan keterlibatan para pengguna. Anda juga bisa mengetahui berapa orang yang sudah mengklik terhadap gambar juga video yang anda upload. Berapa jumlah reetwet, share, dan lainnya juga mampu diketahui melalui fitur ini.

    Selain itu, anda juga bisa memahami kira-kira apa saja yang anda lakukan di twitter tadi dan berapa banyak tweet yang telah anda bagikan.

    3. Lists

    Salah satu alasan mengapa banyak orang yang sedikit “pelit” memfollow akun lain ialah karena mereka tak ingin twit-twitnya timbul terlalu banyak di berandanya. Mungkin buat teman dekat tidak masalah, namun buat orang lain yang kita tidak kenal terkadang malah menyebabkan rasa terganggu jika terlalu banyak postingan yang muncul.

    Tetapi sebenarnya twitter sudah mempunyai sebuah fitur yang bisa anda manfaatkann bila anda tidak ingin terlalu banyak postingan yang muncul. Fitur tersebut bernama LISTS yang nanti mampu anda gunakan buat membatasi siapa saja akun yang ingin anda lihat postingan atau twitnya.

    Menggunakan adanya lists, maka anda bisa langsung melihat twit yang dalam sekali postingan serta tak akan tertutupi oleh postingan yang lainnya. Meskipun begitu, anda juga masih mampu melihat twit dari orang lain tanpa perlu memfollow mereka. Anda bisa membuat grup sendiri tentang akun mana saja yang ingin anda lihat akunnya dan tidak ingin anda lihat.

    4. Kolase Foto

    Sekarang pada Twitter juga telah bisa mengunggah beberapa foto sebagai sebuah kolase. Anda hanya perlu klik “Add More” saat anda mengunggah gambar, maka kolase akan ditampilkan secara otomatis. Bila diklik, maka foto-foto tadi akan ditampilkan secara terpisah.

    5. Gambar Bergerak (GIF)

    Fitur selanjutnya adalah fitur gambar bergerak atau GIF. Fitur ini mampu terputar otomatis jika dijadikan menjadi pinned tweet atau tweet yang terletak paling atas pada timline twitter anda. selain mengunggah video, anda juga mampu mengunggah file menggunakan format GIF ini.

    Nah, agar bisa menampilkan GIF yang terputar secara otomatis di linimasa, maka anda perlu beberapa trik. Caranya cukup pin tweet GIF anda, maka gambar bergerak yang anda unggah akan terputar otomatis di linimasa followers anda

    6. Polling

    Fitur ini berguna bagi anda yang ingin melakukan riset atau survei tentang sesuatu. Fitur ini bisa anda manfaatkan saat anda ingin meminta pendapat atau saran dari orang-orang, baik yang berhubungan dengan diri anda sendiri atau orang lain. Di sini orang yang membuat postingan anda bisa mengetahui apa yang harus mereka pilih. Anda juga bisa mengetahui berapa banyak orang yang menjatuhkan pilihannya.

    7. Pencegah Misinformasi

    Fitur yang terakhir adalah fitur misinformasi yang merupakan fitur baru untuk mencegah misinformasi yang menjadi salah satu masalah di platfrom twitter. Fitur ini akan memperingatkan pengguna yang mencoba me-retwet tweet atau konten yang sudah ditandai dengan label peringatan bahwa berita yang terkandung pada konten itu tidak 100% benar.

    Twitter menyebut bahwa fitur ini membantu mereka mengurangi informasi salah yang menyesatkan sampai 19%. Ke depannya, twitter akan memberi peringatan serupa pada pengguna yang ingin menyukai tweet berisi kebohongan.

    Demikian tadi beberapa fitur twitter yang bisa kamu gunakan dan manfaatkan. Dan ingat tetap berhati hati dan tetap bijak dalam menggunakan sosial media. Semoga artikel ini bermnfaat bagi kamu yang ingin mengetahui fitur-fitur yang ditawarkan oleh twitter.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.