x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Kamis, 6 Januari 2022 07:56 WIB

Segudang Kebencian dan Prasangka di Langit Taman Bacaan

Ada segudang prasangka di langit taman bacaan dan pegiat literasi. Sekalipun perbuatan baik, aktivitas literasi tidak bebas dari kebencian. Apa saja?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Semua orang tahu aktivitas taman bacaan bersifat sosial. Pegiat literasi pun ikhlas berbuat demi tegaknya tradisi membaca. Tempat, waktu, tenaga dan pikiran dicurahkan. Hanya untuk menjaga taman bacaan tetap eksis dan mampu bertahan hidup di tengah gempuran era digital. Sekalipun perbuatan baik, taman bacaan tidak bebas dari prasangka buruk. Selalu ada saja orang-orang yang menuduh negative. Sebut saja, ada prasangka di langut taman bacaan.

 

Prasangka itu nyata terjadi di taman bacaan. Orang-orang yang berburuk sangka akibat membenarkan pikiran jahatnya. Terlalu mudah menilai orang lain hanya dari penglihatannya. Bahkan hanya mendengar dari perkataan orang lain. Maka berkibarlah prasangka buruk. Alih-alih menebar perbuatan baik justru mengobarkan omongan buruk.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Langit taman bacaan sama sekali tidak bebas dari prasangka. Itu wajar dan sah-sah saja. Karena siapapun tidak dapat mengontrol orang lain. Taman bacaan dan pegiat literasi hanya bisa mengendalikan dirinya sendiri. Realitas itu pula yang dialami Taman Bacaan Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Sejak berdiri tahun 2017 lalu, selalu saja dirundung prasangka buruk. Apalagi pendiri dan relawan yang mengabdi, seminggu sekali selalu datang dari Jakarta dan tempat lain yang tidak dekat dari taman bacaan. Secara rutin dilakukan tiap minggu. Hanya untuk menegakkan tradisi baca dan budaya literasi masyarakat.

 

Setelah melihat aktivitas taman bacaan yang selalu di-update ke media sosial. Tidak sedikit orang yang membangun prasangka-nya sendiri. Berpikir buruk lalu membuat tafsiran sendiri. Tentang taman bacaan, tentang pegiat literasi. Sekalipun tidak tahu banyak, beragam prasangka buruk pun hadir di langit taman bacaan.

 

Orang-orang jauh dari taman bacaan pun berprasangka. Seorang pegiat media sosial yang merasa tenar pun membatin “Huh, kegiatan sosial di taman bacaan kok dipamer-pamerin. Berbuatbaik kok dipamerin”.  Setelah itu, seorang profesional swasta pun membatin, “Mentang-mentang punya taman bacaan, update-nya cuma itu doang. Nggak ada yang lain, apa? Pencitraan kali ya”. Prasangka di taman bacaan pun belum usai, seorang berpendidikan jebolan kampus, “Ahh taman bacaan mah gak ada manfaatnya. Zaman udaghdigital masih baca buku, kuno itu, mah”. Akhirnya, seorang mahasiswa pun ikut berpikir dan membatin, “Mudah-mudahan nanti, kalua gue punya kegiatan sosial gak senorak dia. Baca buku aja digede-gedein”.

 

Prasangka di taman bacaan pun tidak berakhir di situ. Orang-orang sekitar taman bacaan yang tidak peduli dan membenci keberadaan taman bacaan pun mulai menebar fitnah, gibah. Seorang emak-emak membatin, “Mentang-mentang taman bacaan di rumahnya sendiri, sok banget tuh orang. Gue mah masa bodo sama aktivitasnya”. Seorang Bapak pun ikut membatin “Lah, taman bacaan itu mah banyak duitnya. Buat apa bantuin, gak ada uangnya?”

Lalu, seorang awam yang putus sekolah pun membatin, “Ah, anak gue mah gak bakal gue suruh ke taman bacaan, buat apa?” Dan akhirnya, seorang warga yang membenci taman bacaan pun membatin, “Gak tahu deh, ikhlas apa gak sih orang-orang di taman bacaan itu. Apa ada orang mau bantu orang lain di zaman begini”.

 

Begitulah segudang prasangka buruk di langit taman bacaan. Pegiat literasi dan relawan yang tulus pun dituduh begini begitu. Mereka yang berprasangka lupa.  Bahwa prasangka buruk tidak hanya merugikan orang lain tapi merugikan diri sendiri. Bila tidak bisa membantu atau berbuat baik, harusnya cukup diam atau tidak berprasangka. Mereka makin lupa, perbedaan antara orang baik dan orang jahat itu sederhana. Terletak di prasangkanya, baik atau buruk. Apalagi pegiat media sosial, sering gagal untuk bijak ber-media sosial. Untuk menebar kebaikan dan berpikir positif daripada menebar prasangka atas dasar kebencian dan ketidak-sukaan.

 

Menyikapi berbagai prasangka itu, Pendiri Taman Bacaan Lentera Pustaka pun hanya tersenyum. Sambil membatin kepada orang-orang yang penuh prasangka. Bahwa siapapun tidak akan mampu mengubah hati orang lain untuk berbaik sangka. Tapi taman bacaan bisa jadi tempat melatih diri untuk selalu berprasangka baik. Mereka yang berprasangka sama sekali tidak tahu. Bahwa di taman bacaan, ada ratusan anak-anak yang terancam putus sekolah dan karena membaca-lah mereka bisa diselamatkan agar tetap lanjut sekolah. Di taman bacaan, ada anak-anak difabel yang jai punya tempat sosialisasi diri sementera di tempat lain dikucikan. Ada pula anak-anak prasekolah yang punya tempat belajar calistung. Ibu-ibu yang kini terbebas dari jeratan rentenir dan utang berbunga tinggi karena ada koperasi simpan pinjam. Bahkan ada pula anak-anak yatim yang dibina dan dibeasiswai agar tetap sekolah, termasuk kaum jompo yang diberi santunan bulanan. Taman bacaan itu tempat baik, maka pasti diisi oleh orang-orang baik. Maka orang-orang jahat, pasti hanya bisa berprasangka buruk tentang taman bacaan. Sesederhana itu saja.

 

Maka pesan moralnya. Jangan berprasangka buruk terhadap apapun. Karena prasangka buruk itulah yang akan membuat orangnya menyesal di kemudian hari. Lihatlah sesuatu dan taman bacaan dari sisi baiknya sisi positifnya. Karena biasanya, orang yang berprasangka buruk itu hanya pembenci atau iri  akibat gagalnya mereka memperjuangkan mimpi-mimpi mereka.

 

Siapapun untuk apapun dalam hidup. Sibukkan diri dengan prasangka baik untuk memperbaiki diri. Selalu menebar kebaikan dan membantu sesama. Karena sanat sayang bila waktu dan usia tersisa digunakan untuk mencari keburukan orang lain dan menebar kebencian. Bila tidak bisa membantu taman bacaan, cukup diam dan jangan berprasangka buruk. Toh, pegiat literasi dan taman bacaan kan tidak meminta makan dari kamu.

 

Memang sih, hak semua orang untuk membenci. Hak semua orang pula untuk berprasangka buruk. Tapi jangan lupa, ada ula kewajiban adalah berpikir dan berbuat baik kepada semua orang. Agar seimbang dalam hidup. Dan taman bacaan dan pegiat literasi di manapun, tetap semanat ber-literasi. Tidak usah gubris siapapun yang berprasangka buruk di langit taman bacaan. Biarkan waktu yang akan membuktikan.

 

Khoirunnaas anfa'uhum linnas. Orang hebat itu bukan yang mewah menyilaukan di media sosial atau di dunia semata. Tapi mereka yang mampu dan berani menebar manfaat kepada banyak orang. Kurangi prasangka, perbanyak aski nyata. Maha benr firman Allah SWT yang menyebut tegad bahwa “sebagian besar prasangka itu dosa”. Salam literasi #TamanBacaan #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB