x

Iklan

Qinara Azra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Juli 2022

Senin, 11 Juli 2022 06:08 WIB

Hubungan antara Manajemen dan Kepemimpinan

Manajemen adalah bagian integral dari kepemimpinan. Dapat dikatakan bahwa manajemen tidak bisa dipisahkan dari kepemimpinan, dan sebaliknya. Dalam hubungan ini, berbicara tentang manajemen berarti berbicara tentang kepemimpinan, karena pada saat pemimpin melaksanakan upaya memimpin, ia memanejemeni. kepemimpinan adalah yang menentukan arah, sedangkan manajemen berusaha untuk mewujudkan agar arah tadi bisa tercapai. Manajemen lebih peduli kepada pemilihan metoda, cara-cara agar tujuan itu bisatercapai secara efektif.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tahukah kamu, jika setiap organisasi atau perusahaan membutuhkan sosok yang memahami pentingnya manajemen kepemimpinan?”.

Lantas, apa yang dimaksud dengan hubungan antara manajemen dan kepemimpinan ? Yuk, kita bahas lebih jauh lewat artikel berikut ini!

HUBUNGAN KEPEMIMPINAN DENGAN MANAJEMEN

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Banyak orang belum tahu tentang hubungan antara manajemen dan kepemimpinan, tentu saja manajemen memiliki hubungan dengan kepemimpinan karna salah satu bagian penting dari manajemen yaitu kepemimpinan .

Sering kali kepemimpinan dan manajemen disamakan pengertiannya, padahal jelas bahwa kepemimpinan berbeda dengan manajemen. Dalam manajemen, kepemimpinan merupakan salah satu bagian manajemen untuk mengarahkan semua anggota kelompok untuk mencapai tujuan organisasi, jadi manajemen selalu berhubungan Jadi manajemen selalu berkaitan dengan organisasi apapun bentuknya tidak hanya ada dalam lingkungan organisasi tetapi dapat muncul dan ada dimana saja dan kapan saja,

Manajemen adalah bagian integral dari kepemimpinan. Dapat dikatakan bahwa manajemen tidak bisa dipisahkan dari kepemimpinan, dan sebaliknya. Dalam hubungan ini, berbicara tentang manajemen berarti berbicara tentang kepemimpinan, karena pada saat pemimpin melaksanakan upaya memimpin, ia memanejemeni.

Tempat Manajemen Dalam Kepemimpinan

Manajemen seperti telah dibahas sebelumnya manajemen adalah fungsi umum kepemimpinan. Sebagai fungsi umum, manajemen menjelaskan mengenai aspek substansial dan praksis kepemimpinan, yang berhubungan dengan pelaksanaan kepemimpinan secara aktual. Ada tujuh aspek dalam manajemen yang berhubungan langsung dengan kepemimpinan secara praksis, yaitu antara lain:

  1. Manajemen seni bekerja sama
  2. Manajemen seni pemenuhan kebutuhan
  3. Manajemen seni penggalangan
  4. Manajemen seni mempengaruhi
  5. Manajemen seni menyampaikan pemerintah
  6. Manajemen seni membuat masa depan organisasi
  7. Manajemen seni mendayagunakan sumber sumber

dapatlah dikatakan bahwa kepemimpinan dalam hubungan ini mewadahkan manajemen, dan manajemen adalah pembuktian bagi aktualisasi pelaksanaan kepemimpinan, atau praksis kepemimpinan dari tujuh aspek seperti yang telah dibahas di atas. Dengan ini dapat dikatakan bahwa manajemen membutikan bahwa kepemimpinan sedang terlaksana, karena kepemimpinan hanya berjalan dengan adanya pelaksanaan manajemen

PENGERTIAN MANAJEMEN

Apa sih pengertian  manajemen ? Secara umum, manajemen dapat diartikan sebagai suatu seni dalam ilmu dan pengorganisasian seperti menyusun perencanaan, membangun organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta pengendalian atau pengawasan. Secara etimologis manajemen disebut juga seni untuk melaksanakan dan mengatur, kemudian secara ilmu manajemen sebagai ilmu yang mengajarkan proses untuk mendapatkan tujuan perusahaan.

FUNGSI MANAJEMEN

Seorang pemimpin yang baik tentu harus menguasai 4 fungsi tersebut agar penggunaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi bekerja secara maksimal untuk mendapatkan kinerja yang tinggi. Untuk tahu info lebih lanjut mengenai 4 fungsi manajemen simak artikel dibawah ini.

  1. Planning (Perencanaan)

Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Salah satu peran utama seorang manajer adalah membuat rencana, Dalam tahap ini juga seorang manajer mengalokasikan sumber daya karyawan dan mendelegasikan tanggung jawab, serta menetapkan jadwal dan standar penyelesaian yang realistis. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.

  1. Pengorganisasian (organizing)

Tujuan pengorganisasian yaitu membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Seiring dengan perencanaan, keterampilan organisasi manajer dapat membantu memastikan perusahaan berjalan dengan lancar.

  1. Pengarahan (leading)

Pengarahan merupakan suatu tindakan untuk mengusahakan supaya semua anggota kelompok berusaha agar dapat mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.  Kepemimpinan dan komunikasi yang kuat saat menetapkan tujuan. Kepemimpinan dapat dilihat dalam berbagai cara, termasuk mengetahui saat karyawan membutuhkan dorongan tambahan dan pujian untuk menangani konflik antara anggota tim secara adil dan tegas.

  1. Pengendalian (controlling)

Untuk memastikan semua fungsi di atas bekerja menuju keberhasilan perusahaan, manajer harus secara konsisten memantau kinerja karyawan, kualitas kerja, dan efisiensi proyek yang telah diselesaikan. kontrol kualitas dalam manajemen adalah tentang memastikan tujuan akhir bisnis terpenuhi secara memadai.

PENGERTIAN KEPEMIMPINAN

Apasih pengertian kepemimpinan ? kepemimpinan merupakan suatu proses yang dilakukan seseorang untuk mengarahkan,  memengaruhi perilaku serta cara kerja orang lain demi tercapainya tujuan. Selain itu, kepemimpinan yaitu kemampuan seseorang dalam posisi manajemen untuk memacu bawahannya agar mau bekerja dengan percaya diri. Demi mencapai semua itu, seorang individu dalam posisi manajemen kepemimpinan harus setidaknya memiliki serangkaian metode kepemimpinan agar dapat menjadi yang efektif. Tidak banyak pemimpin yang memiliki kemampuan metode kepemimpinan ini Oleh karena itu seringkali kami dalam berbagai kesempatan mendorong institusi formal agar memperhatikan ketrampilan seperti ini yang kami sebut dengan softskill atau personal skill.

FUNGSI KEPEMIMPINAN

Dari pengetian diatas, sangat jelas dikatakan bahwa kepemimpinan adalah fungsi manajemen yang erat keterkaitannya dengan pencapaian tujuan organisasi. Adapun fungsi kepemimpinan antara lain adalah:

  • Mengadakan revisi, perubahan, inovasi, pengembangan, dan penyempurnaan dalam organisasi
  • Menjaga koordinasi dan integrasi di dalam organisasi agar dapat berjalan dengan efektif
  • Memprakarsai struktur organisasi

Jadi, penting untuk kita memahami bahwa kepemimpinan merupakan bagian strategis dari manajemen yang efektif. Lalu dibawah ini kita akan membahas tentang pemimpin manajemen secara singkat

PEMIMPIN MANAJEMEN

Hubungan pemimpin dan manajemen dapat dilihat dari dua sudut pandang. Pertama, Dari perspektif posisi tugas, seorang pemimpin puncak (top leader) dapat disebut sebagai manajer puncak, atau manajer eksekutif (executive manager).

Nah, lengkap bukan penjelasan tentang manajemen kepemimpinan di atas? Jadi dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan adalah yang menentukan arah, sedangkan manajemen berusaha untuk mewujudkan agar arah tadi bisa tercapai. Manajemen lebih peduli kepada pemilihan metoda, cara-cara agar tujuan itu bisatercapai secara efektif. 

Manajer/Pemimpin disebut juga orang yang karena pengalaman, pengetahuan, dan keterampilannya diakui oleh organisasi untuk memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan dan mengembangkan kegiatan organisasi dalam rangka mencapai tujuan.Kemampuan intelektualnya yang tinggi, telah membentuk gaya kepemimpinan gagasan, organisasi hanyalah alat atau instrumen dari sebuah pemikiran yang dibahas bersama sama, dipahami, dan disepakati bersama sama.

Ikuti tulisan menarik Qinara Azra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler