x

Gerakan cuci tangan untuk hidup sehat

Iklan

syifa salsabil

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Oktober 2022

Senin, 31 Oktober 2022 07:27 WIB

PHBS, Langkah Awal Menuju Kesehatan Masyarakat


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PHBS merupakan perilaku hidup bersih dan sehat yang harus dilakukan atas kesadaran pribadi. Pentingnya PHBS didasari atas masyarakat yang masih tabu tentang kesehatan pada dirinya masing-masing. Kualitas kesehatan pada masyarakat akan terjamin jika melakukan PHBS dengan baik dan benar. Salah satu PHBS yang wajib dilakukan lalah mencuci tangan dengan sabun dan air bersih. Banyak masyarakat yang masih menyepelekan hal tersebut. Padahal, tangan yang tidak dicuci dengan benar akan menimbulkan suatu penyakit. Diantaranya adalah diare, infeksi saluran Pencernaan, cacingan, dan masih banyak lagi.

Negara kita sebenarnya sangat membutuhkan peran tenaga kesehatan untuk bersama-sama mewujudkan kualitas kesehatan yang baik. Terdapat PHBS yang dapat dilakukan selain mencuci tangan yaitu mengkonsumsi makanan yang bernilai gizi tinggi. Namun Sayangnya, hal ini masih Kurang pada realisasi di kehidupan masyarakat. Rendahnya tingkat ekonomí masyarakat menjadi salah satu faktor mengapa angka kesakitan yang disebabkan oleh gizi buruk dapat melonjak tinggi? Selain itu, kesehatan masyarakat juga dipengaruhi oleh lingkungan yang bersih. Kurangnya perawatan pada lingkungan dapat merusak ekosistem.

Ekosistem alam dapat rusak disebabkan oleh sampah. Hampir semua aktivitas manusia pasti menghasilkan limbah atau sampah. Pengertian sampah sendiri adalah sisa usaha, bak organik maupun anorganik, atau yang dianggap degradable atau tidak dapat terurai dan tidak dapat digunakan. Upaya PHBS yang dapat dilakukan ialah menerapkan prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Reuse seperti menggunakan kembali sampah plastik dan botol bekas, Reduce yaitu mengurangi penggunaan produk plastik dan mengganti dengan bahan yang ramah lingkungan dan terakhir ialah Recycle atau mendaur ulang sampah. Sampah masyarakat jika tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan penyakit serius pada seseorang. Keracunan dapat terjadi ketika seseorang menghirup aroma sampah yang dibuang sembarangan. Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut harus menerapkan PHBS dengan benar dan tidak lupa untuk menjaga kebersihan.

Ikuti tulisan menarik syifa salsabil lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler