Unik dan Nyaman, Ini 5 Tip Desain Kamar Gaya Vintage yang Bisa Anda Coba - Urban - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi kamar. Karya Nina Ksyaratskhelia dari Pixabay.com

Risal Faqih

RISAL, seorang blogger biasa yang aktif sejak 2009 dan kini bekerja sebagai SEO Specialist di https://interiordesign.id/
Bergabung Sejak: 11 November 2022

Jumat, 11 November 2022 13:12 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Unik dan Nyaman, Ini 5 Tip Desain Kamar Gaya Vintage yang Bisa Anda Coba

    Gaya vintage bisa dibilang sangat identik dengan barang-barang antik, lawas dan penuh makna. Gaya ini juga dapat mencerminkan kepribadian si pemilik kamar. Dengan mengaplikasikan gaya vintage, maka kamar akan memiliki kesan unik dan pastinya menarik

    Dibaca : 1.167 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Untuk sebagian orang, kamar merupakan tempat paling nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas seperti bekerja atau belajar. Oleh karena itu, desain kamar tidur juga harus dibuat sebagus mungkin supaya bisa membuat pemiliknya betah. Salah satu yang paling diminati ialah desain kamar gaya vintage.

    Gaya vintage bisa dibilang sangat identik dengan barang-barang antik, lawas dan penuh makna. Gaya ini juga dapat mencerminkan kepribadian si pemilik kamar. Dengan mengaplikasikan gaya vintage, maka kamar akan memiliki kesan unik dan pastinya menarik.

    Tips Aplikasikan Gaya Vintage untuk Kamar Tidur

    Bila Anda tertarik untuk menggunakan vintage sebagai desain kamar, maka ada beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan. Apa saja tips tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini!

    1.    Perhatikan Pemilihan Warna dan Motif

    Pemilihan warna sangat penting, di mana untuk desain kamar gaya vintage biasanya sangat dominan dengan warna lembut seperti pastel dan sejenisnya. Anda bisa mengaplikasikan warna ini pada bagian dinding atau mungkin furniture yang ada di dalam kamar.
     
    Selain itu, penggunaan motif yang tepat juga dapat berpengaruh dalam membuat nuansa vintage semakin terasa. Contohnya Anda bisa menambahkan motif floral, dedaunan, atau abstrak pada bagian sofa, sprei, karpet hingga tirai.

    2.    Penggunaan Kelambu

    Jika kamar Anda masih memiliki ruang yang cukup untuk penggunaan kelambu, maka tak ada salahnya tips satu ini dicoba. Sebab, kelambu cukup erat dengan desain vintage yang mana dapat memberikan Anda kenyamanan saat tidur.

    Mencari kelambu yang sesuai dengan keinginan dan ukuran juga sangat mudah.
    Apalagi sekarang ini banyak jenis kelambu yang dijual di toko online sehingga Anda tak perlu repot mencari ke sana kemari.

    3.    Gunakan Barang-barang dengan Kesan Antik dan Unik

    Penggunaan barang-barang di dalam kamar juga bisa mempengaruhi apakah kamar Anda dapat terlihat vintage atau tidak. Salah satunya Anda bisa menambahkan dekorasi berupa bingkai foto atau cermin besar dengan ukiran yang unik.

    Namun, Anda juga bisa memanfaatkan pajangan seperti kamera atau radio lawas yang mudah didapatkan secara online. Sekarang ini mencari furniture atau pajangan antik sangat gampang dengan bantuan internet dan Anda tinggal membelinya saja.

    4.    Penambahan Unsur Kayu

    Unsur kayu juga tak bisa ditinggalkan jika Anda ingin mengadopsi desain kamar gaya vintage ini. Pasalnya, warna cokelat pada kayu terasa hangat dan terkesan lebih tua. Kebanyakan orang yang memilih desain vintage akan memakai hal-hal yang terbuat dari kayu seperti lantai, ranjang, meja serta kursi dan sebagainya.

    Namun, apabila kesulitan untuk melakukan renovasi dan menambahkan unsur kayu,
    Anda juga bisa mengakalinya dengan menambahkan karpet bermotif kayu pada bagian
     
    lantainya. Hal ini dilakukan agar kesan hangat dan lembut dari desain vintage tetap terasa.

    5.    Wallpaper Dinding dengan Warna Soft

    Mendesain kamar dengan gaya vintage dapat membuat tempat tidur Anda terkesan elegan dan klasik. Namun, untuk membuatnya semakin terasa klasik Anda bisa menambahkan wallpaper dengan warna yang soft. Seperti misalnya warna kuning gading atau cream yang amat direkomendasikan.

    Nantinya warna tersebut dapat menyatu dengan mudah bersama dengan furniture yang terbuat dari kayu. Selain itu, perhatikan untuk memilih wallpaper yang coraknya sederhana saja, contoh corak batik atau bisa juga corak abstrak yang membuat kamar semakin menarik.

    6.    Pengaturan Cahaya

    Penerangan juga memiliki peran yang sama pentingnya demi menciptakan kamar tidur bergaya vintage. Pasalnya, penerangan pada kamar dengan desain satu ini terkadang dibuat sangat minim atau redup sehingga menimbulkan kesan hangat dan elegan.

    Untuk membuat kesan penerangan yang redup Anda bisa membeli lampu meja atau lampu tidur, tapi jika Anda lebih suka lampu bohlam hal itupun bukan masalah. Untuk ukuran lampunya sendiri Anda bisa menyesuaikan karena ada banyak macam yang dijual di luar sana.

    Di atas adalah tips desain kamar gaya vintage yang bisa Anda coba aplikasikan. Selain kesan unik yang akan didapat, corak dan warna pada desain ini juga bisa memberikan Anda ketenangan serta kenyamanan. Semoga bermanfaat!

    Ikuti tulisan menarik Risal Faqih lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.



    Oleh: Mulia Zachrie

    Jumat, 13 Januari 2023 21:58 WIB

    Digital Marketing di Era 4.0

    Dibaca : 432 kali