x

Gambar oleh Matthias Fischer dari Pixabay

Iklan

Jerpis M.

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Agustus 2022

Minggu, 5 Maret 2023 14:54 WIB

Yang Tak Terkendali

Anugerah itu seperti tumbuh dan memiliki kehendaknya sendiri. Bahkan kehendak untuk menghancurkan asal muasalnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ada hal seram dalam cerita Siwa dan Bhasmasura. Ketika Siwa memberi anugerah kepada Bhasmasura berupa kemampuan untuk membakar jadi abu segala yang menyentuh kepalanya, sebagai hadiah pertapaan tobat Bhasmasura kepadanya. Bhasmasura balik menyerang Siwa. Bhasmasura dapat dikalahkan setelah Siwa meminta bantuan Wisnu yang bermanifestasi sebagai Mohini.
 
Siwa tak berdaya atas sesuatu yang telah ia buat. Seolah anugrah yang ia berikan itu lepas dan jadi liar. Anugerah itu seperti tumbuh dan memiliki kehendaknya sendiri. Bahkan kehendak untuk menghancurkan asal muasalnya.
 
Kecanggihan teknologi yang diciptakan, sebagai torehan sejarah pencapaian wujud pemikiran, demi kesejahteraan umat manusia di dunia, sekaligus dapat berubah menjadi malapetaka. Alat transportasi seperti kapal, pesawat, kereta, mobil, sepeda motor, dll, selain memberikan kemudahan kepada umat manusia, namun tidak sedikit pula menyumbang angka kematian pada umat manusia.
 
Apakah Siwa memikirkan hal ini sebelumnya, hingga ia dapat menyiapkan antisipasi? Atau ia tahu bahwa Wisnu dapat menolong segala kekeliruan yang muncul setelah keputusannya? Apakah seseorang yang menciptakan virus lalu menciptakan antivirusnya kemudian? Atau ia menciptakan keduanya—sebuah atom dan antiatomnya yang saling meniadakan—bersamaan?

Ikuti tulisan menarik Jerpis M. lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB