x

Iklan

Erfano

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Februari 2023

Senin, 13 Maret 2023 12:45 WIB

Jadi K-Popers, Kenapa Tidak?

Industri musik Kpop semakin berkembang di Indonesia. Banyak musisi asal Korea seperti BTS, NCT, Blackpink yang digemari tidak hanya di Indonesia namun juga dunia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Musik dalam Kehidupan

Sebagai pecinta musik, saya paling suka mendengarkan musik lokal dari Indonesia dan musik barat. Dari kecil, musik sudah diperkenalkan orangtua dari ragam genre mulai dari musik pop, musik rock, musik dangdut hingga musik campur sari. Khusus dangdut, dari kecil lagu dangdut sudah tidak asing di telinga. Puluhan penyanyi dangdut hingga kini masih saya hafal namanya. Ragamnya genre musik yang dihadirkan di rumah membuat saya begitu menyukai musik.

Beranjak remaja, musik barat dengan hadirnya saluran televisi MTV membuat saya menggandrungi lagu-lagu barat. Zaman itu lagu Britney Spears, Backstreet Boys, Nsync, Celine Dion, Westlife, Boyzone, Shania Twain, Alanis Morissette, Sheryl Crow tidak lagi asing di telinga. 

Kecintaan musik berlanjut hingga kuliah. Walaupun tidak terlalu mengikuti karena keterbatasan waktu dan materi, saya masih mengamati perkembangan musik Indonesia maupun musik barat meskipun hanya sekilas. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat sudah berpenghasilan alias bekerja, saya mengikuti semua musik yang ada. Saya makin menggilai musik dengan membeli dan mengoleksi album dan sesekali nonton konser. Tapi kecintaan akan musik bagi saya belum berlaku untuk K-Pop.

Musik K-Pop: dari Wonder Girls hingga Super Junior

Bicara soal Musik K-pop jujur nih ya saya sih tahu tapi masih belum mau tahu. Bagi saya musik K-pop yang kebanyakan girlband dan boyband agak gimana gitu, rasanya saya gengsi untuk mengakui kesukaan saya terkait musik K-pop. 

Sekitar tahun 2008-an musik K-Pop yang saya tahu adalah Wonder Girls, saat itu lagu Nobody viral di mana-mana, lagu maupun gerakan yang unik membuat saya diam diam mendengarkan dan menonton musik video dari Wonder Girls. 

Tahun 2009, saya juga diam-diam mendengarkan lagu Super Junior yang bertajuk Sorry Sorry. Lirik yang apik dengan tempo lagu yang upbeat bikin lagu Sorry Sorry ini membakar semangat. Ditambah lagi performance Super Junior yang atraktif membuat saya diam-diam mulai menyukai K-pop. Tahun 2011, saat Mr. Simple Super Junior rilis saya makin jatuh cinta dengan musik K-pop. Tapi belum berani mengatakan pada dunia kalau saya suka. Alasannya masih sama, masih gengsi mengakui itu semua. 

Tahun segitu internet dari Wifi Rumah belum sebanyak dan semurah sekarang. Untuk akses internet dan mendengarkan musik, saya biasanya mengandalkan wifi di tempat saya bekerja atau mengandalkan wifi dari café atau mall. 

BTS yang Menggebrak Dunia

Setelah era Mr. Simple Super Junior, saya mulai jarang mendengarkan musik K-pop. Ditambah lagi era musik lokal Indonesia yang dipenuhi girlband dan boyband yang konsepnya mirip dengan musik-musik K-pop bikin saya jadi enggan mengikuti perkembangan musik berkonsep girlband dan boyband. 

Hingga akhirnya saat BTS alias Bangtan Boys muncul, saya terkagum dengan sepak terjang mereka. Awalnya, saya kurang notice grup BTS ini, sampai akhirnya lagu Dynamite dirilis dan wara wiri di mana-mana, saya mulai melirik dan mengulik tentang BTS. 

Wifi Rumah yang mulai terpasang dengan IndiHome memudahkan saya dalam mengulik kiprah BTS termasuk awal debut mereka. IndiHome yang merupakan bagian dari Telkom Indonesia memiliki paket internet cepat dan stabil tentunya dengan harga terjangkau yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan internet untuk Wifi Rumah. 

Tahun 2020-an, saat BTS mulai mendunia setelah lagu Dynamite rilis berikutnya lagu Butter yang tidak kalah mendunia. Chart Billboard Hot 100 yang susah ditembus penyanyi dari Asia begitu mudah dijajaki BTS. Bahkan lagu Dynamite berhasil mencetak sejarah dengan menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100. Disusul lagu Life Goes On yang merupakan lagu berbahasa Korea yang nongkrong di posisi pertama Billboard Hot 100. Kerennya lagi, lagu Butter yang easy listening menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100 dalam kurun waktu 10 minggu. Hebat! 

Kehebatan BTS belumlah usai, kurun waktu tiga tahun berturut-turut yakni tahun 2021, 2022 dan tahun 2023. BTS berhasil menembus nominasi Grammy Awards untuk beberapa nominasi di antaranya pop duo/ group, best music video, dan album of the year. Meskipun belum satu pun piala Grammy Awards yang diperoleh BTS namun masuk nominasi bersama musisi barat adalah hal yang luar biasa kerennya. 

Adanya Wifi Rumah dari IndiHome membuat saya dengan mudah mengakses informasi perkembangan musik K-pop di Indonesia. Munculnya musisi musisi K-pop seperti Blackpink, EXO, Secret Number gampang diperoleh dengan internet cepat yang bisa diakses dengan mudah dari Wifi Rumah. Video yang beredar di youtube dan Tiktok membuat akses informasi tentang musisi K-pop begitu mudah didapatkan. 

Buat kalian yang enggak mau ketinggalan perkembangan musik K-pop di Indonesia, saatnya pasang Wifi Rumah dengan layanan internet Unlimited bersama keluarga dan dapatkan diskon 70% untuk biaya pemasangan baru dan pilihan paket internet mulai dari Rp. 200 ribuan/bulan. Dengan akses internet cepat dan stabil, ngikutin perkembangan musik K-pop nggak perlu jadi orang paling akhir yang tahu. 

Kalau ditanya apakah saya seorang K-pop ers? Saya pasti jawab iya, tanpa gengsi lagi tanpa worry lagi. 

Ikuti tulisan menarik Erfano lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler