x

Iklan

Malik Ibnu Zaman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Oktober 2022

Minggu, 9 April 2023 08:35 WIB

5 Jenis Lauk yang Cocok Dijadikan Menu Berbuka Puasa

Umumnya setelah menyantap takjil, dilanjutkan dengan Sholat Maghrib, baru kemudian menikmati makanan berat dalam hal ini nasi. Tentu tidak hanya makan nasi saja, karena bukan puasa mutih, tetapi juga disertai dengan lauk.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Umumnya setelah menyantap takjil, dilanjutkan dengan Sholat Maghrib, baru kemudian menikmati makanan berat dalam hal ini nasi. Tentu tidak hanya makan nasi saja, karena bukan puasa mutih, tetapi juga disertai dengan lauk.

Seringkali mereka yang memasak menu berbuka puasa sering bingung sendiri, berkaitan dengan lauk apa yang cocok dihidangkan untuk menu berbuka puasa. Maka dari itu pada artikel ini saya akan mengulas 5 jenis lauk yang cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa, dan ini merupakan menu yang simpel, tetapi nikmat.

1# Sayur Buncis Telur

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sayur buncis telur bahan utamanya adalah buncis, dan telur, bisa telur ayam, maupun telur bebek. Cara memasaknya dengan ditumis, bumbunya pun sederhana berupa potongan bawang merah bawang putih, garam, gula, dan penyedap rasa. Meskipun bumbunya terbilang sederhana tetapi rasanya lezat, apalagi kalau makannya dengan nasi hangat, beh juara nampolnya.

Langkah memasaknya pertama ceplok telur terlebih dahulu di wajan tanpa minyak, lalu diorak-arik. Kemudian masukan bawang merah, bawang putih, masukan buncis yang telah dicuci bersih. Selanjutnya berikan air secukupnya, berikutnya tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa. Jangan lupa diaduk agar merata, tutup dengan tutup wajan sampai airnya tersisa sedikit.

2# Gorengan Kempong

Kalau gorengan tempe, tahu, bakwan mungkin sudah biasa untuk dijadikan lauk buka puasa. Lain halnya dengan gorengan kempong, mungkin bagi sebagian orang terdengar asing. Gorengan kempong bahan bakunya adalah kempong, yaitu ampas tahu.

Salah seorang kerabat saya berjualan gorengan kempong, ketika bulan Ramadhan dagangannya ini laris manis, bahkan sampai ada yang memesannya itu sudah jauh-jauh hari. Kerabat saya ini pintar dalam mengolah kempong sehingga tidak bau, sehingga tidak mengherankan apabila laris manis.

Biasanya saya berbuka puasa tidak hanya kempong, tetapi juga sayur asem, sambal, ikan asin. Keempatnya itu bagi saya merupakan satu kesatuan, tidak bisa dipisahkan. Meskipun gorengan kempong begitu sederhana, tetapi kalau kata orang-orang termasuk saya itu sedap.

3# Terong

Lauk berikutnya yang cocok dijadikan sebagai lauk untuk berbuka adalah terong, terong ini bisa diolah menjadi berbagai macam lauk. Bisa dijadikan sambal terong, terong goreng, pecak terong, lalapan, dijadikan berkuah juga bisa, dan berbagai macam lainnya. Meskipun harganya lebih murah dibandingkan dengan ayam, tetapi rasanya bisa diadu dengan ayam. Terong juga merupakan makanan favorit dari Gus Dur loh.

Sewaktu saya puasa Ramadhan di pondok, lauk untuk berbukanya adalah sambal terong. Ada orang yang mengatakan bahwa terong ini bikin ngantuk, tetapi kalau menurut saya justru terong bikin nggak ngantuk. Cocok nih terong dijadikan sebagai lauk untuk menu berbuka puasa, supaya nggak ngantuk sholat tarawihnya.

4# Telur Dadar

Kemudian keempat lauk yang cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa adalah telur dadar. Bikinnya simpel banget, nggak memakan waktu lama, semua orang pasti bisa membuatnya. Karena simpelnya itu membuat telur dadar menjadi idola para anak kost ketika kantong menipis.

Kalau misalnya beberapa menit lagi waktu berbuka puasa, tetapi pembaca belum bikin lauk, karena sibuk mungkin. Maka tak perlu risau, telur dadar solusinya. Meskipun berbuka puasa dengan lauk sederhana, tetap terasa kok nikmatnya.

5# Ikan Asin

Berbicara lauk buka puasa kurang afdol rasanya jika tidak membicarakan ikan asin. Umumnya ikan asin digoreng, menjadi pendamping sayur asem, tak ketinggalan pula sambal cobek. Tetapi ikan asin ini juga bisa diolah menjadi balado, di bumbu kuning juga bisa.

Kata orang jaman dulu ikan asin adalah sumber energi bagi tubuh. Sehingga cocok dijadikan sebagai lauk untuk menu berbuka puasa, untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

Itulah 5 jenis lauk yang cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Selain lauk di atas, kira-kira lauk apalagi yang jadi favoritmu?

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Malik Ibnu Zaman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB