x

Iklan

Patihatul Mai Andjani dan Rahayu Ananda Putri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Juli 2023

Kamis, 6 Juli 2023 13:50 WIB

10 Jajanan yang Layak Kamu Coba di Kawasan Pendidikan Cikokol

Pada siang hari, kawasan yang terletak di Jalan Perintis ini berjejer lapak-lapak pedagang makanan. Namun ketika hari libur kawasan ini kembali sepi, hanya terdapat beberapa penjual saja.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kota Tangerang memiliki lahan yang dijadikan sebagai salah satu kawasan strategis, yaitu adalah Kawasan Pendidikan Cikokol. Di dalam kawasan pendidikan ini terdapat beberapa sekolah mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, hingga Perguruan Tinggi, dan di kawasan ini juga terdapat beberapa kantor.

Pada siang hari, kawasan yang terletak di Jalan Perintis ini terdapat lapak-lapak pedagang berjejer untuk menjual aneka makanan, baik di kios-kios maupun di sepanjang jalan. Namun ketika hari libur (libur nasional/libur semester) kawasan ini kembali sepi, hanya terdapat beberapa penjual saja.

Dari sekian banyak jajanan yang enak dan murah terdapat beberapa jajanan yang direkomendasikan untuk dicoba saat berkunjung ke Kawasan Pendidikan Cikokol. Jajanan ini menjadi hidangan yang tidak boleh dilewatkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berikut ini 10 jajanan enak yang wajib dicoba di kawasan kuliner di Kawasan Pendidikan Cikokol:

 

  1. Lumpia Basah

Lumpia basah metupakan salah satu jajanan khas dari kota bandung yang kini sudah menyebar ke banyak daerah. Jajanan ini terdiri dari kulit lumpia segar dengan adonan tepung kanji dan gula merah yang kemudian diberi isian. Isian tersebut berupa tumisan telur, touge, dan olahan bangkuang. Selain itu, dicampur dengan bumbu kencur dan bawang putih, serta sambal cabai yang jumlahnya dapat di sesuaikan.

Dijual seharga Rp. 10.000 untuk satu porsi, kamu sudah bisa mencicipi jajanan lezat satu ini. Letaknya di depan SMP Yuppentek 2 Tangerang. Jajanan yang satu ini salalu ramai oleh pembeli, jadi jika kalian mau beli harus sabar mengantri yah.

  1. Bakso Jono Mukti Mandiri

Kedai Bakso Jono Mukti Mandiri yang terletak di persimpangan jalan Perintis Kemerdekaan 2 tepatnya disamping Kantor BPJS Tangerang, bisa menjadi pilihan untuk makan siang.

Aroma yang memikat selera saat memasuki kedai Bakso tersebut dapat membuat perut kalian meronta-ronta. Dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 18.000 kalian sudah bisa menikmati semangkuk baso. Kalian juga bisa memesan menu lain seperti mie ayam, indomie baso, dan lainnya.

  1. Seblak Sehati

Seblak abang-abang gerobakan ini sangat terkenal di kalangan mahasiswa maupun siswa-siswa lainnya, Karena seblak ini memiliki rasa yang khas dengan rasa yang pedas, gurih, kencurnya terasa. Seblak ini memiliki banyak topping dan banyak menu lainnya, misalnya seblak mie yang di padukan dengan kerupuk, mie, bakso, sayuran dan tulang. Selain rasanya yang enak seblak ini juga memiliki harga yang sangat terjangkau dengan harga 10.000 sudah paket lengkap. Jadi buat kalian yang sedang main dikawasan pendidikan cikokol jagan lupa cobain seblak abang-abang gerobakan dijamin rasanya endul. Letaknya di dekat toko Yuppmart.

  1. Hodtang

Hodtang (Hotdoug kentang) merupakan salah satu street food yang populer dengan nama corndog. Hotdoug kentang merupakan perpaduan antara sosis dan kentang yang digoreng dengan lapisan tepung sehingga menghasilkan tekstur renyah. Sosis ditusuk  dengan sebilah bambu dan diberi mozarella. Jajanan satu ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 8000, kamu akan mendapatkan Hodtang Original Beef Small. Selain menu itu terdapat beberapa menu lainnya dengan harga yang berbeda. Letaknya di depan gerbang SMP Yuppentek 2 Tangerang.

  1. Cilok

Cemilan yang berasal dari Jawa Barat ini memiliki tekstur yang kenyal karena terbuat dari tepung kanji dan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap dan saus sambal. Cilok juga ada yang polos dan ada yang isinya telur. Harga cilok ini berbeda-beda sesuai yang kita inginkan bisa beli dengan harga Rp 5000 dan dengan harga segitu kita sudah bisa mendapatkan cilok yang banyak, tetapi jika kita ingin membeli satu porsi seharga Rp 10.000 bisa untuk dimakan ramai-ramai dengan teman kalian. Letaknya di antara gerbang SMP Yuppentek 2 Tangerang dan gerbang SMA Yuppentek 1.

  1. Telor Gulung

Telur gulung merupakan menu yang disukai banyak orang. Terlebih lagi jajan ini sering dijumpai di sekolah-sekolah.

Sesuai dengan namanya, telur ini digoreng di atas minyak panas dan banyak, kemudian digulung menggunakan tusuk sate.

Tidak hanya telur polos, biasanya makanan ini juga disajikan dengan saus sambal yang membuatnya menjadi lebih nikmat. Harga 1 tusuk telur gulung biasanya sekitar Rp. 1.000 - Rp. 2.000. Letaknya di dekat gerbang SMP Yuppentek 2 Tangerang.

  1. Otak-Otak Crispy

 

Otak-otak merupakan salah satu jajanan yang digemari oleh banyak orang. Otak-otak sering ditemukan di Palembang, Jakarta, Makassar dan kota lainnya. Jajanan ini umumnya dibuat dari tepung dan memiliki tekstur yang kenyal dan juga gurih. Otak otak juga sering dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti udang, ikan dan sebagainya.

Otak-otak basanya disajikan bersama dengan saus cabai ataupun cabai bubuk untuk menambah cita rasanya. Untuk satu porsinya seharga Rp. 5.000. Letaknya di depan gerbang SMP Yuppentek 2 Tangerang.

  1. Cireng Moncrot

Cireng moncrot ini berbeda dengan cireng pada umumnya, karena cireng ini memiliki bentuk yang besar dan dilapisi dengan tepung roti, cireng moncrot ini memiliki berbagai varian rasa yaitu tariyaki, rendang, bakso balado, sapi lada hitam, sosis mayo peda, kaju susu dan ayam asam manis. Cireng ini diluar terlihat sangat krispi dan jika digigit akan moncrot keluar isinya. Bisa dijual dengan harga Rp 5000. Letaknya di dekat gerbang Yuppmart.

  1. Jasuke

Jasuke adalah singkatan dari jagung susu keju. Jajanan ini berbahan dasar jagung manis rebus yang dipipil, lalu dicampur dengan susu, keju, mentega, dan topping rasa sesuai selera pada wadah plastik

Biasanya jasuke di jual di mall atau pusat-pusat keramaian, seperti alun-alun, pasar malam, atau supermarket. Jasuke banyak disukai karena rasanya yang manis bercampur gurih. Harga untuk satu porsinya sekitar Rp. 5.000 – Rp. 10.000

  1. Thai Tea Dunk-Dunk

Minuman ini memang sedang viral dikalangan kaum milenial, karena memiliki rasa yang nikmat, minuman ini dipadukan dengan susu, es batu dan berbagai macam topping.

Thai tea juga memiliki berbagai ukuran ada yang Large dan Medium, Large dan medium memiliki harga yang berbeda, Large dengan harga Rp 8000 (jika tidak memakai topping tetapi jika memakai topping bisa mencapai harga Rp 10.000 ), Medium dengan harga Rp 5000 (jika tidak memakai topping jika memakai topping mencapai harga Rp 7000). Dan toppingnya bisa sesuai dengan keinginan kita, jika toppingnya ingin boba saja boleh, tetapi jika kita ingin di mix dengan jelly juga boleh. Letaknya di pertigaan dekat gerbang SMP Yuppentek 2 Tangerang.

Ikuti tulisan menarik Patihatul Mai Andjani dan Rahayu Ananda Putri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

14 jam lalu

Terpopuler