x

Tim Dosen USU-UNIMED dengan perangkat Kelurahan Sidikalang

Iklan

Yudha Wijaya Lubis

Penulis
Bergabung Sejak: 3 September 2023

Senin, 4 September 2023 15:20 WIB

Dosen Universitas Sumatera Utara dan Unimed Kolaborasi Kembangkan Aplikasi Asaku di Kalurahan Sidikalang

Tim Dosen dari dua universitas negeri yang ada dikota Medan Universisitas Sumatera Utara dan UNIMED beserta mahasiswa melakukan kolaborasi dengan membantu Kelurahan Sidikalang dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tim Dosen dari dua universitas negeri yang ada dikota Medan Universisitas Sumatera Utara dan Unimed beserta mahasiswa melakukan kolaborasi dengan membantu Kelurahan Sidikalang dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat “Implementasi Aplikasi Satu Atap Kelurahan (Asaku) untuk mewujudkan good governance dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Keluruhan Sidikalang “.

Tim dosen yang diketuai oleh Fuzy Yustika Manik, S.Kom., M.Kom, beranggotakan Arif Qaedi Hutagalung SE , M.Si  dan Kana Saputra S, S.Pd., M.Kom membuat aplikasi untuk membantu Mewujudkan Good Governance dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Keluruhan Sidikalang. Dalam pelaksanaan pengembangan aplikasi satu atap kelurahan (ASAKU), tim dosen beserta mahasiswa langsung berkoordinasi dengan Bapak Lurah Kelurahan Sidikalang yaitu Bapak Fahjera S Anjas Ujung SH.

Pada hari jumat, tanggal 1 September 2023 di Kantor Kelurahan Sidikilanag diadakan pelatihan yang merupakan bagian dari program Pengabdian Masyarakat. Pelatihan bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan penggunaan aplikasi ASAKU. Pelatihan diikuti oleh Staff Kelurahan, Kepala Lingkungan dan Warga Masyarakat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ibu Fuzy Yustika selaku ketua tim menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari tridarma dosen yaitu melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu kegiatan ini juga mendukung program MBKM dan IKU perguruan tinggi. Secara keseluruhan IKU yang relevan, dalam kegiatan pengembangan dan penerapan aplikasi pengelolaan kelurahan ASAKU mendukung capaian IKU yaitu  IKU 2, IKU 3, dan IKU 5 sedangkan program MBKM yang relevan untuk kegiatan ini adalah: riset atau pengabdian membangun desa.

Pemerintahan lokal setingkat Kelurahan merupakan pondasi dasar pelayanan publik dan menjadi pintu gerbang untuk pengolahan administrasi hingga tingkat pemerintahan diatasnya. Sehingga pemerintah lokal setingkat kelurahan juga dituntut agar senantiasa meningkatkan pelayanan publik yang memuaskan dan baik. Oleh karena itu dikembangkanlah aplikasi satu atap kelurahan (ASAKU). Tujuan utama kegiatan adalah pelaksanaan dan penerapan ASAKU agar lembaga pemerintah lokal setingkat kelurahan mampu menyediakan pelayanan publik yang lebih baik (efektif dan efisien) dengan memberikan kemudahan bagi masyarakat sehingga dapat untuk mewujudkan good governance.

Lurah kelurahan sidikalang merasa sangat senang sekali atas solusi produk teknologi yang diberikan oleh tim pengabdian Masyarakat. Kegiatan Pengabdian Masyarakat Skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat ini didukung dan didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di tahun 2023 ini juga mendapat respon positif dari Staff Kelurahan, Kepala Lingkungan dan Warga Masyarakat. Mereka menyambut dengan antusias hadirnya aplikasi dan segera  ingin menggunakan aplikasi ASAKU yang telah dibuat. Mereka juga berharap tetap adanya pendampingan dalam masa percobaan penggunaan aplikasi. Dan jika memungkinkan adanya pengembangan fitur surat lainnya sesuai dengan kebutuhan kelurahan.

Ikuti tulisan menarik Yudha Wijaya Lubis lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler