x

Iklan

Achmad Hambali

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 September 2023

Kamis, 7 September 2023 08:30 WIB

Perilaku Curang yang Menjadi Bibit Awal Tindakan Korupsi

Korupsi adalah suatu bentuk ketidakjujuran atau tindak pidana yang dilakukan oleh seseorang atau suatu organisasi yang dipercayakan dalam suatu jabatan kekuasaan, untuk memperoleh keuntungan yang haram atau penyalahgunaan kekuasaan untuk keuntungan pribadi seseorang.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Korupsi adalah suatu bentuk ketidakjujuran atau tindak pidana yang dilakukan oleh seseorang atau suatu organisasi yang dipercayakan dalam suatu jabatan kekuasaan, untuk memperoleh keuntungan yang haram atau penyalahgunaan kekuasaan untuk keuntungan pribadi seseorang. Korupsi biasanya dilakukan oleh orang-orang yang terbiasa bertindak curang. Tindakan curang mungkin dianggap sepele tetapi jika itu menjadi kebiasaan,maka kita akan terbiasa curang. Tindakan curang yang kecil lama-kelamaan akan tidak terasa dan kita akan bertindak curang padahal yang lebih besar yaitu korupsi. Salah satu contoh korupsi di Indonesia yaitu proyek hambalang pada tahun 2011.

Banyaknya perilaku kecurangan yang menjerumus kedalam tindakan korupsi makin marak di Indonesia. Indonesia salah satu negara yang selalu dipantau korupsinya dalam skala rutin. Indeks Persepsi Korupsi Indonesia pada tahun 2022 berada di skor 34 dan berada di peringkat 110 dari 180 negara. Sebagian oknum yang melakukan tindak kecurangan hanya untuk memenuhi kebutuhan, keserakahan, kesempatan, dan tekanan. Dengan melakukan kecurangan apa yang mereka inginkan mungkin saja tercapai walaupun akan menjadi bibit awal korupsi.

Pada saat ini, korupsi tidak hanya terjadi pada orang dewasa. Tetapi, anak-anak pun sudah memiliki ciri-ciri tindakan korupsi dalam kehidupan sehari-hari yang secara sadar mereka lakukan. Mulai dari hal-hal kecil yang bisa disepelekan bisa menjadi hal yang besar. Seperti tidak disiplin, bermain curang, menyontek, dan lain lain. Mungkin, dengan alasan karena mereka masih anak kecil sehingga mereka diizinkan dan dimaklumi dalam melakukan perbuatan seperti itu. Maka dari itu anak-anak zaman sekarang mulai menyepelekan hukum-hukum pemerintah.

Korupsi dapat mencakup penyalahgunaan, contoh bentuk-bentuk penyalahgunaan korupsi seperti sumbangan untuk orang-orang yang terkena musibah. Banyak orang-orang memanfaatkan situasi tersebut untuk meminta sumbangan untuk diberikan pada orang yang membutuhkan. Namun, ada beberapa oknum yang tidak memberikan uang sumbangan tersebut kepada orang yang membutuhkan, tetapi uang tersebut dia gunakan untuk dirinya sendiri.

Jadi perilaku korupsi dapat diawali dari perilaku curang. Perilaku curang masih banyak terjadi di sekitar kita. Kita harus mencegah tindakan korupsi dari mengurangi perilaku curang. Kurangi perilaku curang dimulai dari diri sendiri agar dapat menjadi lebih baik.

Ikuti tulisan menarik Achmad Hambali lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB