x

Iklan

Achmad Hambali

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 September 2023

Kamis, 7 September 2023 08:32 WIB

Menelusuri Bahaya Penggunaan Ponsel Secara Berlebihan

Ponsel sudah menjadi ketergantungan bagi setiap orang. Tidak jarang orang terus-terusan menggunakan ponsel seringkali kita sampai lupa waktu pada saat menggunakan ponsel dari bangun tidur hingga menjelang tidur kembali.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menelusuri Bahaya Penggunaan Ponsel Secara Berlebihan

 

Perkembangan teknologi saat ini berkembang sangat pesat dengan munculnya ponsel-ponsel canggih yang menawarkan berbagai fitur guna mempermudah kerja penggunanya. Saat ini ponsel banyak digunakan oleh kalangan umur dari orang dewasa, remaja bahkan anak-anak. Penggunaan ponsel secara berlebihan dapat menyebabkan dampak negatif.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Ponsel sudah menjadi ketergantungan bagi setiap orang. Tidak jarang orang terus-terusan menggunakan ponsel seringkali kita sampai lupa waktu pada saat menggunakan ponsel dari bangun tidur hingga menjelang tidur kembali. Banyak orang yang meletakkan ponselnya berdampingan di sebelahnya pada saat tidur. Tidur di dekat ponsel akan memberi radiasi yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Radiasi yang dipancarkan oleh ponsel dapat memengaruhi kesehatan tubuh kita, meskipun efeknya tidak kita rasakan seketika itu, tetapi jika menjadi kebiasaan selama bertahun-tahun dampak buruknya akan muncul.

 

Ponsel menghasilkan radiasi elektromagnetik dalam bentuk gelombang radiofrekuensi (RF) saat berkomunikasi dengan jaringan seluler. Meskipun penelitian masih terus berlangsung, beberapa studi telah menghubungkan paparan jangka panjang terhadap radiasi RF dengan risiko potensial terhadap kesehatan, termasuk peningkatan risiko tumor otak dan kanker lainnya.

 

Selain itu, postur tubuh yang tidak tepat saat menggunakan ponsel juga dapat berakibat buruk. Penggunaan hp secara berlebihan cenderung membuat terlalu banyak melihat ke bawah. Kebiasaan buruk ini dapat memicu ketegangan pada otot-otot mata yang pada akhirnya dapat mengakibatkan sakit kepala.

 

Menatap layar ponsel terlalu lama bisa menjadi salah satu pemicu kambuhnya sakit kepala. Hal ini dibuktikan dengan meneliti sebanyak 12.969 orang di Thailand, kemudian mengukur seberapa lama mereka menatap layar HP setiap harinya. Berdasarkan penelitian tersebut, para ahli menemukan fakta bahwa makin sering Anda main HP, maka makin besar risiko mengalami sakit kepala hingga 13,4 persen.

 

Ponsel adalah bentuk teknologi yang diciptakan untuk mempermudah komunikasi dengan orang lain seiring berkembangnya zaman. Oleh sebab itu ponsel harus digunakan dengan bijak dan sesuai kebutuhan. Fitur canggih ponsel yang ada harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Pengguna juga harus menghindari dampak negatif dari ponsel tersebut.

Ikuti tulisan menarik Achmad Hambali lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB