x

foto ini saya ambil pada saat jam 03.00 pada saat ramai para pengunjung

Iklan

Ahmad mizamul rikhil qulub Mizam

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 November 2023

Selasa, 7 November 2023 07:22 WIB

Peringatan Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi Solo Dibanjiri Jamaaah Berbagai Daerah

Masjid yang didirikan oleh Habib Alwi di Kota Solo, Jawa Tengah, mengambil nama yang sama dengan masjid di Hadramaut, yaitu Masjid Hadhramaut. Masjid ini menjadi salah satu pusat kegiatan keagamaan dan spiritual bagi umat Islam di kota tersebut.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Setiap tahun di Kota Solo, Jawa Tengah, terdapat sebuah perayaan penting bagi umat Islam di Indonesia yang dikenal sebagai haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsy atau haul Solo. Acara ini diadakan dari 1 November hingga 5 November 2023, dengan puncaknya pada 4 November 2023 pukul 09.00 WIB di kompleks Masjid Riyadh, Jalan Kapten Mulyadi, Solo. Pada tahun ini acara didatangi ribuan orang dari berbagai daerah,

Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi selama hidupnya menjadi pusat perhatian dan kekaguman. Ia mendapatkan tempat terhormat di hati banyak orang. Pada usia 68 tahun beliau menulis sebuah kitab maulid terkenal yang bernama Simtud Durar. Kitab maulid ini masih dibaca di Hadramaut, Indonesia, dan Afrika hingga kini. Beliau menyelesaikan penulisan kitab ini pada Kamis, 26 Shafar 1327, dan menyelesaikannya sepenuhnya pada 10 Rabiul Awal 1327 Hijriah.

Oleh karena itu, banyak orang dari berbagai wilayah di Indonesia turut memeriahkan perayaan haul Solo, sebuah acara keagamaan yang bersejarah di kota Solo. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Habib Alwi, anak dari Habib Ali, menjadi orang pertama yang mengadakan haul Solo.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Habib Alwi bin Ali diketahui bermigrasi ke Indonesia setelah kematian ayahnya. Pada awalnya, ia dan saudara-saudaranya tiba di Garut, Jawa Barat, lalu pindah ke Solo karena banyaknya pendatang dari Seiwun, Yaman, tempat asal mereka, yang menetap di sana.

Seiring brjalanya waktu habib Alwi mendirikan sebah masjid di kota Solo yang di beri nama sama dengan masjid yang ada di pada ayahnya  di hadratulmaut’

 

Ikuti tulisan menarik Ahmad mizamul rikhil qulub Mizam lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler