Dinosaurus

Minggu, 26 November 2023 10:02 WIB

Burung dan Dinosaurus adalah Reptil, Begini Penjelasannya

Diperkirakan ada 50 miliar burung yang terbang, berjalan, dan bahkan berenang di planet Bumi menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences. Empat spesies burung memiliki populasi lebih dari satu miliar ekor, yaitu burung pipit rumah, jalak Eropa, camar berparuh cincin, dan walet lumbung.

Diperkirakan ada 50 miliar burung yang terbang, berjalan, dan bahkan berenang di planet Bumi menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences. Jumlah tersebut dibagi menjadi sekitar 9.700 spesies. Empat spesies burung memiliki populasi lebih dari satu miliar ekor, yaitu burung pipit rumah, jalak Eropa, camar berparuh cincin, dan walet lumbung.

Tapi sebelum ada merpati, bebek, dan ayam hutan, dari mana asal muasal keluarga burung-burung tersebut? Ini rumit. Melansir dari laman USA Today, berikut ini semua yang perlu Anda ketahui tentang klasifikasi hewan burung dan evolusi.

Apakah burung adalah reptil?

Ya dan tidak: tergantung bagaimana Anda mengklasifikasikan hewan. Ada dua sistem klasifikasi utama - sistem Linnaean yang mengelompokkan organisme berdasarkan karakteristik dan sistem filogenetik, yang mengatur berdasarkan keturunan.

Baik burung maupun reptil adalah keturunan dari kelompok Reptilia, yang merupakan diapsid, atau hewan dengan dua bukaan di setiap sisi tengkorak. Jadi dari sudut pandang filogenetik, burung adalah reptil.

Namun berdasarkan sistem Linnaean, burung dan reptil termasuk dalam kelompok yang berbeda karena karakteristik fisiknya yang berbeda. Di sini, burung sendiri merupakan jenis hewan tersendiri. Burung didefinisikan sebagai vertebrata - hewan bertulang belakang - yang memiliki bulu dan sayap. Mereka tidak harus terbang untuk dianggap sebagai burung, tetapi mereka semua memiliki sayap.

Reptil adalah kelompok yang terpisah. Ada enam jenis hewan utama:

Mamalia: Vertebrata berdarah panas yang memiliki rambut

Burung: Vertebrata berdarah panas dengan bulu

Reptil: Vertebrata berdarah dingin dengan kulit kering bersisik atau bertulang

Amfibi: Vertebrata berdarah dingin tanpa sisik yang hidup di darat dan di air

Invertebrata: Hewan tanpa tulang punggung atau kerangka bertulang

Ikan: Vertebrata yang hidup di air dan bernapas menggunakan insang

Baik burung maupun reptil dapat menjadi ovipar, artinya bertelur. Semua burung adalah ovipar, tetapi beberapa reptil adalah vivipar, atau melahirkan anak.

Ada Dinosaurus unggas dan non-unggas. Jadi,  di manakah letak perbedaannya dalam klasifikasi hewan? Dinosaurus adalah reptil dan burung.

Burung-burung yang kita lihat terbang di langit atau bertengger di atap rumah saat ini sebenarnya adalah keturunan dari dinosaurus berkaki dua yang disebut theropoda. Menurut sebuah artikel di Scientific American, penemuan terbaru menunjukkan bahwa ciri-ciri seperti paruh, bentuk tengkorak yang kecil, dan paruh telah berevolusi jauh sebelum burung menjadi seperti yang kita kenal sekarang.

Lalu bagaimana dengan akar reptil Dinosaurus? Majalah Smithsonian menjelaskannya seperti ini: Semua burung adalah Dinosaurus, tapi tidak semua Dinosaurus adalah burung. Kelompok Dinosauria - Dinosaurus unggas dan non-unggas, dan akhirnya burung - adalah bagian dari silsilah keluarga reptil. Jadi ya, Dinosaurus adalah reptil. ***