x

Iklan

Jayana Seta

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 November 2023

Rabu, 29 November 2023 14:07 WIB

Menyegarkan Liburan di Air Terjun Coban Baung, Pasuruan

Indonesia memiliki sejumlah destinasi air terjun yang terkenal. Banyak pengunjung yang datang menikmati keindahan alam dan kesegaran yang ditawarkan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesia memiliki sejumlah destinasi air terjun yang terkenal. Banyak pengunjung yang datang menikmati keindahan alam dan kesegaran yang ditawarkan. Salah satu contohnya adalah Air Terjun Coban Baung di Pasuruan, tempat yang ideal untuk merilekskan diri dan menikmati udara segar, menjadikan akhir pekan lebih nyaman.

Apabila berada di sekitar wilayah Pasuruan, sebaiknya mengunjungi air terjun ini untuk menikmati panorama alam yang memukau. Terdapat berbagai spot menarik yang sayang untuk dilewatkan. Liburan di destinasi alam ini pastinya tidak akan membosankan, karena keindahannya mampu memikat setiap pengunjung.

Di sekitar air terjun, terhampar pemandangan alam yang asri dan menyejukkan, menciptakan suasana yang sangat mendukung untuk berbagai aktivitas seperti petualangan atau sekadar bersantai. Destinasi ini juga sangat cocok sebagai tempat liburan keluarga atau bersama teman-teman dengan keseruan yang dapat dinikmati bersama.

Keindahan yang Dimiliki Air Terjun Coban Baung

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelum mengunjungi tempat ini, penting untuk memahami daya tarik dari Air Terjun Coban Baung agar merasa yakin untuk berkunjung. Mengetahui apa yang perlu dilihat dan dilakukan setelah tiba di destinasi ini merupakan langkah penting. Berikut beberapa poin daya tarik yang sebaiknya diperhatikan:

Pesona Alam Nan Alami

Coban Baung terletak di kawasan Taman Wisata Alam (TWA), menandakan bahwa tempat ini mempertahankan suasana alam yang terjaga dan asri. Air Terjun Coban Baung menawarkan keindahan dengan suasana sejuk, dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menciptakan pemandangan yang memukau.

Suasana segar di sekitar air terjun menciptakan kesempatan bagi pengunjung untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam yang diberikan oleh Tuhan. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa berenang tidak diperbolehkan karena kedalamannya yang cukup signifikan dan berpotensi membawa risiko bahaya.

Cerita Mistis dari Penduduk Setempat

Selain keindahan alamnya, Air Terjun ini juga terkenal dengan cerita mistis yang menarik perhatian wisatawan. Cerita ini terkait dengan Gunung Baung yang berdekatan dengan kawasan Coban Baung. Menurut mitos yang beredar, terdapat seorang putri yang melakukan tapa di goa di belakang air terjun, menambah daya tarik mistis dari tempat ini.

Jika seorang laki-laki mandi di air terjun ini dan putri tersebut tertarik, katanya dia akan menghilang. Mitos ini sering dikaitkan dengan kejadian tenggelamnya atau hilangnya wisatawan yang berenang di air terjun. Meski begitu, banyak orang tetap tertarik untuk mengunjungi tempat ini, meskipun mengetahui cerita mistis yang berkembang.

Alamat dan Rute Menuju Air Terjun

Meskipun relatif baru dikenal, Air Terjun Coban Baung telah menjadi salah satu objek wisata yang cukup populer. Akses ke tempat ini tergolong mudah, dengan pilihan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Alamatnya terletak di Area Sawah/Kebun Kec. Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur.

Untuk mendapatkan rute terbaik, dapat menggunakan Google Maps yang akan memberikan bantuan navigasi. Umumnya, perjalanan menuju tempat ini tidak memerlukan waktu lama karena akses jalannya mudah dijangkau.

Apabila berangkat dari Malang, rute menuju Probolinggo memerlukan waktu sekitar 2 jam. Sementara dari Surabaya, dapat melewati Pandaan dalam waktu sekitar 3 jam. Setelah mencapai Pasuruan, perjalanan dapat dilanjutkan menuju Kebun Raya Purwodadi, karena Air Terjun Coban Baung berada dekat dengan daerah tersebut.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang memperlihatkan keindahan alam yang luar biasa, dan salah satunya adalah Air Terjun Coban Baung di Jawa Timur. Tempat rekreasi ini cukup terkenal karena menawarkan pemandangan alam yang menarik dan tiket masuk yang terjangkau.

Tidak mengherankan jika wisata murah ini menjadi destinasi favorit wisatawan, terutama di hari libur atau akhir pekan. Tempat ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Untuk harga tiket masuk, setiap orang hanya perlu membayar Rp5000, ditambah biaya parkir sesuai ketentuan.

Perlu dicatat bahwa harga tersebut dapat mengalami perubahan sesuai kebijakan yang ditetapkan oleh pihak pengelola. Waktunya, tempat ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Saatin berkunjung ke Air Terjun Coban Baung, disarankan untuk menikmati berbagai kegiatan menarik di dalamnya. Beberapa opsi kegiatan yang dapat dinikmati oleh pengunjung meliputi:

1. Rafting

Meskipun berenang tidak diperbolehkan di air terjun ini, pengunjung dapat menikmati aktivitas menarik lainnya, seperti rafting di sekitar aliran sungai air terjun. Rafting, kegiatan berlayar menggunakan perahu karet, memberikan tambahan keseruan petualangan di Coban Baung. Para peserta akan naik perahu untuk menyusuri aliran sungai.

Aktivitas ini sangat cocok bagi mereka yang mencari sensasi adrenalin. Di sepanjang sungai, peserta akan dihadapkan pada beberapa rintangan batuan yang menambah tingkat kegembiraan dan kegugupan.

2. Berkemah di Area Air Terjun Coban Baung

Jika Anda bersama keluarga atau teman-teman, berkemah di Coban Baung bisa menjadi opsi terbaik untuk menikmati pemandangan alam dalam suasana yang tenang dan menyenangkan. Selama malam, suara deburan air terjun akan menambahkan ketenangan dan menciptakan pengalaman yang tak terlupakan.

3. Potret Foto

Pengalaman terakhir yang dapat dinikmati saat berkunjung adalah berburu foto estetik di destinasi populer ini. Kegiatan ini sangat sesuai bagi para pecinta fotografi, yang dapat mengabadikan keindahan dari berbagai sudut. Coban Baung juga merupakan lokasi ideal untuk merakam momen-momen indah dan berbagi hasil foto di media sosial.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Meskipun merupakan destinasi wisata alam, para wisatawan tidak perlu khawatir mengenai fasilitas. Air Terjun Coban Baung dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang untuk memastikan pengalaman liburan yang menyenangkan. Selain menawarkan panorama alam yang menakjubkan, tersedia pula fasilitas lain yang dapat dinikmati.

Beberapa fasilitas yang tersedia meliputi area parkir, warung, spot foto yang instagramable, toilet umum, tempat berkemah, hingga area duduk untuk menikmati pemandangan sekitar. Keberadaan beragam fasilitas ini tentu akan memberikan dukungan optimal bagi aktivitas para pengunjung di tempat ini.

Seperti yang dilansir judi online Air Terjun Coban Baung adalah destinasi air yang menyenangkan dan layak dikunjungi di sekitar Pasuruan. Kejernihan airnya dan pemandangan indah air terjunnya memberikan kesegaran bagi mata. Selain itu, wisatawan juga dapat mengeksplorasi sekitar tempat ini dan menikmati berbagai aktivitas seru untuk mengisi liburan.

Ikuti tulisan menarik Jayana Seta lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu