“Tim yang sukses adalah kumpulan yang terdiri dari banyak tangan namun satu pikiran.” - Bill Betel
Pasti teman-teman pernah dong membuat sebuah kelompok atau tim entah itu di sekolah, di kuliah, atau di tempat kerja? Tentunya kita ingin melakukan dan menyelesaikan tugas atau pekerjaan bersama tim kita dengan hasil yang baik dan semaksimal mungkin, namun bagaimana caranya apabila kita memimpin sebuah tim, tentunya tidak mudah untuk dapat mengatur serta mengendalikan sebuah tim, tapi teman-teman sudah tahu belum apa saja skill yang perlu kita punya dalam memimpin kerja sama tim untuk mencapai tujuan bersama? Berikut tigaa skill yang penting dalam manajemen tim. Mari kita pelajari sama-sama yuk teman-teman!
- Komunikasi
Komunikasi yang efektif sangat diperlukan dalam sebuah tim, mengapa? Karena komunikasi yang baik dan jelas merupakan kunci dari kesuksesan kerja sama tim, apalagi sebagai pemimpin sebuah tim sangat perlu untuk dapat membangun komunikasi yang baik antar rekan satu tim. Menurut Knutson, et al., dalam Hasan Nurrohim & Lina Anatan (2009), bentuk komunikasi tertinggi yaitu komunikasi empatik yang memiliki makna melakukan komunikasi untuk mengerti dan memahami dari maksud pesan yang disampaikan oleh orang lain. Dengan begitu, kita harus dapat melatih cara berkomunikasi yang berkualitas di mana kita dapat memahami sudut pandang yang diberikan oleh rekan satu tim kita.
- Kecerdasan Emosional
Seperti yang kita ketahui untuk mengontrol emosi tidaklah mudah, apalagi dalam sebuah tim di mana kita juga harus bisa untuk mengontrol emosi dalam diri kita sendiri serta memahami emosi dari rekan satu tim. Dalam kecerdasan emosional kita dituntut untuk dapat mengendalikan diri kita agar tidak mengeluarkan emosi yang dapat menghambat kerja sama tim. Menurut Daniel Golemen dalam Yuli Wiliandari (2013), kecerdasan emosional adalah kemampuan mengenali perasaan diri kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain. Dapat dilihat dari pengertian tersebut bahwasanya kecerdasan emosional merupakan kemampuan dalam mengelola emosi terhadap diri sendiri maupun orang lain.
- Tanggung Jawab
Dalam menciptakan kerja sama tim yang efektif, sebagai pemimpin ataupun anggota harus memiliki tanggung jawab terhadap tujuan bersama agar tugas atau pekerjaan dapat terselesaikan dengan semaksimal mungkin. Menurut Susanti, et al., dalam Farhan Elang Ibrahim, et al., (2021), kerjasama tim adalah sistem perpaduan kerja suatu kelompok yang didukung oleh berbagai keahlian dengan kejelasan tujuan, dan juga didukung oleh kepemimpinan dan komunikasi untuk menghasilkan kinerja yang lebih tinggi daripada kinerja individu. Dengan begitu, tanggung jawab menjadi suatu hal yang penting dalam kerja sama tim karena dengan adanya rasa tanggung jawab pada setiap individu, mereka akan sadar bahwa tugas atau pekerjaan harus selesai dengan baik agar tim dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Demikian, pembahasan mengenai tiga skill penting dalam manajemen sebuah tim yang efektif, dapat kita pahami bersama ya teman-teman, dari ketiga skill tersebut dapat kita terapkan dalam sebuah tim dengan harapan dapat memudahkan dalam kelancaran meraih tujuan bersama. Maka dari itu mari kita latih serta terapkan bersama-sama ya teman-teman!
Ikuti tulisan menarik Neta Mulida lainnya di sini.