x

Iklan

SITI SAROH

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 April 2022

Sabtu, 10 Februari 2024 19:23 WIB

Mahasiswa Untirta KKM 44 Sukses Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Tangerang

Dalam sebuah langkah berkomitmen terhadap pembangunan sosial, mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) berhasil menggelar Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Desa Sukasari, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam sebuah langkah berkomitmen terhadap pembangunan sosial, mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) berhasil menggelar Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Desa Sukasari, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang. Kegiatan KKM ini, yang berlangsung selama satu bulan sejak tanggal 11 Januari hingga 11 Februari, melibatkan total 17 anggota mahasiswa.

Berbagai pihak turut serta dalam kesuksesan KKM 44 di Desa Sukasari, berkat kerjasama erat yang dibangun dengan pihak terkait dan stakeholder masyarakat. Kemitraan yang terjalin meliputi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Banten, Puskesmas Rajeg, PMI Kabupaten Tangerang, Koramil Rajeg, Tax Center Untirta, serta beberapa sekolah di Desa Sukasari. Dengan dukungan dari para mitra ini, KKM 44 dapat melaksanakan berbagai program pemberdayaan dan pembangunan sosial di Desa Sukasari.

Di antara program-program yang berhasil dilaksanakan adalah:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Program Keluarga Berencana:

Melalui kerjasama dengan BKKBN Banten, mahasiswa memberikan pemahaman dan sosialisasi mengenai pentingnya keluarga berencana kepada masyarakat Desa Sukasari.
  
2. Sosialisasi Stunting:

Bersama Puskesmas Rajeg, program ini difokuskan pada edukasi MPASI untuk mencegah stunting melalui pemahaman tentang pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu yang sehat dan bergizi.
  
3. Seminar di SMP:

Mahasiswa menyelenggarakan seminar tentang penyuluhan ancaman bersama Koramil Rajeg dengan tema "Bersatu Melawan Ancaman" untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap ancaman dan tantangan.
  
4. Kontribusi dalam Pendidikan Dasar:

Melalui kegiatan mengajar di SDN 1 Sukasari dan SDN 3 Sukasari, mahasiswa membantu meningkatkan mutu pendidikan di tingkat dasar.
  
5. Sosialisasi Menuju PTN dan CV:

Di SMA Harapan Bangsa, mahasiswa memberikan informasi dan bimbingan kepada siswa tentang proses seleksi masuk PTN dan pembuatan CV untuk pengembangan karir.
  
6. Kegiatan Pemeriksaan Gratis dan Donor Darah:

Bersama PMI Kabupaten Tangerang, mahasiswa menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah untuk membantu memenuhi kebutuhan darah di wilayah tersebut.

Respons positif dari masyarakat menandai keberhasilan program-program KKM yang dilaksanakan oleh mahasiswa Untirta di Desa Sukasari. Hal ini menunjukkan komitmen mereka dalam berkontribusi langsung untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat setempat. Ketua KKM 44 Untirta, Uga Ramita Sulistyo, menyatakan harapannya bahwa kegiatan ini dapat membantu Desa Sukasari mencegah beberapa masalah, terutama stunting, serta membantu mengembangkan sumber daya manusia di wilayah tersebut. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi para mahasiswa untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan mengasah kemampuan dalam memecahkan masalah.

Ikuti tulisan menarik SITI SAROH lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu