x

Iklan

Junaedi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 April 2024

Kamis, 4 April 2024 08:09 WIB

Lebaran Sebentar Lagi; Sudah Siapkah Anda?

Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat Islam yang telah ditunggu-tunggu selama sebulan penuh. Saat ini semua masyarakat sedang berbahagia dengan berteman dengan rekan kerja, saudara dan tetangga.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat Islam yang telah ditunggu-tunggu selama sebulan penuh. Saat ini semua masyarakat sedang berbahagia dengan berteman dengan rekan kerja, saudara dan tetangga. Karena ini adalah hari yang spesial, semua umat muslim menunggu hari ini tiba. 

Mulai dari baju baru, rumah bersih yang siap menerima tamu, hingga menyajikan beragam makanan lezat. Segala sesuatu yang Anda lakukan di hari raya Idul Fitri dibuat sebaik mungkin agar berkesan bagi diri sendiri dan orang lain. Agar momen Idul Fitri semakin berkesan dan tak terlupakan, maka ada beberapa Hal Yang Harus Dilakukan oleh Anda. Penasaran apa saja hal yang tidak boleh dilewatkan saat lebaran? Berikut ulasannya.

Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Lebaran

Membaca Takbir Di Malam Lebaran

Takbir merupakan salah satu hal yang paling ditunggu saat hari raya Idul Fitri. Jika ingin merasakan momen Idul Fitri yang berkesan, maka pembacaan takbir di malam Idul Fitri tidak boleh dilupakan. Takbir biasanya diucapkan pada malam Idul Fitri setelah shalat Isya hingga pagi hari sebelum dimulainya shalat Id.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Takbir menjelang Idul Fitri bisa Anda dengarkan dari beberapa media seperti televisi atau radio, selain itu juga dari masjid dekat rumah Anda. Tak perlu datang ke masjid, takbir bisa dilakukan dimana saja, termasuk di rumah. Anda tetap bisa mengapresiasi setiap kalimat takbir meski suara Anda tidak nyaring.

Mempersiapkan Penampilan Sebaik Mungkin

Sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri di masjid, maka Anda harus mempersiapkan diri dengan baik. Hal yang harus disiapkan yaitu pakaian atau penampilan Anda. Tampil sebaik-baiknya dengan menggunakan pakaian terbaik, aksesoris dan parfum wangi dll yang menunjang penampilan Anda.

Tak perlu memakai baju baru, Anda bisa memakai baju lama yang sudah disetrika rapi. Pakaian apa pun boleh dikenakan asalkan sopan dan terlihat pantas untuk dikenakan. Selain itu, kenakan pakaian yang Anda rasa nyaman. Jangan memaksakan diri untuk memakai sesuatu yang membuat tidak nyaman.

Melaksanakan Sholat Ied

Sholat ied memang merupakan sholat sunnah yang tidak wajib bagi umat islam dan muslimah. Namun momen Idul Fitri akan kurang terasa jika tidak menunaikan salat sunnah yang hanya dilaksanakan setahun sekali. Selain itu, saat salat Idul Fitri, Anda juga bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan tetangga.

Banyak orang yang mengatakan, saat berangkat dan pulang salat Id, ada baiknya jika mengambil jalan berbeda. Bahkan banyak yang menyebut ini sebagai amalan sunnah. Pasalnya, jika Anda menempuh jalan yang berbeda akan lebih banyak orang yang berpapasan dengan Anda sehingga Anda bisa memaafkan dan tetap bersilaturahmi di tengah jalan.

Memberi Hadiah

Memberi hadiah adalah tradisi lain yang selalu ada di hari raya Idul Fitri. Hadiah yang diberikan biasanya berupa uang dengan jumlah nominal yang bervariasi. Kebanyakan yang menerima bingkisan adalah anak-anak kecil yang masih bersekolah, sedangkan yang memberi bingkisan adalah mereka yang sudah bekerja. Kebahagiaan anak-anak yang menerima bingkisan tersebut menjadi kebahagiaan bagi orang dewasa yang memberikannya.

Selain itu, kado ini juga bisa menjadi salah satu hal yang mempererat hubungan antara anak yang mendapat kado dengan orang dewasa yang memberikannya. Meski begitu, momen kebersamaan antar keluarga besar yang sudah lama tidak berkumpul juga menjadi kado yang tak ternilai harganya di hari raya Idul Fitri.

Menikmati Makanan Lezat

Menyantap makanan lezat sudah menjadi tradisi yang tidak bisa ditinggalkan saat perayaan Idul Fitri. Di hari istimewa ini biasanya tersedia berbagai makanan lezat, baik makanan berat maupun makanan ringan. Makanan yang pasti hadir pada perayaan Idul Fitri adalah opor dan ketupat.

Meski terasa seperti opor dan ketupat di hari biasa, namun kebersamaan yang terjadi membuat opor dan ketupat terlihat berbeda sehingga sayang untuk dilewatkan. Lezatnya santapan yang disajikan juga bisa dinikmati saat berkunjung ke rekan, tetangga atau saudara, sehingga semakin berkesan. Usai menikmati santapan lezat, Anda patut mensyukuri limpahan rejeki yang didapat di hari raya Idul Fitri.

Mengunjungi Rumah Saudara

Hal terakhir yang wajib Anda lakukan saat lebaran agar momennya berkesan adalah bertamu ke rumah saudara, teman, atau tetangga. Kunjungi semua rumah dan berikan salam yang baik. Manfaatkan momen Idul Fitri untuk saling memaafkan atas segala kesalahan yang mungkin terjadi satu sama lain.

Selain sanak saudara yang berada dekat dengan rumah, lebaran juga menjadi momen yang tepat untuk mengunjungi rumah saudara yang berada jauh. Dengan begitu, tali silaturahmi tetap bisa terjalin dengan baik meski jarang bertemu karena rumah berjauhan.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan saat lebaran agar momen yang Anda dapatkan semakin berkesan. Jadikan Idul Fitri sebagai momen kembali ke alam dengan meminta maaf dan memaafkan. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda yang ingin mendapatkan momen terbaik di hari raya Idul Fitri.

Demikian ulasan artikel tentang Ini Dia Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Momen Lebaran Tiba seperti yang dilansir slot gacor hari ini. Semoga bermanfaat. 

Ikuti tulisan menarik Junaedi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler