x

Iklan

Heru Romdoni

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Juni 2024

Selasa, 11 Juni 2024 08:23 WIB

Tempat Bersejarah di Indonesia yang Layak Anda Ketahui dan Pelajari

Masih banyak Tempat Bersejarah Di Indonesia yang tak kalah menarik dengan destinasi wisata modern lainnya. Mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Indonesia bisa memberikan sensasi berbeda

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Masih banyak Tempat Bersejarah Di Indonesia yang tak kalah menarik dengan destinasi wisata modern lainnya. Mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Indonesia bisa memberikan sensasi berbeda, dan juga akan menambah pengetahuan kita.

Pasti seru rasanya bisa melihat langsung tempat-tempat tersebut, yang sebelumnya hanya bisa kita pelajari lewat buku pelajaran sejarah di sekolah. Lalu, dimana tempat-tempat bersejarah tersebut? Jika Anda penasaran, berikut beberapa tempat wisata terkenal dengan cerita sejarah yang bisa Anda simak.

Beberapa Tempat Bersejarah Di Indonesia

Museum Perjuangan

Museum Perjuangan ini terletak di daerah Bogor, Jawa Barat. Di museum ini Anda akan menemukan beberapa koleksi benda-benda bersejarah selama memperjuangkan memerdekakan Indonesia. Tujuan dibangunnya museum ini adalah sebagai tempat belajar nilai-nilai sejarah khususnya untuk kaum milenial.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Banyak sekali koleksi yang bisa kita temukan di sana, mulai dari senapan prajurit hasil jarahan penjajah, hingga uang logam era VOC. Nah, yang bikin merinding adalah benda-benda tersebut masih terdapat noda darah asli pemiliknya lho.

Kebun Raya Bogor

Siapa sangka Kebun Raya Bogor dulunya hanyalah sebuah halaman luas Istana Bogor? Prof Caspar George Carl Reinwardt adalah seorang ilmuwan Belanda yang diangkat menjadi Direktur Pertanian, Seni dan Pendidikan untuk Pulau Jawa. Ia tertarik meneliti kekayaan hayati flora Indonesia dan mengoleksinya di halaman Istana Bogor untuk kemudian diresmikan sebagai Kebun Raya.

Jika Anda berkunjung ke tempat bersejarah ini, maka Anda bisa berfoto dengan bunga bangkai terbesar di dunia! Anda tidak perlu khawatir jika cuaca panas, karena kebun raya ini dikelilingi pepohonan yang sangat rindang.

Istana Bogor

Siapa yang tidak tahu kalau tempat yang seperti telah disebutkan sebelumnya, tempat bersejarah di Bogor ini merupakan bagian dari Kebun Raya Bogor. Istana Bogor dibangun pada tahun 1745 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Baron Gustf Willem Van Imhof, dan kini menjadi kediaman resmi Presiden Indonesia.

Meski Anda hanya bisa mengunjungi istana dengan izin tertulis, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar istana dan menyapa rusa yang suka makan wortel.

Prasasti Balu Tulis

Prasasti ini merupakan sebuah batu raksasa yang berhuruf Sunda Kuno. Prasasti balu tulis ini merupakan salah satu bukti peninggalan dari Kerajaan Sunda Pajajaran. Sejarah prasasti ini berkisah tentang seorang raja yang membangun parit pertahanan di daerah Pakuan, Bogor. bahkan membangun benteng dari gunung dan jalan kerajaan lho! Lokasinya sangat sepi dan Anda juga bisa mengabadikan batu tulis ini.

Masjid Agung Banten

Tempat bersejarah di Indonesia selanjutnya yaitu Masjid Agung Banten. Letaknya di kawasan kota tua di bagian utara kota. Masjid ini dibangun oleh Sultan Maulana Hassanudin. Tak heran jika masjid ini menjadi salah satu masjid tertua di Indonesia. Salah satu bentuk bangunan yang menarik di sini yaitu menara masjid. Sementara itu, perpaduan arsitektur bangunannya memadukan gaya Cina, Arab, dan Belanda sehingga membuatnya terlihat unik.

Benteng Speelwijk

Benteng Speelwijk juga merupakan salah satu tempat bersejarah di Banten. Letak benteng speelwijk ini dekat dengan Masjid Agung Banten. Tempat bersejarah di Indonesia ini dibangun pada tahun 1585.

Dahulu benteng ini dibangun untuk melawan serangan masyarakat Banten yang tidak menyukai kehadiran Belanda, dan sebagai pos pengawasan yang menghadap ke Selat Sunda. Nama Speelwijk ini diambil dari Gubernur Hindia Belanda yang bernama Cornelis Janszoon Speelman.

Pura Besakih

Pura ini menjadi salah satu pura terbesar yang ada di daerah Bali. Lokasinya berada di Kecamatan Rendang Karangasem. Pura Besakih merupakan salah satu tempat bersejarah di Indonesia khususnya di kawasan Bali. Hal ini dibuktikan dengan peninggalan masa megalitikum seperti singgasana batu dan menhir. Jika Anda ingin mengunjungi tempat bersejarah di Bali ini, Anda diharuskan mengenakan kerudung dan sarung.

Museum Bali

Museum ini menjadi salah satu bangunan tertua yang ada di Bali. Secara resmi, museum ini didirikan pada tahun 1931. Lebih dari 10 ribu koleksi bisa Anda temukan di sini. Museum bali buka dari hari Minggu hingga Kamis, pada pukul 08.00 – 15.00 WITA. Dan untuk hari Jumat dibuka mulai dari pukul 08.00 – 12.30 WITA.

Monumen Perjuangan Rakyat

Tugu Perjuangan Rakyat atau sering disingkat Monpera, merupakan tugu peringatan untuk mengenang suatu peristiwa bersejarah di Balikpapan, Kalimantan Timur. Ini juga merupakan monumen pertama yang berbentuk pejuang Dayak. Patung tersebut terlihat seperti seseorang yang memegang bendera di depan kolam ikan pada tahun 1983.

Kemudian patung tersebut direnovasi menjadi patung perunggu dengan tiga sosok di dalam patung tersebut mendirikan tiang bendera. Monumen ini berdiri pada tahun 1995. Di monumen ini terdapat ruangan khusus yang dibuka untuk umum dan panggung terbuka untuk pertunjukan seni budaya atau kreativitas pemuda.

Saung Ranggon

Tempat bersejarah di bekasi ini merupakan tempat yang patut anda ketahui. Bangunan tradisional yang dibangun pada abad ke-16 ini terletak di Desa Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat. Saung Ranggon ini dibentuk oleh Pengeran Rangga. Selain menikmati arsitektur tradisional, tempat bernilai sejarah ini juga menawarkan hiburan berupa upacara adat, khususnya di bulan Maulid.

Makam Bung Karno

Berbicara tentang Blitar, hal pertama yang terlintas di benak kita adalah makam Bung Karno. Keberadaan makam ini mempunyai nilai tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Sebagai seorang proklamator, Bung Karno sungguh dicintai bangsa Indonesia. 

Terbukti saat meninggal dunia, banyak orang yang menyambutnya dan menemaninya hingga ke tempat peristirahatan terakhirnya. Tak heran jika makam Bung Karno sendiri menjadi objek wisata sejarah yang bernilai sangat tinggi. Boleh dikatakan, tempat makan Bung Karno tidak pernah sepi.

Demikian ulasan tentang Inilah Tempat Bersejarah Di Indonesia Yang Wajib Anda Ketahui Dan Pelajari seperti yang dilansir situs togel, Semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Heru Romdoni lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler