x

Iklan

Heru Romdoni

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Juni 2024

Selasa, 11 Juni 2024 06:07 WIB

Oleh-oleh Khas Sumatera Barat yang Layak Dicoba Wisatawan

Berkunjung ke Sumatera Barat, wisatawan pasti akan menikmati perjalanannya. Selain pemandangan alamnya yang menakjubkan, ternyata Sumatera Barat juga dikenal dengan kulinernya yang lezat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Berkunjung ke Sumatera Barat, wisatawan pasti akan menikmati perjalanannya. Selain pemandangan alamnya yang menakjubkan, ternyata Sumatera Barat juga dikenal dengan kulinernya yang lezat. 

Oleh-oleh ini sangat bervariasi, mulai dari oleh-oleh, barang unik, makanan, jajanan. Kami memberikan informasi dan rekomendasi oleh-oleh yang bisa didapatkan wisatawan ketika ingin berkunjung ke Sumatera Barat. Berikut beberapa rekomendasi Oleh-Oleh Khas Sumatera Barat yang bisa Anda bawa pulang setelah menikmati keindahan tanah Minangkabau. 

Deretan Oleh-Oleh Khas Sumatera Barat

Roti Randang

Biasanya rendang dimasak langsung dengan menggunakan bumbu. Makanan ini terbuat dari roti yang dicampur dengan daging rendang. Namun perpaduan kedua komponen ini justru melahirkan inovasi baru dan menciptakan keunikan tersendiri. Rasa dan aroma rendangnya masih kuat. Sehingga aroma rendang dengan rasa pedas gurih akan terasa pada gigitan pertama. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk menambah kelezatannya, di atas rotinya terdapat taburan daun oregano kering, daun bawang, dan keju mozzarella. Dengan porsi yang tidak terlalu besar, sepotong kue randang menjadi pilihan tepat untuk menu sarapan yang mengenyangkan. Apalagi harganya pun tidak terlalu mahal, satu buah roti ukuran sedang bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 6.000.

Kue Sapik

Kue Sapik menjadi makanan khas Sumatera Barat yang memiliki rasa gurih dan manis. Camilan lezat ini terbuat dari telur, santan, tepung beras, gula pasir, kayu manis, garam, dan margarin. Namun kenyataannya kedua makanan ini berbeda. Kedua makanan ini sering dijumpai pada perayaan Idul Fitri atau acara besar lainnya seperti arisan, pengajian, atau pernikahan. 

Pembuatannya memerlukan ketelitian dan kesabaran ekstra. Setelah semuanya selesai tercampur rata, maka Anda bisa tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah diolesi margarin. Kue Sapik bisa Anda jadikan oleh-oleh karena rasanya yang enak dan lezat. Sesampainya di rumah, oleh-oleh khas Sumatera Barat ini bisa Anda berikan kepada sanak saudara atau tetangga Anda.

Karak Kaliang

Karak Kaliang merupakan oleh-oleh khas Sumatera Barat yang hampir selalu dibawa oleh orang-orang yang pernah berangkat kesana. Selain rasanya yang renyah dan nikmat, jajanan khas Sumatera Barat ini mampu bertahan hingga berbulan-bulan. Kerupuk ini terbuat dari tepung upi dan bumbu alami seperti garam dan bawang putih. 

Sebenarnya karak kaliang banyak sekali terdapat di toko oleh-oleh khas Sumatera Barat. Namun jika ingin mendapatkan harga yang murah bisa datang langsung ke pabriknya. Harga jual karak kaliang ini bisa berkisar Rp 5.000 per bungkus.

Kerupuk Jangek

Kerupuk merupakan camilan yang paling cocok untuk menemani santapan apa pun. Untuk itu warga Minang mengeluarkan produk kerupuk yang berbahan dasar kulit sapi atau kerbau. Di Sumbar ada kerupuk jangek, jajanan ini juga menjadi oleh-oleh favorit dari Sumbar. 

Cara membuatnya cukup mudah, bahannya adalah kulit kerbau atau sapi, garam, minyak goreng dan panas matahari. Selanjutnya potong kecil-kecil dan taburi garam. Kemudian goreng dengan minyak yang panas. 

Bolu Batik Kukus

Untuk mengikuti perkembangan yang semakin maju, banyak orang yang menerapkan inovasi-inovasi baru. Dan salah satunya adalah bolu batik kukus khas sumatera barat ini. Kue ini diberi hiasan batik karena dapat menarik perhatian wisatawan. Terbukti terobosan baru ini mampu meningkatkan daya jual kepada wisatawan yang datang berkunjung ke Sumbar. 

Pembuatan motif batiknya sendiri juga tidak main-main. Tak hanya tampilannya yang istimewa, rasanya juga tak kalah nikmat. Jika anda ingin mendapatkan oleh-oleh kekinian khas Sumatera Barat ini, anda bisa membelinya di toko oleh-oleh makanan terdekat. Harga bolu batik kukus mulai dari Rp 45.000,- bisa juga lebih mahal tergantung tingkat kesulitan motif batik pada kuenya.

Rendang Telur Kering

Biasanya rendang terbuat dari daging, baik itu daging sapi, ayam atau daging lainnya. Masyarakat Minang sudah tidak asing lagi dengan olahan unik ini. Mungkin banyak orang yang kaget dan mengira rendang telur menampilkan rendang seperti bentuk telur. Namun itu semua salah besar karena rendang telur lebih mirip keripik renyah. Memang ada juga olahan telur dengan bumbu rendang. 

Keripik rendang telur terbuat dari tepung terigu, garam, gula pasir, daun salam, telur ayam, santan, daun jeruk, dan serai. Selain bumbu dapur tersebut, jajanan ini juga kaya akan rempah-rempah seperti kunyit, lengkuas, jahe, merica, ketumbar, bawang bombay, dan cabai. Keripik rendang telur khas Minang mempunyai rasa yang renyah, gurih dan pedas berkat hadirnya cabai dan merica. Keripik rendang telur kering dijual dengan harga Rp 65.000 per 1 kg. 

Karupuak Sanjai

Ada tiga varian rasa yang bisa Anda pilih, yaitu rasa original, gurih, dan yang paling favorit yaitu rasa balado. Karupuak asin terbuat dari garam, bawang putih, dan kunyit. Sedangkan karupuak balado terbuat dari bawang putih, bawang merah, garam, gula, dan yang terpenting cabai.

Faktanya, karupuak banyak terdapat hampir di semua toko oleh-oleh di Sumbar. Namun jika ingin mendapatkan harga yang murah bisa datang langsung ke tempat asalnya, di Jalan Sinjai. Silakan tawar langsung dengan produsennya, jika membeli dalam jumlah banyak pasti mendapat diskon.

Demikian ulasan artikel tentang oleh-oleh khas Sumatera seperti yang dilansir togel online, Semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Heru Romdoni lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler