x

Iklan

Jayanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Juni 2024

Minggu, 16 Juni 2024 09:00 WIB

VGA Laptop Rusak? Ini Dia Ciri-ciri dan Beberapa Penyebabnya

Bagaimana cara mengecek VGA di laptop rusak atau tidak? Apa ciri-ciri dan penyebabnya? dan jika rusak apakah bisa diperbaiki? Pertanyaan seperti ini akan sering muncul ketika laptop Anda mengalami gejala-gejala yang menandakan rusak.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bagaimana cara mengecek VGA di laptop rusak atau tidak? Apa ciri-ciri dan penyebabnya? dan jika rusak apakah bisa diperbaiki? Pertanyaan seperti ini akan sering muncul ketika laptop Anda mengalami gejala-gejala yang menandakan rusak. Salah satu gejalanya yaitu terkait dengan tampilan grafis muncul bergaris di layar monitor.

VGA merupakan salah satu komponen penting yang ada di dalam laptop. VGA ini berfungsi untuk mengolah grafis dan sebagai tampilan menarik pada layar monitor. Saat bermain game atau melakukan editing video, maka VGA ini memiliki peranan penting untuk menentukan kualitas rendering grafis yang dihasilkan. Nah disini kami akan membahas ciri-ciri dan penyebab VGA Laptop Rusak. 

Ciri-Ciri VGA Laptop Rusak

Tampilan Visual Menjadi Patah-Patah

Saat Anda sedang bermain game atau menonton film di laptop dan Anda melihat tampilannya tersendat-sendat tanpa alasan, bisa jadi VGA Anda sedang bermasalah. Hal ini disebabkan karena laptop dimainkan terlalu lama. Selain itu, penyebab kerusakan juga karena resolusi film diputar terlalu tinggi. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jika stuttering sangat sering terjadi bahkan saat menjalankan program ringan pun, bisa diduga ini adalah salah satu tanda VGA rusak, terutama pada laptop yang menggunakan VGA onboard.

Muncul Warna Aneh Di Layar

Selanjutnya ciri-ciri VGA laptop rusak yaitu muncul warna aneh pada layar laptop Anda. VGA yang bermasalah akan muncul pola yang aneh. Contoh pola anehnya yaitu melengkung, memanjang, melingkar, dan lain sebagainya. Sehingga pola tersebut tidak bisa hilang meski sudah di restart. Masalah seperti ini biasanya disebabkan oleh rusaknya chipset VGA laptop.

Layar Berkedip

Jika layar laptop anda berkedip-kedip baik hanya di sebagian layar saja atau seluruh layar, hal ini bisa disebabkan oleh dua hal, pertama kerusakan pada monitor atau kerusakan pada VGA.

Bunyi Kipas Yang Sangat Kencang

Kipas laptop memiliki fungsi yaitu untuk menjaga suhu tetap dingin. Hal tersebut agar laptop tidak mengalami panas berlebih. Jika Anda menghidupkan laptop terdengar suara kipas yang sangat keras, maka hal tersebut bisa disebabkan oleh komponen yang sangat panas. Jika masalah ini berasal dari VGA, maka hal ini menjadi salah satu tanda VGA sedang bermasalah.

Black Screen Dan Blue Screen

Ciri-ciri yang selanjutnya yaitu layar laptop menjadi hitam total yang disebabkan VGA mengalami kerusakan. Jika suara kipas laptop Anda terdengar masih normal, maka tampilan laptop Anda masih dalam keadaan baik-baik saja. Ada juga beberapa penyebab VGA rusak. Contoh penyebab VGA rusak yaitu mengalami sistem crash, freeze, dan blue screen. Blue screen terjadi karena disebabkan kerusakan pada salah satu komponen laptop.

Penyebab VGA Laptop Rusak

Kerusakan Mekanik

Penyebab utama rusaknya VGA pada laptop adalah rusaknya bagian fisik dari VGA itu sendiri, termasuk kipas yang rusak. Ini adalah bagian VGA yang terus bergerak dan berputar, karena sebab tertentu kipas bisa rusak atau berhenti berputar karena ada benda atau kotoran yang menghalanginya.

Tekanan yang berlebihan menyebabkan VGA menjadi rusak. Misalnya laptop yang dimasukkan ke dalam tas lalu terbentur benda lain bisa menyebabkan hal tersebut terjadi. Kerusakan pada port bisa disebabkan oleh pemasangan yang tidak tepat atau keausan karena terlalu lama digunakan.

Terlalu Panas

Overheating atau panas berlebih pada laptop merupakan musuh nomor satu yang paling sering mengancam berbagai komponen pada laptop, termasuk VGA. Laptop panas bisa terjadi karena melakukan pekerjaan berat. Contohnya seperti bermain game dalam waktu lama dan mengerjakan tugas setiap waktu. Salah satu dampak buruk dari overheating yaitu dapat menyebabkan melelehnya komponen fisik VGA. 

Terutama pada komponen solder bead, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan VGA tidak berfungsi, arus listrik terputus, dan lain sebagainya. Selain karena penggunaan yang ekstrim, panas berlebih juga bisa disebabkan oleh aktivitas overclocking yang tidak bijaksana, sistem pendingin yang buruk, atau karena debu dan kotoran yang tidak pernah dibersihkan.

Sirkuit Pendek Atau Korslet

Korslet bisa disebut dengan hubungan arus pendek. Hal ini bisa menjadi penyebab rusaknya VGA. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan VGA mengalami konslet. Contohnya seperti pemasangan yang tidak tepat, komponen meleleh karena panas, dan faktor lain yang dapat menyebabkan VGA rusak.

Arus Listrik Tidak Stabil

Arus listrik yang tidak stabil maka dapat menyebabkan kerusakan pada VGA laptop. Selain itu, penyebab VGA rusak juga bisa dikarenakan adaptor pada charger tidak mampu menyeimbangkan arus yang masuk. Meskipun laptop modern sekarang sudah memiliki adaptor yang bagus, ada baiknya jika Anda mencolokkan chargernya di tempat yang arus listriknya stabil.

Overvoltage

Overvoltage atau arus berlebih biasanya terjadi karena terlalu lama bermain laptop. Hal ini VGA laptop akan mengalami kerusakan total. Jika anda senang bermain laptop seharusnya perhatikan batas tegangan yang digunakan agar tidak mengalami overvoltage. 

Debu Dan Kotoran

Debu yang menutupi komponen biasanya membuat komponen laptop jadi lebih mudah panas. Hal ini dapat menyebabkan overheat, dan overheat dapat menyebabkan fail-safe, komponen meleleh, korsleting, dan jika terlalu ekstrim dapat menyebabkan VGA mati total.

Kesalahan Manusia

Kecerobohan pengguna juga sering menyebabkan VGA laptop rusak. Kesalahan sepele seperti salah memasang VGA, melepas VGA dalam keadaan komputer hidup, meneteskan minuman ke laptop dengan casing terbuka, dan masih banyak lagi.

Demikian ulasan tentang VGA Laptop Rusak? Ini Dia Ciri-Ciri Dan Beberapa Penyebabnya seperti yang dilansir alexistogel. Semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Jayanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler