x

Sikat gigi teratur.

Iklan

yati maulana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

5 Makanan yang Terkait dengan Kesehatan Gigi

Ada makanan yang bisa memicu kerusakan, dan ada yang mencegah kerusakan gigi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menjaga kebersihan mulut tidak cukup dengan mengunjungi dokter gigi. Anda perlu menjaga makanan untuk mencegah kerusakan gigi dari dalam. Diet sehat sebenarnya tidak membawa masalah besar pada gigi, tapi hanya sedikit orang yang memahami persyaratannya. Sebagian orang tak berpikir tentang konsekuensi dari diet yang salah, selama tak merasakan ketidaknyamanan dan rasa sakit. PAdahal pencegahan bisa dilakukan, dan tidak menimbulkan biaya apapun.

Ada lima jenis makanan yang terkait dengan kesehatan gigi, baik yang bisa memicu kerusakan, maupun makanan yang bisa mencegah kerusakan gigi, sebagai berikut:

1. Kesalahan paling umum yang mengakibatkan kerusakan gigi adalah makanan yang kontras suhunya. Kombinasi hidangan panas dan dingin bisa menghancurkan enamel, dan menimbulkan keretakan pada gigi sehingga membuat seseorang bisa meringis sakit selama makan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

2. Pemicu lain adalah makanan padat seperti biji bunga matahari, kacang pistachio, kerupuk, dan sebagainya. Tidak hanya merusak enamel, makanan ini juga mengancam ketahanan semua gigi. Hal ini juga sebagian besar disebabkan oleh kekurangan kalsium dalam tubuh, yang jumlahnya berkurang secara bertahap setelah berusia 25 tahun. Jadi, sesekali Anda perlu mengkonsumsi vitamin yang mengandung bisa membantu menguatkan gigi.

3. Produk yang paling berbahaya bagi gigi, adalah makanan manis khususnya permen. Jika Anda memiliki gigi yang rentan terhadap makanan manis, biasanya dokter gigi merekomendasikan mengganti roti dan cokelat dengan buah-buahan, sayuran, atau jus buah.

4. Setiap selesai makan makanan berat, sebaiknya konsumsi sayuran berupa mentimun, wortel, atau lobak. Anda juga bisa makan apel tanpa dikupas sebab kulitnya mengandung banyak nutrisi dan membersihkan enamel. Sebelum makan malam, dokter gigi menganggap perlu untuk mengunyah sepotong kentang mentah, yang kaya vitamin dan sangat baik untuk pencernaan.

5. Ingat bahwa buah jeruk melanggar keseimbangan asam-basa, dan asupan yang berlebihan tidak dianjurkan bukan hanya demi kesehatan gigi, tetapi untuk kesehatan saluran pencernaan.

Bilas mulut Anda setiap selesai makan, gunakan benang atau sikat gigi jika memungkinkan.

Ikuti tulisan menarik yati maulana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu