x

Iklan

Erri Subakti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Dr. Nurmala Kartini Sjahrir Mendapat Penghargaan dari Pemerintah Argentina

Pemerintah Argentina memberikan penghargaan "Order de Mayo el Merito en el Grado Gran Cruz" kepada Duta Besar RI untuk Argentina, Dr. Nurmala Kartini Sjahrir

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Senin 15 September 2014, bertempat di Palacio San Martin-Kementerian Luar Negeri Republik Argentina di Buenos Aires, Pemerintah Argentina telah menyerahkan medali kehormatan “Order de Mayo el Merito en el Grado Gran Cruz” kepada Dr. Nurmala Kartini Panjaitan-Sjahrir, Duta Besar RI untuk Republik Argentina, Republik Paraguay dan Republik Oriental Uruguay. “Medal of Honor” ini untuk pertama kali diberikan kepada Kepala Perwakilan Indonesia di Argentina sejak dibukanya hubungan kedua negara 58 tahun yang lalu.

“Order de Mayo” adalah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada seseorang/kelompok atas jasa-jasanya dan kerja bakti bagi kemanusiaan dan kepentingan masyarakat/negara. Mayo adalah simbol Bulan Revolusi dan Kemenangan Argentina.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dr. Kartini Sjahrir adalah perempuan pertama yang ditunjuk sebagai Duta Besar RI untuk Argentina dan di Amerika Latin, dan oleh Pemerintah Argentina dinilai banyak melakukan terobosan-terobosan segar dalam mempererat hubungan bilateral diantara kedua negara, antara lain hubungan bilateral dalam bidang perdagangan, parlementer, transportasi udara dan bidang pendidikan.

Dr. Kartini Sjahrir, Ibu dua anak yang sudah dewasa dan isteri Dr. Sjahrir (alm), mulai menjalankan tugasnya sebagai Duta Besar sejak September 2010, dan akan segera mengakhiri tugas tersebut pada sekitar bulan Oktober 2014.

Memperoleh gelar MA & Ph.D dari Boston University, Boston-USA, Dr. Kartini Sjahrir adalah alumni UI (Universitas Indonesia) dan pernah menjadi staff pengajar di UI selama ± 22 tahun untuk mata kuliah antropologi ekonomi (S1 dan S2) serta studi kajian wanita tingkat Pasca Sarjana UI.

Mempunyai hobi menulis, Dr. Kartini Sjahrir dalam masa tugasnya di Argentina telah merampungkan dan menerbitkan sebuah buku berjudul “Rumah Janda”. Buku ini merupakan memoar pribadi yang ditujukan bagi pemberdayaan kaum perempuan. Buku Rumah Janda diterbitkan oleh Yayasan OBOR Indonesia (YOI) bekerjasama dengan Gramedia sebagai pihak distributor. ***

Ikuti tulisan menarik Erri Subakti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler