x

Iklan

TD Tempino

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Antar Anak ke Sekolah Bukan Karena Manja

Bukan karena manja bapak ibu mengantarkan anak di hari pertama sekolah. Rasa tanggung jawab dan kasih sayang itulah yang menyebabkan ayah-bunda mengantar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bukan karena manja bapak-ibu mengantarkan anak di hari pertama sekolah. Rasa tanggung jawab dan kasih sayang itulah yang menyebabkan ayah-bunda bersengaja berangkat bersama menuju sekolah di hari pertama sekolah.

Menghadapi suasana baru bagi anak umur 6 tahun sepertinya harus didampingi orang tua. Suasana sekolah, kelas baru dan juga teman baru serta guru baru dan segalanya baru tentu perlu penyesuaian. Sebenarnya bukan rasa takut bagi anak baru tetapi menerima keadaan serba baru rasanya agak kecut juga bagi mereka.

Oleh karena itu, kebijakan mengantarkan anak di hari pertama bolehlah disepakati sebagai salah satu bentuk perkenalan antara orang tua dengan guru. Guru SD adalah guru yang seharian berhadapan anak di kelas, tidak seperti guru di SMP dan SMA yang gurunya bergonta-ganti.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jadi sang guru itu akan mendampingi sang anak selama satu tahun pelajaran karena dia juga merangkap sebagai wali kelas. Orang tua wajib berkomunikasi aktif dengan pak guru guna mengetahui perkembangan pendidikan anak.

Secara psikologis apabila anak diantar di hari pertama maka dapat dipastikan kesan pertama masuk sekolah akan baik dan positif. Apabila seorang anak kelas 1 SD tidak diantar oleh orang tua, maka dapat dibayangkan bagaimana pergolakan batinnya menghadapi segala sesuatu yang baru. Segala sesuatu yang tidak dikenal, bisa-bisa dia terasing dan akhirnya minder dan berujung menangis.

Ikuti tulisan menarik TD Tempino lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler