x

Ilustrasi makanan Indonesia. shutterstock.com

Iklan

Muhammad Fadillah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Ternyata Indonesia Memiliki Makanan yang Mandunia

makanan indonesia yang paling mendunia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesai terkenal dengan kakayan budaya yang alam, salah satu yang sudah terkenal adalah makanan khas Indonesia. Tanah air kita ini memang terkenal akan tempat wisatanya yang seringkali dikunjungi oleh para wisatawan asing. Tetapi, tidak hanya itu saja wisata kulinernya yang lezat ini ternyata juga sangat terkenal dan mendunia. Makanan khas Indonesia yang sangat terkenal dan kaya akan rempah-rempahnya ternyata sudah banyak dikenal oleh berbagai macam belahan negara.

Dari Sabang sampai Merauke tentunya banyak sekali pilihan kuliner yang bisa kamu santap di negeri ini. Hal ini pun menyebabkan makanan Indonesia selalu tampil dalam ajang festival kuliner dunia karena hampir semua wisata kuliner Indonesia ini menggunakan rempah-rempah yang tidak bisa ditemukan di negara lain. Inilah sebabnya makanan Indonesia begitu banyak diminati dan memiliki khas tersendiri. Berikut 8 kuliner Khas Indonesia yang sangat terkenal di dunia.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Sop Buntut

 

Makanan yang terbuat dari potongan ekor sapi ini melalui proses yang sangat panjang sehingga rasanya menjadi sangat nikmat dan digemari. Pertama-tama potongan ekor sapi ini diberi bumbu dengan rempah-rempah dan kemudian dibakar baru dimasukan kedalam kuah kaldu sapi. Biasanya, Sop Buntut akan disajikan dengan irisan wortel, kentang, daun bawang seledri, tomat dan tidak lupa bawang gorengnya.

Tapi siapa yang sangka, kalau Sop Buntut ini pernah disajikan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid, Spayol

 

2. Gudeg

Makanan olahan dari nangka muda yang dimasak dengan gula palem dan santan ini sering ditemukan di Yogyakarta. Rasanya yang manis pedas ini selalu ramai diburu oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. Kuliner yang selalu menjadi favorit ini ternyata juga berada di Melbourne, Australia tepatnya di kawasan Clayton Road.

Warung Gudeg yang berada di Melbourn ini merupakan salah satu restoran yang menyediakan gudeg asli Indonesia.

3. Gado-gado

Kalau diluar negeri kita bisa menemukan salad, beda halnya dengan Gado-gado khas Indonesia yang terbuat dari rempah dan bumbu asli Indonesia. Pada tahun 2010 yang silam, gado-gado ini menjadi juara pertama dalam perlombaan memasak tingkat Internasional pada kategori tampilan sajian kuliner estetika di Napoli. Italia

4. Tempe

Banyaknya jenis mie di dunia ini dari berbagai negara . Tapi siapa yang sangka, merek mie di Indonesia yang bernama Indomie ini sudah terkenal ke berbagai macam negara di dunia. Selain menjadi makanan yang paling favorit di Indonesia, dan sering diolah dengan berbagai macam rasa. Indomie juga sudah diekspor ke 80 negara yang berada di dunia sejak 20 tahun yang lalu.

Di negara bagian Timur Tengah dan Afrika ini sudah menjual Indomie di hampir setiap supermarket yang ada, tidak hanya kedua negara tersebut saja. Hal unik lainnya Indomie malah dijadikan salah satu kado Natal paling populer, tepatnya di Amerika Serikat.

5. Nasi Padang

Ini dia kuliner Indonesia yang paling digemari oleh penduduk lokal maupun wisatawan mancanegara. Seolah tidak ingin melewatkan kenikmatan dari masakan asli dari Sumatera Barat, mereka yang berkunjung ke Indonesia pun tidak pernah ingin melewatkannya.

Belakangan ini juga ada turis asal Norwegia yang bernama Audun ini mencicipi Nasi Padang dan saking cintanya terhadap masakan khas Indonesia yang mendunia ini sang turis pun sampai membuat lagu yang berjudul “Nasi Padang”. Selain itu Nasi Padang juga ternyata masuk kedalam posisi daftar 50 makanan terlezat di dunia versi CNN. Karena bumbunya yang kaya akan rempah, hampir tidak ada satupun orang yang bisa menolaknya.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Fadillah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu