x

Iklan

Redaksi Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2020

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Jenis Beton Cor dan Manfaat Menggunakan Beton Cor

Penyeleksian bahan dan tipe beton yang akan dipakai penting dalam masalah ini. Dari beberapa tipe beton, komponen pembikinannya umum atau hampir serupa, yaitu pasir, kerikil, semen, dan air.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Untuk sebuah konstruksi, adanya beton cor sangat penting. Oleh karena itu, penyeleksian bahan dan tipe beton yang akan dipakai penting dalam masalah ini. Dari beberapa tipe beton, komponen pembikinannya umum atau hampir serupa, yaitu pasir, kerikil, semen, dan air.

Terkadang juga ada tambahan bahan lain, seperti bahan additif yang mempunyai karakter kimiawi atau fisikal. Semua jadi satu atau digabung sampai jadi kesatuan yang homogen dan pada akhirnya jadi bebatuan keras. Baru selanjutnya dapat dipakai untuk satu konstruksi.

Dalam penggunaannya ada beberapa beton cor yang dibedakan, dari tempat dan proses pembikinannya. Untuk beton bertulang, yakni beton site mix, dan beton readymix. Untuk harga readymix Bogor sendiri, Anda bisa bandingkan pada harga readymix yang lain

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Jenis Beton Cor

Sama seperti yang akan kami bahas di bawah, jika ada bermacam tipe beton cor yang dipakai dan dipasarkan di Indonesia. Umumnya kategorisasinya diperbedakan berdasar kualitas atau mutunya. Ini disaksikan dari alasan bahan baku, proses pembikinannya, dan perannya pad bangunan. Di bawah ini beberapa macam beton yang kerap dipakai dalam konstruksi:

  • Beton cor K 175 : Dipakai untuk konstruksi bangunan enteng
  • Beton cor K 225 : Dipakai untuk bangunan ruko atau perumahan yang mempunyai 2 lantai.
  • Beton cor K 250 : Dipakai untuk rumah, atau ruko 2 lantai yang perlu menyokong berat beban.
  • Beton cor K 300 : Dipakai untuk konstruksi satu bangunan baik ruko atau rumah yang mempunyai 3 lantai.
  • Beton cor K 350 : Dipakai untuk satu banguanan, baik ruko, atau rumah, yang mempunyai 3 lantai sampai 5 lantai.
  • Beton cor K 400 : Dipakai untuk jalan tol atau jalan negara atau rigit jalan. Jenis beton ini benar-benar kuat dan tahan dari kerusakan karena cuaca atau lingkungan.

Ada beberapa macam beton cor yang lain yang dipakai untuk kebutuhan berlainan. Sebab beton cor menyengaja dibikin untuk menenuhi keperluan konstruksi yang spesial atau berlainan perannya.

 

Manfaat Beton Cor

Beton cor sendiri memilki banyak manfaat dalam konstruksi. Walau kerap disebutkan jika sesungguhnya beton adalah bebatuan tiruan. Mengapa begitu? Beton cor adalah tipe bebatuan yang dibikin manusia yang memilki rongga-rongga antara butiran besar atau agregat kasar dan agregat lembut.

Antara rongga atau pori-pori itu selanjutnya diisi oleh semen. Perannya sendiri adalah sebaga perekat atau pengikat dalam proses perkerasan bebatuan tersebut. Satu beton dibuat berdasar keperluan setiap konstruksi. Karena itu kerap kita temui jika wujud dan macamnya berberda-beda.

Contoh beton cor untuk konstruksi jembatan terang beda untuk beton konstruksi tempat parkirkan. Meski begitu, dengan memakai beton cor, bisa didapat banyak faedah, seperti tahan pada perombakan cuaca yang ekstrim. Disamping itu, ongkos perawatan beton cukup murah dan gampang. Secara detil, di bawah ini beberapa faedah beton cor yang penting kita kenali:

  1. Beton cor yang dibikin dengan bahan bermutu akan sanggup meredam desakan atau beban secara baik.
  2. Sifat beton cor adalah tahan pada korosi atau pembusukan pada lingkungan disekelilingnya. Jadi walau terserang hujan atau panas ekstrim, beton cor tetap kuat.
  3. Beton cor bisa diciptakan berdasar keperluan dan kemauan.
  4. Hasil dari laporkan seluruh material dari beton cor ini bisa dipakai untuk menambal retakan pada suatu kosntruksi atau tempat. Dapat dipakai dalam proses pembaruan satu retakan bila ada.
  5. Beton cor, dengan alat tolong yang memungkinkannya bisa dituangkan ke konstruksi yang mempunyai posisi yang susah. Contoh pada ketinggian gedung yang susah dicapai.
  6. Beton cor atau beton yang lain, tahan akan api atau mungkin tidak gampang terbakar. Hingga memungkinkannya mempunyai usia yang lama untuk satu bangunan atau konstruksi.

Nah, itulah tadi pembahasan kami berkenaan jenis dan manfaat beton cor yang penting Anda kenali saat sebelum lakukan pembuatan rumah atau pembangunan kontruksi yang lain. Mudah-mudahan berguna dan terima kasih.

Ikuti tulisan menarik Redaksi Indonesiana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler