Pasang Iklan Baris Di Koran - Urban - www.indonesiana.id
x

Redaksi Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2020

Selasa, 29 September 2020 15:39 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Pasang Iklan Baris Di Koran

    Iklan baris atau Classsified Advertensi tidak memakai media gambar untuk daya tarik. Di saat sekarang pasang iklan koran jenis ini tak hanya bisa kita dapatkan di media cetak saja. Tetapi di internet serta situs koran berbasiskan digital, seperti iklan baris kompas, poskota, sindonews atau pemikiran rakyat.

    Dibaca : 1.211 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pengertian iklan baris satu diantara jenis promo iklan barang atau layanan di koran berbentuk text singkat terbatas. Iklan tipe ini memprioritaskan info paling pokok dari produk yang dipropagandakan. Pengerjaan iklan baris benar-benar sederhana serta biasanya dibikin dalam 2-4 baris saja.
    Sebab ukurannya yang kecil, harga penerbitan iklan ini juga lumayan murah jika dibanding iklan kolom. Iklan baris dipisah jadi 2 sub, yaitu iklan promo serta penelusuran. Kedua-duanya terdiri lagi jadi beberapa kategorisasi iklan. seperti pemasaran rumah, tanah, loker, penawaran jasadan barang.
    Iklan baris atau Classsified Advertensi tidak memakai media gambar untuk daya tarik. Di saat sekarang pasang iklan koran jenis ini tak hanya bisa kita dapatkan di media cetak saja. Tetapi di internet serta situs koran berbasiskan digital, seperti iklan baris kompas, poskota, sindonews atau pemikiran rakyat.

    Karakteristik Iklan Baris


    Ada banyak karakteristik, ciri- ciri serta pemahaman lain mengenai iklan baris yang penting anda kenali, salah satunya ialah:
    -Iklan baris mengatakan info penting serta pokok. Hingga penulisannya singkat, Biasanya tersusun dari 2-5 baris saja.
    -Dimuat berdasar penelusuran atau penawaran serta diklasifikasikan lagi sesuai dengan barisan. Seperti barisan iklan baris pemasaran rumah, tanah, lowongan kerja dan lain-lain.
    -Tidak memerlukan art-work atau contoh grafis.
    -Biaya penempatan iklan relatif murah
    -Secara umum dibikin dengan memberikan, nama produk, info singkat produk serta contact yang bisa dikontak baik berbentuk alamat, e-mail atau no telephone serta atau ke-3nya.
    -Biaya pengerjaan pasang iklan baris di koran biasanya dihitung berdasar jumlah ciri-ciri serta tipe iklan. Tiap penerbit mempunyai penghitungan ongkos serta rules yang lain.
    -Semakin panjang ciri-ciri tulisan makin mahal harga.


    Contoh Iklan Baris


    Di bawah ini ialah contoh-contoh iklan baris, entahlah itu iklan baris jual mobil, motor, tanah, iklan baris lowongan kerja, jual smartphone, computer, beberapa barang elektronik dan lain-lain. Berikut keterangan sedetailnya.

    1. Iklan Baris Jual Rumah
    Iklan baris jual rumah atau pemasaran rumah umumnya berisi info mengenai luas tanah serta bangunan dari rumah itu, kelengkapan, alamat rumah dan contact advertiser yang bisa dikontak peminat. Beberapa point lain yang umum dicatat ialah akses jalan tol, jalan penting, lapangan terbang, Mall dll.

    Contoh Iklan Baris Pemasaran Rumah
    -JUAL RUMAH Blok 3, Puri Depok,dekat kmpus UI,Lt.138/Lb.120,SHM,Siap huni,jual cepat!hrg.nego!! Hub.0813 168 405 – 0812 726 510
    -DIJUAL CEPAT, rmh 2 lantai di Komp.Villa Asean, Pd. Cabe TangSel,SHM, LT 1.000m2, LB -+500m2, Hub: Dewi: 08129965606
    -DIJUAL RMH BARU dipusat kt Semarang, Lt120/180 KT4,KM2,KP1, 1300/1200W,Grsi,AC ,Dkt TOL.850Jt.BU.Jl.Setia 1 Rt4/8 Jtwrngin. T. 081287053154

    2. Iklan Baris Lowongan Kerja
    Sesuai namanya. Iklan lowongan kerja dibikin oleh advertiser untuk memberitahukan tentang keperluan SDM pada suatu bagian pekerjaan. Iklan tipe ini umumnya berisi info lowongan pekerjaan untuk keperluan adm (administrasi), supir, kasir, pembantu rumah tangga dan lain-lain.

    Contoh Iklan Baris Lowongan Pekerjaan
    -BTH CEPAT ADM SPG/KASIR.GDG CS utuk Carrefour Jabotabek. krm data diri: nama-alamat- Pend-Usia-Posisi yang dilamar WA : 085293004142 Ibu Siti
    -BTH CEPAT PRT Wanita, Upah 2,5jt s/d 5juta/bln , Untuk Bersih bersih rmh. Dtg Lsg kerja, bkn yayasan, Hub: 0812-12260003/0857-85037043 Ibu Halimah
    -BUTUH CEPAT Untuk Salon,Wnt Muslimah max 28 thn,Min SMA Diutmkn Single, WAJIB Pelatihan Di Bgor.hub: 082113005255 (Nurjannah)

    3. Iklan Baris Jual Tanah
    Dalam pengerjaan iklan baris pemasaran tanah. Info penting yang biasa tercantum yakni luas tanah, tempat, harga dan contact yang bisa dikontak. Dari iklan baris jual tanah itu. Juga bisa ditambah lagi dengan info lain, seumpama akses serta peruntukan tanah.

    Contoh Iklan Baris Jual Tanah atau Pemasaran Tanah
    -ADA TNH -/+250Ha A/n PT.(ADS). Pas U/Perumahan,Pertokoan/ hrg Mrh 170Rb/mtr Nego. Lok Taktiks di Kwsn Permata Indah Bdg. Peminat Serius Hub 0812.1407.0541, 0857.1171.0799
    -BU TNH DIJUAL (SHM) L.2100m2 Jl. Karawitan 12, SBY, msk mobil, Tembus Jl. Lodaya. tempat strgs, 1jt/m (Nego) Hub Agus Dion 085890879883 (WA)

    4. Iklan Baris Penjualan Mobil & Motor
    Info penting yang umum dituliskan dalam iklan baris pemasaran baik itu jual motor atau mobil ialah. Merek atau tipe mobil / motor, mode, tahun, warna serta kelengkapannya, Kecuali dari alamat serta contact yang bisa dikontak tentu saja.

    Contoh Iklan Baris Jual Mobil atau Motor
    -TOYOTA ALTIS th'02 W. Hitam Met. Tgn I. Kond mulus 80%, Rt/Ac/P.Window/C. Lock/Film. V.cool Hrg. 65Jt (nego) Hub. Utsman, Keb. Lama Jaksel Telpon.0812 700 9295.
    -DAIHATSU XENIA LI Sporty 2012 Akhir Situasi Mulus SiapPakai.Pjk Mti 6Bln. 80Jt.Hub.Jln Buah btu Bdg.0829.9870.1358
    -HONDA CITY IDSI '07. Manual, abu2,KM Rendah <50rb,Msn hlus, bnsin hemat, mulus, trwt. Lok Cmgs,Bgr. Siap Gunakan. 80,5jt. 081319835000

    5. Iklan Baris Jual Alat Elektronik
    Iklan baris ini dipakai untuk pemasaran tehnologi seperti smartphone, computer, netbook, ac dan lain-lain. Hal yang umum dituliskan dalam iklan jenis ini ialah. merek ponsel, situasi, detail, harga dan nomor contact.

    Contoh Iklan Baris Jual Alat Elektronik
    -Dijual Sgr. Ponsel Samsung j3. Situasi bgs & grnsi. 1,2 jt nego. hub. 085742333312
    -JUAL BTH Oppo F3, wrn putih, RAM 4gb, kmra dpan 15mp, blkang 8mp, br 1 bln gunakan, hrg 1,7jt. nego, dapat COD tempat Jkt Tmur. hub. 081543232987

    Fakta dan Opini Dalam Iklan Baris


    Dalam pengerjaan iklan baris, kadang ada bukti serta pendapat dalam iklan baris itu. Dengan singkat, bukti ialah suatu hal yang dapat dibuktikan serta riil. Sedang pendapat ialah suatu hal yang belum bisa ditunjukkan serta di antara seseorang serta yang lain mempunyai pandangan yang lain.
    Sudah diketahui, pengertian dari bukti sendiri ialah suatu hal atau kejadian yang riil situasinya. sedang pendapat belum pasti kebenarannya serta pengartian di antara seseorang dengan yang lain sering tidak sama.

    Contoh Fakta Dalam Iklan Baris
    -Dicari PRT (Pembantu rumah tangga)
    -Perempuan umur 25 – 40 tahun
    -Hubungi 081232139400

    Contoh Opini Dalam Iklan Baris
    -Tempat nyaman
    -Pemandangan oke dan lain-lain

    Di atas, yakni contoh dari fakta karena kebenarannya nyata sedang di bagian bawah ‘tempat nyaman', opini di antara orang satu dengan yang lain kemungkinan tidak sama, tempat atau rumah ditengah-tengah perkebunan kemungkinan nyaman buat beberapa orang, tetapi buat yang lain belum pasti kan?

    Tips Membuat Iklan Baris


    Di bawah ini ialah beberapa panduan yang bisa dilakukan sebelum membuat iklan baris.

    1. Sesuaikan Budget
    Seperti diterangkan awalnya, ongkos iklan baris umumnya dihitung per ciri-ciri maupun kata. makin banyak kata yang dimuat ongkosnya pasti makin mahal. untuk bikin beban yang dikeluarkan sedikit,pilih beberapa kata khususnya judul yang pas. pakai singkatan-singkatan sama seperti yang tercantum di bagian contoh.

    2. Persiapkan Info yang Dibutuhkan
    Bila contohnya anda ingin jual mobil, cari info kurang lebih info apa yang diperlukan oleh calon konsumen. misalnya merek, warna, situasi, tempat peminat bisa beli, apa giginya automatis atau manual serta tentunya nomor contact yang bisa dikontak
    Selain ada pemasang iklan pasti ada juga orang yang menelusurinya atau calon customer yang membaca iklan itu. Hal yang selayaknya jadi perhatian untuk pembaca ialah kehati-hatian saat akan bertransaksi. sebab harga iklan murah kadang ada-ada saja pelaku yang manfaatkan iklan baris untuk media untuk lakukan kejahatan.
    Dalam iklan baris, sebenarnya Tidak Ada Keharusan jika iklan harus dipersingkat, itu terserah masing- masing advertiser, tetapi, satu perihal yang tentu, makin banyak kata yang dicatat umumnya makin mahal harga penempatan iklannya.

    Demikian artikel singkat tentang contoh pasang iklan baris di koran pemasaran penawaran, baik itu iklan baris jual rumah, mobil, motor, pemasaran tanah , iklan baris lowongan kerja penawaran dan dengan penuturannya singkat.

    Ikuti tulisan menarik Redaksi Indonesiana lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.


    Oleh: Mulia Zachrie

    Jumat, 13 Januari 2023 21:58 WIB

    Digital Marketing di Era 4.0

    Dibaca : 409 kali