Sukses di Cinta Manis, Pereli Nasional Siap Terbang ke Makasar

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

CINTA MANIS, perkebunan tebu milik PTPN VII menjadi saksi kegarangan Ryan Nirwan/Adi Indarto dalam memacu kendaraan Subaru WRX nya

CINTA MANIS, perkebunan tebu milik PTPN VII menjadi saksi kegarangan Ryan Nirwan/Adi Indarto dalam memacu kendaraan Subaru WRX nya, Ahad kemarin. Turun dikelas Speed Rally M.1, pereli BRM Motosport asal Kalimantan Timur ini berhasil mengalahkan pesaing terdekatnya yang juga memiliki label unggulan. Usai menjalani 9 SS, petarung muda ini mengaku lega karena sehari sebelumnya ia berhasil menjadi yang terbaik dalam Sprint Rally di lintasan Tanjung Senai, Ogan Ilir. 

Ryan mencatat waktu terbaik dalam seri ke-1 Kejurnas yaitu  1.20.19,1 pada kelas M.1 (1.300 cc), disusul Priamanaya Djan/Harry Koentoy pada tempat kedua dengan catatan waktu 1.21.00,9. Sedangkan peringkat ketiga ditempati H Rahmat/Dony Wardono dengan catatan waktu 1.25.32,6. Sekali lagi ini merupakan penyempurnaan keberhasilan mereka dalam seri ke-4 Kejurnas Sprint Rally 2017 di Lintasan Tanjung Senai, Ogan Ilir sehari sebelumnya. “Tadi di SS terakhir stamina mulai drop karena debu dan cuaca sangat panas,” katanya Ahad..

Diceritakannya, Sepanjang perlombaan ia  harus memacu kendaraannya dan memutar otak karena selalu berada di belakang Benny Lautan mulai dari start hingga Spesial Stage (SS) 2. Namun memasuki SS 3, ia mulai memimpin lintasan dan berlanjut hingga SS 9. Kendala terberat dihadapi Ryan yakni mempertahankan performa ditengah keletihan karena tiap SS rata-rata 13-15 km. Apalagi lintasan semakin licin dan berdebu. 

Pereli nasional mulai dari sidid A, Sidid B hingga non Sidid telah menjajal beberapa lintasan yang disiapkan di dua tempat berbeda di Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Pimpinan perlombaan "Kejurnas Merdeka Rally" Predio Bintoro menjelaskan para pereli telah melintasi trak di Tanjung Senai dan juga Perkebunan tebu Cinta Manis. "Disini tergolong lintasan high speed dengan tiga karakter tanah," katanya," 

Melihat kondisi lintasan itu, sebelum perlombaan dimulai, Predio mengingat pereli untuk dapat menjaga kecepatan kendaraan agar tidak merusak kendaraan dan demi menjaga keamanan. 24 pereli dipastikan bertarung dalam ajang kejuaraan nasional (kejurnas) rally Indonesia di lintasan perkantoran Tanjung Senai,Ogan Ilir, Sabtu lalu. Kejurnas dimulai dengan kelas sprint yang juga menjadi seri keempat dari total 10 seri.Sementara Ahad pagi, dilanjutkan dengan kelas speed rally yang berlangsung sebanyak 9 special stage dengan tiga section sekaligus menutup putaran pertama kejurnas rally.

 

Humas Kejurnas, Ridwan Tumenggung menjelaskan sejumlah pereli nasional seperti Primanaya Djan, Benny Lautan dan Ryan Nirwan dengan peringkat seeded A (unggulan) telah membuktikan ketangguhannya menjajal sirkuit yang dianggap sebagai terbaik di Indonesia tersebut. Selain itu akan turun pereli Sidid B seperti Eddy WS, Aswin Tanusaputra, M. Hari Prastomo. Sementara tuan rumah Sumsel menurunkan Kemas Haikal. “Sebelum dimulai kejuaraan ini para peserta diminta uji lintasan," ungkap dia. Ia menambahkan, usai menggelar seri pertama di Ogan Ilir dilanjutkan seri kedua di Makssar dan terakhir di Medan.

(PHARLIZA@GMAIL.COM)

Bagikan Artikel Ini
img-content
Parliza Hendrawan

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler