Dampak Buruk Korupsi di Sudut Masyarakat - Analisa - www.indonesiana.id
x

zuhaida fitriya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Dampak Buruk Korupsi di Sudut Masyarakat

    KORUPSI

    Dibaca : 7.824 kali

    korupsi merupakan kata yang tidak asing di telinga setiap lapisan masyarakat indonesia, yang sepertinya sudah melekat ke dalam sistem, menjadi bagian dari kegiatan sehari hari dan sudah di anggap lazim serta tidak melanggar apapun.

    pengertian korupsi sendiri menurut undang undang no. 20 tahun 2001 adalah perbuatan melawan hukum dengan maksud memperkaya diri sendiri atau orang lain yang dapat merugikan keuangan atau perekonomian negara.

    korupsi dilakukan bukan hannya di lingkungan pejabat pejabat pemerintah pusat tetapi sudah menjalar hingga ke lingkungan masyarakat di tingkat terkecil seperti RT, RW, Kelurawhawn, kecamatan termasuk di lingkungan sekolah. hal ini membuat korupsi tidak dapat di lawan secara serentak dan menyeluruh dengan hasil maksimal. namun demikian korupsi masih mungkin untuk di cegah ataupun di persempit ruang geraknya.

    korupsi berasal dari bahasa (latin coruption dari kata kerja corumpere yang bermakna buruk, rusak, busuk, memutar balikan, menyogok atau suap)secara harfiah korupsi adalah perilaku pejabat publik baik politikus atau politisi maupun pegawai negeri. yang secara tidak wajar untuk memperkaya mereka yang dekat dengan nya. dengan menyalah gunakan kekuasaan publik yang di percayakan kepada nya.

    korupsi di indonesia telah menjadikan penyakit sosial yang sangat membahayakan kelangsungan kehidupan bangsa dari upaya mewujudkan keadilan sosial dan pada umumnya korupsi adalah benalu bagi masyarakat atau sosial yang selalu merusak struktur pemerintahan dan menjadikan hambatan jalannya pemerintahan dan pembangunan negara dan orang yang berkorupsi itu selalu mengedepankan hawa nafsunya dari pada fikiran dan hati nurani nya.

    dari sudut pandang hukum korupsi secara luas memenuhi unsur berikut

    1. perbuatan melawan hukum

    2. menyalah gunakan wewenang pemerintahan

    3. memperkaya diri sendiri tanpa memikirkan orang yang masih di bawahnya

    4. merugikan wewenagan negara atau perekonomian negara

    adapun jenis jenis tindakan korupsi

    1. penerimaan atau pemberian hadiah dengan tujuan lain (suap)

    2. penggelapan dana di kantor

    3. pemerasan dana

    4. remunerasi (untuk pejabat sipil atau negara)

    dalam arti luas korupsi atau korupsi politis adalah penyalah gunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi dan titik akhir korupsi adalah keleptokrasi yang secara harfiah berarti pemerintah oleh para pencuri yang berpura pura tidak jujur atau tidak sama sekali.

    kondisi yang mendukung munculnya korupsi

    1. peraturan hukum yang lemah

    2. kelemahan profesi hukum

    3. gaji pegawai pemerintah yang terlalu kecil

    4. kurang nya kebebasan berbicara atau kebebasan media masa

    5. lingkungan yang terlalu tertutup egois atu teman lama

    6. kampanye politik yang mahal

    berikut ini contoh ekonomi dari dampak korupsi

    1. rendah nya kualitas barang dan jasa

    2. lesunya pertumbuhan ekonomi dan investasi

    3. penurunan produktivitas

    4. meningkat nya hutang negara

    5. penghambat investasi

    dampak korupsi terhadap sosial

    1. fasilitas menunjang usaha tidak terbangun

    2. kemiskinan yang berujung pada mahal atau lemahnya daya beli.

    peran generasi muda dalam memberantas korupsi

    generasi muda merupakan aset bangsa yang menentukan mati atau hidup, maju atau mundurm sejahtera atau sengsara nya suatu bangsa. belajar pada masa lalu, sejarah telah membuktikan bahwa perjalanan indonesia tidak lepas dari peran kaum muda seperti pada peristiwa sumpah pemuda, telah menggerakan kesadaran generasi muda untuk bangkit dan berjuang melawan penjajahan yang di lakukan oleh belanda.

    pada jaman sekarang dan masa yang akan datang musuh yang harus di lawan generasi muda adalah praktek korupsi, mengikis korupsi sedikit demi sedikit dengan harapan suatu saat nanti korupsi dapat di berantas dari negeri ini atau setidak nya dapat di tekan ke tingkat serendah mungkin.

    dan itulah semua akibat dampak buruk untuk negara akibat dari korupsi

    dan sampai saat ini korupsi di dalam negeri masih belum bisa di tanggulangi maka dari itu mulai dari sekarang tanamkan pada jiwa kita agar tidak berkorupsi karena dampak dan efeknya sangat besar bagi orang lain dan negara apalagi bagi rakyat miskin dan mulai lah dari sekarang katakan tidak untuk berkorupsi "say no to coruption".



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.