x

Iklan

zuhaida fitriya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

peran mahasiswa dalam menanggulangi korupsi

mahasiswa yang sanagt memiliki peran penting dalam memberantas sebuah korupsi karena mahasiswa yang telah di labdasi sebagai agen perubahan bagi kaum melin

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

dalamsebuahcatatanbahwamahasiswajugamempunyaiperansangatpentingdalammenanggulangidanmenentukanperjalananbangsa di Negara Indonesia ini.Denganidealismedansemangatjuangpemudamahasiswamempunyaikemampuanintelektual yang sangattinggi yang dimilikiolehmahasiswa. Dan mahasiswamemilikikemampuanintelektualdansemangat yang tinggidanmampuberperansebagaiagenperubahan (agent of change) sebagaipenganalisa (agen of analisis) sebagaipenghenti (agen of control) peranmahasiswatersebutsangatmenonjolpadasebuahperistiwaperistiwabesarsepertisumpahpemuda yang dilaksanakanpadatahun 1928, kebangkitannasional yang dilaksanakanpadatahun 1908, peristiwaproklamasikemerdekaan yang dilaksanakanpadatahun 1945, lahirnyaordebaru yang terjadipadatahun 1966, danreformasi yang dilaksanakanpadatahun 1998, makatidaklahberlebihanjikamahasiswajugadiharapkanjugadapatmenjadisebagai motor pergerakanutamasebuahgerakan anti korupsi di republic Indonesia ini, dansebenarnyakorupsiitubagaikansebuahpenyakitkankerganas yang sudah stadium akhir yang setipsetiapharimenggerogotitubuh Negara yang sifatnyatidakhannyakronistapijugajugasudahakut. Samahalnyadengandampakkorupsi di Negara iabersifatmenggerogotiperekonomiansebuah Negara secaraperlahannamunpasti. Penyakitinisudahmenempelpadasebuahaspek di suatubidangkehidupanmasyarakatsehinggasangatsulitsekaliuntuk di berantassecaracepatnamunsebenarnyaperbuatankorupsiinidapat di berantasnamunharussecaraperlahannmunpasti.Perlu di pahamibahwa di manapundansampaipadatingkatantertentukorupsimemangsudahtertanamdalamdalamdansudahmelekat di semua Negara.Jadiseberapamana Negara itumajupastiadasaja orang yang melakukankorupsijuga. Dan pastinyaperbuatankorupsimemangakanadadalamsuatu Negara ataupunmalahsekarangsudahmelekat di sisimasyarakat.

            Korupsiadalahsebuahtindakannyata yang harussegera di berantaskarenakeberadaannyasangatmengancamwarga di suatu Negara tersebutdankeberadaannyasangatmengancamkeadilandankesejahteraanmasyarakatsehinggaperlulahperansertasemualapisanmasyarakat. Dan masyarakatyang akan di bahasdalamsebuahartikeliniadalahmasyarakat yang intelektualatausekelompokkaum yang terpelajardanmempunyaipendidikanyanterpelajarterutamamahasiswa. Makatumbuhlahsuatupertanyaanmengapaharusmahasiswa?Karenamahasiswaadalahseorangelemen di sebuahmasyarakat yang paling idealisdanintelektualdanmemilikisemangatnilaijuangdansemangat yang sangattinggidalammemperjuangkansesuatu, selamainimahasiswa di pandangsebuahaspek yang cukupsegnitifdalammempengaruhiperubahankebijakan di dalam structural di suatupemerintahan. Di sisilainmahasiswajugadapatmempengaruhimasyarakatlainnyauntukmenuntuthakmereka yang selamainimasihkurang di perhatikanolehsebuahlembagapemerintahan. Peranmahasiswasudahdapatdilihatdan di buktikandalamsejarahperjuangankemerdekaan republic Indonesia mengenaiperkembanganbangsa Indonesia dalammasapenjajahanbangsabelanda yang manadalampengusiranpenjajahantersebutsalahsatunya yang menjadipelopordalamperistiwatersebutdan yang menjaditokohutamanyadalampengusiranadalahmahasiswa Indonesia.

            Dan begitulahsemangatperjuanganmahasiswadalammewujudkansebuahharapan yang di inginkanolehsegerombolanbangsa di tanah air inidansemangatkuatdapatmemperjuangkansemangatdanideealisnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adapunupayaupaya yang dilakukanolehmahasiswadalammennggulangiperbuatantercelaataukorupsiini

  1. Menciptakanlingkungan yang bebaskorupsicontohnya di kampus

Misalnya :terlambatdatangkekampuslalumenitipkanabsensipadatemannya

  1. Memberikanpenyuluhankepadamasyarakattentangpendidikanbahayamelakukanbahayanyamelakukantindakan yang amatiryaitutindakankorupsi
  2. Menjadipengontrolterhadapkebijakanpemerintah

Dan sepertiitulahsebuahperjuangandanupaya-upayaperanmahasiswadalammenanggulangikasuskorupsiini, walaupunmasihmenjadimahasiswadanmenjadiseorangpelajartetapiusahakerasnyatidakakanterkalahkansuatuapapunbilamanahannyauntukmengusirparasetan-setanhalus yang selalumengusikkehidupan di dalamnegeri yang sebenarnyadamaiini.

Ikuti tulisan menarik zuhaida fitriya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler