x

Iklan

Ahmad Abdillah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Apa Sih Itu Bontang

bontang adalah kota terpencil disudut kalimantan yang harus dikenal oleh masyarakat indonesia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Banyak orang yang masih belum mengetahui tentang sebuah kota kecil di ujung pulau kalimantan ini. berjarak sekitar 120 km dari kota samarinda dengan jalur darat menggunakan mobil atau motor akan menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam. saya sendiri putra kelahiran bontang yang saat ini sedang menjalani masa pendidikan perkuliahan semester awal di salah satu perguruan tinggi di jawa timur-malang. Pertanyaan ini saya temukan ketika saya mengenalkan diri di depan teman-teman saat baru pertama kali masuk kuliah. Banyak orang yang belum mengetahui kota kelahiran saya ini yaitu kota bontang.

Bontang adalah sebuah kota kecil di ujung pulau kalimantan. Bontang terletak di provisi kalimantan timur. Bontang sendiri merupakan sebuah kota yang menghasilkan pendapatan perkapita tertinggi di indonesia. Bontang dengan motto bessai berinta yang artinya mendayung bersama yang dipopulerkan oleh salah satu wilayah dikota bontang yaitu bontang kuala. Bontang kuala merupakan salah satu pemukiman diatas laut kota bontang yang dapat dikatakan bahwa penduduknya merupakan penduduk asli kota bontang. mengapa Makna bessai berinta yang artinya mendayung bersama dijadikan motto kota bontang? Karena hampir sebagian besar wilayah kota bontang adalah laut maka dari itu di sangkut pautkan dengan mata pencaharian masyarakat yang sebagian besar sebagai nelayan yang dimana seorang nelayan pasti akan berjuang untuk mendayung terlebih dahulu untuk menuju tempat ia akan mancing. Maka motto tersebut diartikan sebagai seorang warga yang berjuang untuk membangun kota bontang.

Ada 2 perusahaan besar yang terdapat di kota bontang yang menyebabkan pendapatan perkapita kota bontang tertinggi hingga saat ini yaitu PT. BADAK (gas alam mentah) dan PT. PUPUK KALTIM (pupuk urea). 2 perusahaan itulah yg menopang perekonomian masyarakat kota bontang. Selain 2 perusahaan di atas masih banyak perusahaan yang berskala lebih kecil yang mengelola kekayaan alam bontang yaitu batu bara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tempat wisata dikota bontang sangat banyak diantaranya wisata manggrove dan wisata bawah laut. Dibontang tempat wisata sangat dijaga karena dengan tempat wisata yang terjaga maka orang-orang yang dari luar bontang akan tertarik untuk berwisata ke kota bontang. Tempat wisata manggrove yang terletak di salah satu wilayah kota bontang yaitu BSD sangat padat apabila sudah masa-masa liburan karena disana kita disuguhkan oleh pemandangan pinggir laut yang sangat indah. Selain itu kita juga dapat berfoto suka riya karena banyak sekali spot foto yang sangat menarik. Ada juga tempat wisata diwilayah bontang yang lain yaitu pemukiman diatas laut yaitu bontang kuala. Disana kita akan disuguhkan dengan pemandangan laut juga selain itu kita dapat menikmati makanan khas kota bontang yaitu GAMMI BAWIS. Makanan ini sangat nikmat disaat senja hari sembari menunggu matahari tenggelam karena di bontang kuala kita disediakan tempat bersantai sangat banyak dan kita juga dapat bermain air dan juga diperbolehkan berenang langsung di laut.

Itulah beberapa deskrpsi untuk menggambarkan kota kelahiran saya yaitu kota bontang. Kota bontang selalu menunggu kehadiran wisatawan akhir pekan. Silahkan anda berwisata kekota bontang dengan begitu akhir pekan anda akan sangat menyenangkan.

Ikuti tulisan menarik Ahmad Abdillah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Fotosintesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Kamis, 9 Mei 2024 17:19 WIB

Terpopuler

Fotosintesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Kamis, 9 Mei 2024 17:19 WIB