x

Iklan

Ahmad Abdillah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Umat muslim bukan umat yang mudah terprovokasi

kita ummat muslim jangan mudah terprovokasi oleh isu yang belum jelas kepastiannya agar kita hidup tetap damai tanpa ada pergesekan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

sebuah kejadian baru muncul ditengah-tengah kita saat ini tepatnya dalam sebuah kegiatan dalam memperingatin hari santri. Saat itu ada sebuah kejadian yang cukup membuat rakyat indonesia cukup gempar dimana dalam memperingatin hari santri yang bertempat di garut. Dalam peringatan hari santri tersebut ada sebuah kejadian dimana dalam kegiatan tersebut sekumpulan orang melakukan pembakaran terhadap sebuah bendera berwarna hitam ( bendera tauhid ). Karena kejadian tersebut, lamgsung membuat ummat islam indonesia gempar.

Dalam hal itu banyak masyarakat indonesia mengomentari kasus pembakaran bendera tersebut. Berbagai pendapat rakyat indonesia keluar di media sosial ada yang menanggapi hal tersebut sangat tidak baik dan ada pula yang menaggapi hal tersebut sudah benar. Disini saya tidak membahas soal siapa yang benar dan siapa yang salah saya akan berusaha mengajak ummat muslim indonesia untuk tidak mudah terpecah belah akibat sebuah permasalahan. Karena setiap permasalahan pasti akan ada kubu yang pro dan ada yang kontra.

Kita hidup di indonesia saling berdampingan satu sama lain. Di indonesia kita hidup berdampingan dengan enam agama lainnya. Dalam kasus ini kita dipermasalahkan sebuah kasus tentang agama islam. Kita saja dapat berdampingan bersama dengan enam agama lainnya apakah hanya dengan sebuah persoalan pembakaran bendera yang terjadi dalam peringatan hari santri dapat membuat kita muslim indonesia dapat terpecah. Kita sebagai rakyat muslim indonesia harus kritis dalam menerima informasi apalagi informasi tersebut berbau agama yang dapat membuat ummat muslim indonesia bergesekan. Kita harus pandai dalam melihat sebuah kasus dalam kehidupan dan kita jangan dengan mudah terprovokasi oleh isu-isu yang baru dan belum tentu itu benar. Dalam kasus yang baru-baru ini terjadi yaitu tentang pembakaran bendera yang terjadi di peringatan hari santri nasional di garut rakyat muslim indonesia yang baru saja melihat kabar tersebut langsung terpancing emosinya. Padahal kita belum tau mengapa hal tersebut dilakukan oleh sekelompok orang tersebut dan alasan-alasan mengapa mereka melakukan hal tersebut. Dengan mengetahui detail permasalahan yang terjadi maka kita dapat berpikir kritis apakah hal yang dilakukan orang tersebut sudah benar atau salah. Dengan begitu juga kita khususnya sebagai ummat muslim indonesia tidak mudah terjadi pergesekan antara satu sama lain hanya karena persoalan pembakaran bendera. Sebenarnya apabila kita menerima sebuah informasi baru yang benar-benar baru kita harus pintar-pintar menganalisis permasalahan baru tersebut sebelum kita menagggapin permasalahan tersebut. Karena apabila kita menerima sebuah permsalahan baru tanpa kita mengetahui kejelasan permasalahan tersebut maka bisa saja kita salah dalam menanggapi sebuah permasalahan Nah ditambah lagi apabila permasalahan tersebut berbau agama seperti permasalahan diatas. Apabila kita tidak kritis dalam menaggapi permasalahan yang ada dan ada orang lain juga yang menanggapi permasalahan yang sama namun orang tersebut kritis dalam menaggapi permsalahan tersebut maka akan muncul perdebatan diantara mereka dan bisa saja akan memecah belah persaudaraan diantara mereka. Maka kita harus terus menjaga persatuan dan kesatuan negara ini utamanya sesama ummat muslim di indonesia dan  jangan mudah terprovokasi oleh isu-isu yang belum jelas kebenarannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan selalu menjaga persatuan dan kesatuan antar ummat beragama yang ada di indonesia khususnya ummat islam yang ada di indonesia maka hidup yang damai yang diimpikan oleh seluruh rakyat indonesia akan tecapai. Kuncinya jangan hanya dengan sebuah isu yang tidak jelas dan membuat dua kubu yang pro dan kontra saling bergesekan dapat menyebabkan kita terpecah belah marilah kita cari jalan tengah dengan diadakan perundingan untuk menemukan inti dan penyelesaian dari masalah tersebut. Karena kita ingin masyarakat indonesia kedepannya dapat hidup rukun sehingga terciptanya indonesia yang sejahtera tanpa ada pergesekan setiap ada kasus. Marilah rakyat indonesia hidup tanpa masalah adalah impian setiap orang di indonesia. Teruntuk ummat muslim yang ada di indonesia saya mengajak agar tidak mudah saling bergesekan antar kelompok karena kita menginginkan islam yang ada di indonesia adalah islam yang dapat hidup berdampingan dengan agama lainnya.

Ikuti tulisan menarik Ahmad Abdillah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Fotosintesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Kamis, 9 Mei 2024 17:19 WIB

Terpopuler

Fotosintesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Kamis, 9 Mei 2024 17:19 WIB